About The Game
Minggu, 24 Agustus 2014

WIB
Wasit:
Jumlah Penonton:

Liga Inggris: Tottenham 3-1 Man City

Perubahan Taktik yang Sempurna dari Villas-Boas

Zen Rachmat Sugito - detikSport
Senin, 22/04/2013 11:13 WIB
Halaman 1 dari 3
thumbnail Shaun Botterill/Getty Images
Tottenham Hotspur mendapatkan apa yang mutlak mereka butuhkan untuk menjaga peluang lolos ke Liga Champions musim depan. Sebaliknya, Manchester City tak bisa lagi menunda pesta juara Manchester United.

Spurs mendapatkan angin segar dengan kembalinya Gareth Bale yang absen dalam beberapa pertandingan karena cedera. Absennya Bale memang sangat mengganggu performa Spurs. Sementara Roberto Mancini mesti merelakan goal-getter mereka, Kun Aguero, duduk di bangku cadangan karena dianggap belum cukup fit untuk jadi starter.

Turun dengan formasi yang hampir serupa, 4-2-3-1, City terlihat lebih berbahaya dan menjanjikan di babak I. Tapi Spurs bisa mengembalikan keadaan hanya dalam waktu 7 menit. Andre Villas-Boas menunjukkan dia punya alternatif yang gagal diantisipasi oleh Mancini.

Babak I: Dominasi Tevez-Milner



Chalkboard di atas adalah semua umpan sukses yang diproduksi oleh City sepanjang babak I. Dari situ bisa digambarkan apa dan bagaimana mereka bisa jauh lebih berbahaya sepanjang babak pertama dibandingkan Tottenham.

Di babak ini Spurs memang mendominasi penguasaan bola dengan perbandingan 55%-45%. Tapi City terlihat jauh lebih berbahaya. Mereka berhasil membuat 7 percobaan mencetak gol, 4 di antaranya di dalam kotak penalti. Kunci dari performa City adalah mengekploitasi sisi kiri pertahanan dan lini kedua Spurs.

Benoit Assou-Ekotto dan Gylfi Sigurdsson di sisi kiri tak mampu mengimbangi agresivitas James Milner dan Pablo Zabaleta. Ditambah dengan pergerakan Tevez yang banyak bergerak di kanan, praktis City sangat mudah mengganggu Spurs dari sisi itu. Chalkboard di atas membuktikan dominasi sisi kanan penyerangan City di final-third.

Satu-satunya gol yang dicetak City pun hasil dari mengeksploitasi area yang dijaga oleh Ekotto. Tevez yang bergerak ke kanan berhasil mengirim umpan kepada Milner yang menusuk ke dalam kotak penalti. Milner lantas mengirim umpan silang yang berhasil dieksekusi oleh Nasri. 1-0.

Kombinasi Milner dan Tevez ini vital dalam setiap upaya City membongkar pertahanan Spurs. Tujuh percobaan mencetak gol City di babak ini 5 di antaranya berasal dari key-passes keduanya: Tevez 3, Milner 2.
Halaman 1 2 3
(din/a2s)
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Redaksi: info[at]detiksport.com
Informasi pemasangan iklan
email: sales[at]detik.com

Quotes

  • "I don't feel pressure. I spent the afternoon of Sunday, July 9, 2006, in Berlin sleeping and playing the Playstation. In the evening, I went out and won the World Cup." 

    Andrea Pirlo

  • “Running is for animals. You need a brain and a ball for football.”

    Louis van Gaal