DetikSport
Kamis 04 Jul 2013, 18:40 WIB

Jelang GP Jerman

Data dan Fakta GP Jerman

- detikSport
Data dan Fakta GP Jerman Getty Images/Paul Gilham
Jakarta - GP Jerman kerap jadi balapan yang tak ramah buat Sebastian Vettel, yang belum pernah menang di kandangnya sendiri. Sementara Ferrari justru jadi tim paling sukses di seri ini.

Berikut data dan fakta GP Jerman seperti dikutip dari situs resmi F1:

- Jerman sudah 73 kali menjadi tuan rumah balapan F1, yang menjadikan negara tersebut paling banyak menggelar adu cepat jet darat. Dari jumlah tersebut, 59 di antaranya merupakan GP Jerman, 12 GP Eropa dan sisanya GP Luxembourg.

- Ada tiga venue yang menjadi tuan rumah F1 di Jerman yakni Sirkuit Nurburgring (25 kali), Sirkuit Hockenheim (33 kali) dan Avus di Berlin (1 kali). Nurburgring pernah juga jadi tuan rumah GP Eropa 12 kali sementara GP Luxembourg dua kali.

- Sepanjang sejarah F1, ada 42 pebalap asal Jerman yang pernah berpartisipasi dengan tujuh di antaranya berhasil paling tidak meraih satu kemenangan. Pebalap Jerman total telah memenangi 10 gelar juara dunia, namun hanya diwakili oleh dua nama yakni Michael Schumacher dan Sebastian Vettel. Jerman pun menjadi negara dengan jumlah juara dunia terbanyak kedua setelah Inggris (14 juara dunia).

- Ada empat pebalap Jerman di grid F1 musim ini yakni Sebastian Vettel, Adrian Sutil, Nico Rosberg dan Nico Hulkenberg. Jumlah tersebut sama dengan jumlah pebalap Inggris Raya dan juga Prancis.

- GP Jerman pertama digelar di Nurburgring pada 1951 dan dimenangkan oleh Alberto Ascari yang mengendarai Ferrari.

- Tercatat lima kali GP Jerman dimenangkan oleh dua bersaudara. Michael Schumacher jadi juara empat kali, sementara Ralf Schumacher sekali jadi juara.

- Balapan terakhir GP Jerman di Nurburgring berlangsung tahun 2011 dan dimenangkan oleh Lewis Hamilton (McLaren). Finis di posisi kedua saat itu adalah Fernando Alonso, sementara Mark Webber ada di urutan tiga.

- Ferrari menjadi tim tersukses di GP Jerman dengan telah 21 kali jadi juara. Posisi kedua tim tersukses di sana adalah Williams yang terpaut 11 kemenangan.

- Kimi Raikkonen seperti mendapat kutukan jika berlaga di Jerman. Dia sudah 16 kali membalap di sana tanpa sekalipun meraih kemenangan dan enam kali gagal finis saat tampil di GP Jerman.

- Sebastian Vettel tak pernah memenangi balapan kandang. GP Jerman merupakan satu dari tiga race<\/em> yang belum pernah dia menangi, selain di Hongaria dan Amerika Serikat. Hasil terbaik yang diraih Vettel di Jerman adalah posisi kedua di musim 2009. Selain itu, Vettel juga tak pernah menang di balapan bulan Juli.

- Mika Hakkinen mempersembahkan pole position<\/em> ke-100 buat Mclaren di musim 1999.

- Rekor lap tercepat di Nurburgring adalah satu menit 29,468 detik atas nama Michael Schumacher.

- Pada musim ini, Jenson Button menjadi pebalap F1 yang paling sering tampil di GP Jerman. Total dia telah 12 kali tampil di sana dengan raihan tiga kali naik podium.

- Jika Ferrari menuntaskan balapan di posisi 10 besar akhir pekan ini, maka itu akan menjadi kali ke-57 mereka menuntaskan balapan dengan meraih poin. Tim asal Italia itu akan merapatkan jarak dengan McLaren yang rangkaian finis dengan poinnya mencatatkan rekor dengan 64 balapan secara beruntun, dan terputus pada GP Kanada musim ini.


(din/mfi)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed