Selasa, 06/05/2008 16:37 WIB

Super Aguri Mundur dari F1

Reky Herling Kalumata - detikSport
AFP/Yoshikazu Tsuno
Istanbul - Ketidakpastian nasib Super Aguri akhirnya terjawab sudah. Tim F1 asal Jepang ini akhirnya mengumumkan mundur dari keikutsertaannya di ajang balap Formula 1.

Spekulasi masa depan Super Aguri memang sudah hampir sepekan bergulir. menyusul batalnya akusisi dari Magma Grup. Sementara paket bantuan yang ditawarkan oleh perusahaan otomotif Jerman, Weigl Group. masih tidak cukup untuk Super Aguri terus mengikuti balapan.

Dengan alasan finansial, Super Aguri akhirnya menarik diri dari F1. "Sayang sekali saya harus menginformasikan pada Anda bahwa tim ini akan menghentikan segala aktivitas membalapnya mulai hari ini," ungkap Team principal Aguri Suzuki seperti dilansir Auto Sport.

Suzuki juga menjelaskan bahwa mereka mengalami kesulitan untuk terus dapat berpartisipasi di balapan F1 karena tidak ada pembayaran yang diberikan oleh sponsor besar mereka, yaitu SS United pada tahun lalu. Hal itu membuat tim harus bekerja sendiri menangani masalah finansial.

"Tim telah bersaing dengan banyak mobil pabrikan yang mendukung tim dan berhasil mendapatkan poin pertama setelah hanya 22 kali tampil dalam balapan, dan finis di posisi kesembilan di klasemen konstruktor musim 2007," terang Aguri Suzuki.

"Meski demikian pelanggaran kontrak yang dijanjikan oleh mitra kami yaitu SS United Oil & Gas Company membuat kami kehilangan dukungan finansial dan hal itu menyebabkan tim mengalami kesulitan keuangan," kata mantan pembalap Formula 1 asal Jepang ini.

Suzuki juga berterima kasih kepada kedua pembalapnya yaitu Takuma Sato (Jepang) dan Anthony Davidson (Inggris) yang tetap tampil maksimal. Dengan mundurnya Super Aguri, maka hanya 10 tim ini yang berpartisipasi di F1 dan ini pertama kalinya sejak 2005.

Tanda tanda tim Super Aguri tidak akan ikut di GP Turki ini memang sudah tampak setelah beberapa truk dan juga motorhome yang membawa segala perlengkapan tim asal Jepang itu terpaksa parkir di luar area Sirkuit Istanbul Park karena dilarang masuk.
(key/a2s)

"Ingin tahu aksi MotoGP favorit kamu, Tekan *123*369*10*5# OK/YES! (khusus XL)"



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi : sales[at]detik.com
BeritaTerbaru


MustRead close