Indonesia Unggul Head to Head dari Malaysia

Doni Wahyudi - detikSepakbola
Kamis, 29/11/2012 14:33 WIB
AFP
Jakarta - Laga Indonesia vs Malaysia pada Sabtu (1/12/2012) lusa akan menjadi pertemuan nomor 65 kedua kesebelasan. Secara keseluruhan, 'Skuat Garuda' masih lebih unggul dari 'Harimau Malaya' dalam rekor head to head.

Indonesia dan Malaysia akan kembali berhadapan di laga terakhir Grup B Piala AFF 2012. Pertandingan tersebut bisa menjadi laga hidup mati buat kedua tim karena kekalahan akan membuat peluang masuk semifinal bisa langsung tertutup, meski Indonesia cuma butuh hasil imbang untuk dapat tiket ke empat besar.

Khusus pertemuan di Piala AFF, yang sudah dimulai sejak tahun 1996, Indonesia punya statistik yang sedikit lebih baik dibanding negara tetangganya itu. Dari tujuh pertemuan, empat di antaranya dimenangi Indonesia. Sementara Malaysia kebagian tiga kali menang.

Adalah Malaysia yang lebih dulu menang saat kedua tim berhadapan di semifinal Piala Tiger 1996, ketika itu Malaysia masuk final berkat keunggulan 3-1. Indonesia kemudian membalas kekalahan tersebut di Piala Tiger tahun 2002 dengan skor 1-0 lewat gol Bambang Pamungkas.

Dua tahun berselang (2004) Malaysia dan Indonesia kembali berhadapan di babak semifinal, kali ini format kompetisi berubah dengan sistem home-away. Meski kalah 1-2 saat main di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Indonesia tampil luar biasa di Stadion Bukit Jalil dengan meraih kemenangan 4-1.

Di Piala AFF 2010 Indonesia dan Malaysia berhadapan di tiga kesempatan. Yang pertama adalah di fase grup, yang dimenangi Indonesia dengan skor mutlak 5-1. Sementara dua lainnya terjadi di partai final, di mana kekalahan 0-3 di leg pertama membuat Indonesia dipaksa puas jadi runner up karena pada leg kedua di GBK hanya mampu meraih kemenangan tipis 2-1.

Sejarah pertemuan Indonesia vs Malaysia sudah megakar sejak 1957 silam, di mana pertemuan pertama yang tercatat terjadi di ajang Merdeka Cup. Ketika itu Indonesia menang dengan skor 4-2.Next

Halaman 1 2
(din/a2s)
Info Sepakbola Piala AFF : Berita | Klasemen | Jadwal Pertandingan | Hasil Pertandingan
Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi : sales[at]detik.com
profil pemain
  • 8

    Raphaël Guillermo Eduardo Maitimo

    Midfielder

  • 26

    Fachrudin Wahyudi Aryanto

    Defender

  • 11

    Imanuel Wanggai

    Midfielder

  • 6

    Evan Dimas Darmono

    Midfielder

  • 10

    Cristian Gérard Alfaro Gonzáles

    Attacker

  • 1

    Kurnia Meiga Hermansyah

    Goalkeeper

KLASEMEN
  • Group A
    Pos Negara M N
    1 Vietnam 3 7
    2 Philippines 3 6
    3 Indonesia 3 4
    4 Laos 3 0
  • Group B
    Pos Negara M N
    1 Thailand 3 9
    2 Malaysia 3 4
    3 Singapore 3 3
    4 Myanmar 3 1
POS:Posisi, M:Main, N:Nilai