DetikSport
Minggu 11 Aug 2013, 16:28 WIB

Kejuaraan Dunia Bulutangkis

Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir Juara Dunia

- detikSport
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir Juara Dunia www.badmintonindonesia.org
Guangzhou - Tontowi Ahmad\/Liliyana Natsir berhasil merebut gelar juara di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2013. Ganda campuran andalan Indonesia itu jadi juara dunia setelah mengalahkan Xu Chen\/Ma Jin.

Tampil di Tianhe Indoor Stadium, Guangzhou, China, Minggu (11\/8\/2013) sore WIB, Tontowi\/Liliyana bermain gemilang. Mereka mengalahkan Xu\/Ma, yang merupakan ganda campuran nomor satu dunia, dengan skor 21-13, 16-21, dan 22-20.

Tontowi\/Liliyana tampil sangat baik sejak awal permainan. Kombinasi smes tajam Tontowi dan penempatan bola yang ciamik dari Liliyana membuat Xu\/Ma kewalahan dan berulang kali membuat kesalahan sendiri.

Di game pertama, Tontowi\/Liliyana hanya sekali tertinggal. Setelah kedudukan 6-6, mereka melesat meninggalkan pasangan China dan tak terkejar lagi.

Pertandingan berjalan lebih ketat di game kedua. Tontowi\/Liliyana sempat unggul 4-2, tapi setelah itu kedua pasangan saling kejar angka.

Tontowi\/Liliyana kemudian menurun dan tertinggal 11-14 dan 12-18. Setelahnya, mereka tak bisa mengejar perolehan poin pasangan China dan kalah di game ini.

Game penentuan berjalan sangat ketat dan menegangkan. Meski Xu\/Ma lebih sering unggul, selisih poin antara kedua pasangan tak pernah lebih dari dua poin.

Tontowi\/Liliyana sempat berada dalam situasi kritis saat mereka tertinggal 18-20. Tapi, mereka berhasil mengunci pasangan China di angka 20 dan membalikkan keadaan.

Bagi Tontowi, ini adalah gelar juara dunianya yang pertama. Sementara untuk Liliyana adalah yang ketiga, setelah tahun 2005 dan 2007 bersama Nova Widianto.

Ini juga merupakan gelar juara pertama yang didapat Indonesia di ajang Kejuaraan Dunia Bulutangkis sejak tahun 2007.



(mfi/a2s)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed