Indonesia Unggul Head to Head dari Malaysia

Doni Wahyudi - detikSport
Kamis, 29/11/2012 14:33 WIB
FOTO: AFP
Jakarta - Laga Indonesia vs Malaysia pada Sabtu (1/12/2012) lusa akan menjadi pertemuan nomor 65 kedua kesebelasan. Secara keseluruhan, 'Skuat Garuda' masih lebih unggul dari 'Harimau Malaya' dalam rekor head to head.

Indonesia dan Malaysia akan kembali berhadapan di laga terakhir Grup B Piala AFF 2012. Pertandingan tersebut bisa menjadi laga hidup mati buat kedua tim karena kekalahan akan membuat peluang masuk semifinal bisa langsung tertutup, meski Indonesia cuma butuh hasil imbang untuk dapat tiket ke empat besar.

Khusus pertemuan di Piala AFF, yang sudah dimulai sejak tahun 1996, Indonesia punya statistik yang sedikit lebih baik dibanding negara tetangganya itu. Dari tujuh pertemuan, empat di antaranya dimenangi Indonesia. Sementara Malaysia kebagian tiga kali menang.

Adalah Malaysia yang lebih dulu menang saat kedua tim berhadapan di semifinal Piala Tiger 1996, ketika itu Malaysia masuk final berkat keunggulan 3-1. Indonesia kemudian membalas kekalahan tersebut di Piala Tiger tahun 2002 dengan skor 1-0 lewat gol Bambang Pamungkas.

Dua tahun berselang (2004) Malaysia dan Indonesia kembali berhadapan di babak semifinal, kali ini format kompetisi berubah dengan sistem home-away. Meski kalah 1-2 saat main di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Indonesia tampil luar biasa di Stadion Bukit Jalil dengan meraih kemenangan 4-1.

Di Piala AFF 2010 Indonesia dan Malaysia berhadapan di tiga kesempatan. Yang pertama adalah di fase grup, yang dimenangi Indonesia dengan skor mutlak 5-1. Sementara dua lainnya terjadi di partai final, di mana kekalahan 0-3 di leg pertama membuat Indonesia dipaksa puas jadi runner up karena pada leg kedua di GBK hanya mampu meraih kemenangan tipis 2-1.

Sejarah pertemuan Indonesia vs Malaysia sudah megakar sejak 1957 silam, di mana pertemuan pertama yang tercatat terjadi di ajang Merdeka Cup. Ketika itu Indonesia menang dengan skor 4-2.

Selanjutnya kedua kesebelasan terlibat dalam puluhan pertemuan di berbagai ajang. Selain Piala AFF, beberapa event di mana 'Skuat Garuda' bertemu dengan 'Harimau Malaya' adalah di Asian Games, SEA Games, Kualifikasi Piala Asia hingga Kualifikasi Piala Dunia dan laga-laga persahabatan.

Kemenangan terbesar yang didapat Indonesia adalah dengan skor 6-1, di tahun 1968 pada ajang Piala Raja. Sementara kemenangan terbesar Malaysia adalah saat menggasak Indonesia 7-1 di ajang Merdeka Cup 1976.

Total dalam 64 pertandingan yang sudah dilakoni, Indonesia menang 29 kali. Sementara Malaysia menang 20 kali dan 15 lainnya berkesudahan imbang.

Pertemuan terakhir Indonesia vs Malaysia terjadi di final SEA Games 2011 lalu, di mana Indonesia bertindak jadi tuan rumah. Meski tak masuk dalam statistik head to head karena yang turun adalah tim junior (U-23) ketika itu Indonesia dipaksa menyerah saat bermain di kandang sendiri. Tepatnya di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Egi Melgiansyah dkk kalah 3-4 melalui adu penalti setelah bermain imbang 1-1 di periode normal.

Head to Head Indonesia vs Malaysia di Piala AFF

Semifinal 1996 -- Malaysia 3 - 1 Indonesia
Semifinal 2002 -- Indonesia 1 - 0 Malaysia
Semifinal Leg I 2004 -- Indonesia 1 -2 Malaysia
Semifinal Leg I 2004 -- Malaysia 1 - 4 Indonesia
Fase Grup 2010 -- Indonesia 5 - 1 Malaysia
Final Leg I 2010 -- Malaysia 3 - 0 Indonesia (Leg I Final)
Final Leg II 2010 -- Indonesia 2 - 1 Malaysia (Leg II Final)

(din/a2s)

Share :

Komentar (0 Komentar)

    Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
    Tampilkan Komentar di:        
    Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
    Informasi pemasangan iklan
    Hubungi sales[at]detik.com,

    SIARAN TELEVISI

    Channel Tanggal Pertandingan

    JADWAL PERTANDINGAN