DetikSport
Jumat 21 April 2017, 21:32 WIB

Pelatih Sebut Marcus 'Sinyo' Gideon Cedera Ringan

Mercy Raya - detikSport
Pelatih Sebut Marcus Sinyo Gideon Cedera Ringan Foto: Dokumentasi Tim Humas Dan Social Media PP PBSI
Jakarta - Marcus Fernaldi Gideon terpaksa batal ke Kejuaraan Asia Bulutangkis 2017 karena dibekap cedera pinggang. Pelatihnya, Herry Iman Pierngadi, menyebut cedera itu tidak parah.

Kejuaraan Asia Bulutangkis itu dimulai 25 April mendatang di Wuhan, China. Indonesia tidak menurunkan beberapa pemain top.

Selain Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan Anggia Shitta Awanda/Ni Ketut Mahadewi Istarani, Kevin Sanjaya dan Marcus juga batal berangkat. Marcus dibekap cedera pinggang akibat cedera kaki lama yang kambuh. Alhasil, Marcus pun diistirahatkan dalam dua hari ke depan.

"Enggak terlalu parah. Jadi cedera pinggang ini didapat dari cedera kakinya Sinyo (panggilan akrab Marcus F. Gideon) yang sudah lama, jadi pas kaki bergerak ke depan itu menjalar ke pinggang," kata Herry ketika dihubungi pewarta pada Jumat (21/4/2017).

Dijelaskan Herry, Jumat pagi tadi sebenarnya Marcus masih menjalani latihan. Ternyata saat diperiksa pinggangnya mengeras disertai rasa nyeri. Karena itu juga, sorenya tidak menjalani latihan.

"Nah, Sabtu-Minggu ini kan libur jadi sekalian istirahat. Tapi Senin pekan depan paling sudah latihan kembali tapi ringan. kami akan lihat kondisinya setelah istirahat dua hari ini," ungkap dia.

Di samping itu, kondisinya yang belum membaik setelah menjalani empat kejuaraan selama satu bulan lebih. Di mulai dari All England, India Superseries, Malaysia Superseries Premier, dan Singapore Superseries Premier. Dari tiga kejuaraan itu, Kevin/Marcus mendapatkan gelar juara.

"Kami memang sudah merencanakan mengikuti kejuaraan di tiga negara jadi memang mereka berusaha maksimal dengan pencapaian tiga kali juara beruntun lalu di turnamen berikutnya pasti turun ya fisiknya, pikirannya, mentalnya," katanya.

"Jadi kondisinya belum balik. Dalam arti kesegaran fisiknya loh. Makanya butuh istirahat sekaligus mengembalikan kondisinya. Daripada nanti belum balik di sana (Kejuaraan Asia) tidak maksimal lebih baik untuk persiapan Piala Sudirman Mei nanti saja," tambahnya.

Selain Piala Sudirman pada Mei mendatang di Gold Coast, Australia, Kevin/Marcus juga dipersiapkan untuk mengikuti Indonesia Open di Jakarta Convention Center Senayan pada Juni dan Kejuaraan Dunia di Golsgow , Skotlandia, pada Agustus mendatang. Soal itu, Herry tetap optimistis dengan atletnya.

"Target selanjutnya memang di Indonesia Open dan Kejuaraan dunia. Jangka pendeknya ya dua itu saja. Tetapi Kejuaraan Dunia masih lama, saya rasa bisa buat mereka. Saya optimistis mereka dalam kondisi terbaik di Kejuaraan Dunia 2017 Glasgow," ucap Herry.

Tim nasional bulutangkis akan terbang dari Jakarta ke Wuhan pada Minggu (23/4/2017). Sebagian lain bernagkat dari Jiangshu usai mengikuti China Masters.


(mcy/fem)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed