DetikSport
Rabu 03 Januari 2018, 19:30 WIB

Chong Wei Minta BWF Tinjau Ulang Jadwal Padat Mulai 2018

Femi Diah - detikSport
Chong Wei Minta BWF Tinjau Ulang Jadwal Padat Mulai 2018 Lee Chong Wei (Grandyos Zafna/detikSport)
Kuala Lumpur - Pebulutangkis Malaysia, Lee Chong Wei, menyadari padatnya jadwal turnamen musim ini. Dia berharap Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) meninjau ulang aturan baru.

BWF membuat aturan baru mulai 2018. Setiap pemain tunggal yang ada di urutan 15 besar harus tampil minimal 12 turnamen dalam satu musim.

Chong Wei, yang kini menjadi pebulutangkis nomor dua dunia, menilai aturan itu cukup berisiko bagi para pemain. Dia menilai turnamen yang diwajibkan kepada satu pemain tunggal terlalu banyak.

"Kalender turnamen tahun ini sangat menakutkan. Bisa jadi, saya harus tampil pada 19 turnamen. Saya tak pernah mengikuti lebih dari 15 turnamen, bahkan saat saya masih muda," kata Chong Wei seperti dikutip The Stars.

"Mereka tak boleh memaksa para pemain untuk tampil dalam turnamen terlalu banyak," dia menambahkan.

Turnamen yang wajib diikuti oleh para 15 pemain terbaik itu adaah tiga ajang premier of premiers: All England, Indonesia Terbuka, dan China Terbuka. Kemudian super series premier; Malaysia Terbuka, China Terbuka, Denmark Terbuka, Prancis Terbuka, dan Jepang Terbuka, serta empat turnamen dari level di bawahnya.

"Kami harus bermain pada 12 turnamen atau kena penalti. Padahal pemain juga masih harus tampil pada turnamen mayor, seperti kualifikasi dan final Piala Thomas, Commonwealth Games, Kejuaraan Dunia, Kejuaraan Asia, Asian Games, dan World Superseries Finals," ujar dia.

"Bagaimana pemain top mengatasinya? Kalau pun badan bisa tahan tapi mereka tak akan bsia menampilkan permainan terbaik. Mereka akan habis. Selain itu ada risiko cedera," ujar Chong Wei, yang ini berusia 35 tahun itu.

"Saya sudah bertemu dengan Presiden BWF Poul-Erik dan sekjend BWF Thomas Lund saat Superseries Finals di Dubai (bulan lalu). Mereka dulu juga pemain. Mereka memahami pemain tak bisa ditekan seperti ini. Mereka akan meninjau ulang," Chong wei menuturkan.

Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) juga sudah mengambil langkah konkrit. Sekjend BAM, Datuk Ng Chin Chai, berkirim surat secara resmi kepada BWF agar meninjau ulang kalender turnamen untuk para pemain top dunia.



(fem/mrp)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed