Jumat, 19/12/2008 09:02 WIB

Menanti Pembalap Wanita Kembali di F1

Reky Herling Kalumata - detikSport
Halaman 1 dari 2
dailymail
Jakarta - Balap Formula 1 pernah diikuti pembalap wanita, tapi terakhir kali terjadi 32 tahun silam. Kini seorang pembalap wanita asal Swiss berpeluang menjadi pesaing Lewis Hamilton, Nico Rosberg dan lain-lain.

Dalam sejarahnya, ada lima wanita yang pernah tercatat sebagai driver tim-tim jet darat, yaitu Giovanna Amati, Maria Teresa de Filippis, Divina Galica, Desire Wilson dan Lella Lombardi. Dari lima nama itu hanya De Filippis dan Lombardi yang sempat mencicipi balapan.

Lombardi adalah yang terakhir tampil, di tahun 1976. Pembalap Italia ini bahkan tercatat sebagai driver di gendernya yang paling sering mengikuti lomba, sebanyak 17 kali antara 1974-1976.

Kini harapan untuk bisa melihat pembalap wanita kembali beraksi di pentas F1 kembali terbuka. Peluang tersebut dimiliki oleh Natacha Gachnang setelah ia dipastikan bakal turun di kelas Formula 2 di musim 2009.

Seperti sudah diketahui, F2 termasuk salah satu pintu utama menuju F1. Dan itu berarti Gachnang punya kesempatan menjajaki balapan paling bergengsi itu.

Jika bisa menunjukkan kemampuan terbaiknya dan masuk tiga besar di akhir kompetisi, maka pembalap berusia 21 tahun itu berhak mendapatkan super lisensi untuk menjadi test driver buat tim F1, Williams.

Gachnang mendapat tempat di Formula 2 musim depan setelah sebelumnya sukses di kompetisi Formula 3 Spanyol. Formula 2 telah disahkan oleh FIA pada 2008 untuk kembali digelar pada 2009, setelah dihapus di tahun 1985 dan digantikan dengan Formula 3000.Next

Halaman 12
(key/a2s)

"Ingin tahu aksi MotoGP favorit kamu, Tekan *123*369*10*5# OK/YES! (khusus XL)"



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi : sales[at]detik.com
BeritaTerbaru


MustRead close