DetikSport
Sabtu 29 Jun 2013, 21:26 WIB

MotoGP Belanda

Kemenangan Pertama Rossi Sejak MotoGP Malaysia 2010

- detikSport
Kemenangan Pertama Rossi Sejak MotoGP Malaysia 2010 Reuters/Paul Vreeker
Assen - Valentino Rossi sudah begitu lama tidak meraih kemenangan di MotoGP. Kemenangan The Doctor<\/em> di MotoGP Belanda tahun ini adalah kemenangan yang pertama sejak bulan Oktober 2010.

Rossi finis terdepan dalam balapan<\/strong><\/span><\/a> di Sirkuit Assen, Sabtu (29\/6\/2013) malam WIB. Rider <\/em>Yamaha itu menuntaskan lomba sepanjang 26 lap dalam waktu 41 menit 25,202 detik.

Posisi kedua jadi milik pebalap Repsol Honda, Marc Marquez. Sementara itu, Cal Crutchlow merebut podium ketiga.

Bagi Rossi, hasil ini mengakhiri penantiannya akan sebuah kemenangan di seri MotoGP selama hampir tiga tahun. Sebelum ini, dia terakhir kali naik podium teratas adalah di MotoGP Malaysia 2010, 10 Oktober 2010, juga bersama Yamaha.

Di akhir musim itu, dia pindah ke Ducati. Dua tahun bersama Ducati, Rossi tak berkembang dan cuma tiga kali naik podium. Dia akhirnya kembali memperkuat Yamaha pada musim ini.

Pujian juga patut diberikan kepada rekan setim Rossi, Jorge Lorenzo. Lorenzo mengalami kecelakaan di sesi latihan bebas kedua, Kamis (27\/6\/2013), dan tulang selangkanya patah. Kemarin dia naik meja operasi dan hari ini dia memutuskan untuk tetap ikut balapan. Hasil yang didapat Lorenzo juga cukup bagus, posisi kelima.

Setelah balapan di Assen ini, Dani Pedrosa masih memimpin klasemen pebalap dengan 136 poin. Dia unggul sembilan poin atas Lorenzo yang ada di posisi kedua. Marquez di urutan ketiga dengan 113 poin, di atas Crutchlow yang punya 87 poin dan Rossi 85 poin.

Jalannya Balapan<\/strong>

Pedrosa membuat start yang sangat baik. Dia langsung melewati beberapa pebalap di depannya dan mengambil alih posisi terdepan. Marquez tetap di posisi kedua, sedangkan Rossi naik ke urutan ketiga.

Lorenzo yang start dari posisi ke-12 juga mengawali balapan secara luar biasa. Dia perlahan-lahan memperbaiki posisinya dan sudah masuk lima besar di akhir lap kedua.

Memasuki lap kelima, Rossi menyalip Marquez untuk merebut posisi kedua. Di lap berikutnya, pebalap Italia itu kembali membuat manuver cantik untuk melewati Pedrosa.

Di lap kedelapan, Rossi masih memimpin lomba. Dia diikuti Pedrosa, Marquez, Lorenzo, Crutchlow, dan Stefan Bradl. Situasi ini tak berubah hingga balapan berjalan sepuluh lap.

Lorenzo mulai tertinggal dari tiga pebalap di depannya. Dia malah harus menghadapi tekanan hebat dari Crutchlow yang ada di posisi kelima.

Di akhir lap ke-15, Lorenzo benar-benar tak bisa lagi mempertahankan posisinya. Dia harus rela dilewati oleh Crutchlow.

Hingga lap ke-17, posisi sepuluh besar ditempati oleh Rossi, Pedrosa, Marquez, Crutchlow, Lorenzo, Bradl, Bautista, Espargaro, Hayden, dan Dovizioso.

Duel sengit antara Pedrosa dan Marquez terjadi di lap ke-18. Marquez sempat menyalip Pedrosa, tapi Pedrosa kembali merebut posisi kedua. Tak berselang lama, Marquez menyalip lagi rekannya tersebut.

Rossi masih memimpin hingga balapan tersisa enam lap. Dia unggul 1,5 detik atas Marquez. Sementara itu, Pedrosa kehilangan posisi ketiga setelah disalip Crutchlow dari dalam.

Crutchlow tak begitu saja puas dengan posisi ketiga. Dia mencoba untuk melewati Marquez di lap ke-24, tapi belum berhasil. Rossi makin nyaman di posisi terdepan dan unggul 2,8 detik atas Marquez.

Crutchlow membuat kesalahan menjelang lap terakhir dan sedikit melebar. Akibatnya, jarak dia dengan Marquez yang sudah sangat dekat menjauh lagi.

Hingga balapan selesai, tak ada perubahan yang terjadi. Rossi jadi juara, diikuti Marquez, Crutchlow, Pedrosa, Lorenzo, Bradl, Bautista, Espargaro, Smith, dan Dovizioso.







(mfi/nds)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed