About The Game
Kamis, 23 Oktober 2014

WIB
Wasit:
Jumlah Penonton:

Liga Champions: Madrid 2-0 Dortmund

Strategi Berhasil, El Real Tak Sempurna di Penyelesaian Akhir

Aqwam Fiazmi - detikSport
Rabu, 01/05/2013 18:37 WIB
Halaman 1 dari 5
thumbnail REUTERS/Juan Medina
Hampir seminggu ini kota Madrid asik membicarakan masalah remontada, alias kebangkitan ulang. Dengan mengingat kesuksesan Los Blancos saat membalikkan keadaan di Liga Eropa musim kompetisi 1985/1986 (kalah 1-5 di leg pertama, menang 4-0 di leg kedua), para pendukung El Real berharap kesuksesan 28 tahun lalu itu dapat berulang.

Dalam 15 menit pertama di pertandingan semalam, remontada itu seolah-olah bisa jadi kenyataan. Beberapa kali gelombang serangan Madrid berhasil membongkar pertahanan Dortmund dan menciptakan peluang emas. Bahkan, seumpama Real unggul 3-0 di babak pertama, itu tidak akan jadi satu keanehan.

Namun, setelah melewati periode diobrak-abrik ini, pasukan Juergen Klopp kembali mampu mengendalikan permainan. Hingga menit ke-80, Dortmund pun berhasil menahan serbuan El Real dan baru kebobolan di 10 menit terakhir. Perjalanan Real Madrid untuk mendapatkan La Decima pun terhenti.

Kedua tim tampil komplit

Belajar dari kesalahan di leg pertama, Mourinho melakukan perubahan signifikan di lini belakang. Pepe yang jadi biang keladi karena gagal menjaga ketat Lewandowski dibangkucadangkan. Tugas Pepe lalu diestafetkan kepada Sergio Ramos yang di leg pertama menempati full-back kanan.

Semalam, Ramos kembali digeser ke posisi center-back dan berduet dengan Varane. Sementara itu, posisi full-back kanan yang ditinggalkannya diserahkan kepada Michael Essien yang sudah pulih dari cedera.

Di lini tengah, kembalinya Angel Di Maria membuat Mesut Oezil kembali mengemban peran sebagai Pemain No. 10. Luka Modric kemudian dikembalikan ke posisinya sebagai defensive midfielder dan berperan sebagai doble-pivot dengan Xabi Alonso.

Sedangkan di kubu Borussia Dortmund, Klopp menurunkan starting line-up 100% sama seperti saat Die Borussen menghancurkan klub ibukota Spanyol itu minggu lalu.

Mengingat dominasi Dortmund atas Madrid di leg pertama, Klopp yang tak ingin mengotak-ngatik kembali susunan pemain jadi suatu kewajaran. Ia tetap mempertahankan posisi Marco Reus di kiri, Goetze di tengah, dan flank kanan ditempati Jakub Blaszczykowski. Hanya saja, pada menit menit awal posisi ini berubah. Reus bergerak ke tengah sementara Gotze ke kiri.

Ronaldo yang mati kutu
Halaman 1 2 3 4 5
(nds/a2s)
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Redaksi: info[at]detiksport.com
Informasi pemasangan iklan
email: sales[at]detik.com

Quotes

  • "Arsenal were lucky not to finish with 8 men. If [Danny] Welbeck's isn't a red card, it's an orange card." 

    Jose Mourinho

  • “For years the same old incidents keep happening. I don't know if we were beaten by referees, but we certainly were not beaten by Juventus tonight.”

    Francesco Totti