Minggu, 02/08/2009 18:18 WIB

SM Juara IBL 2009

Mohammad Resha Pratama - detikSport
SM Juara IBL 2009 detiksport/mohammad resha pratama
Jakarta - Satria Muda Britama sukses mempertahankan gelar juara Indonesian Basketball League (IBL). Di game keempat laga final, SM kembali menaklukkan Aspac Jakarta dan memastikan kemenangan dengan 3-1.

Dalam game keempat yang digelar di Hall Basket Senayan, Jakarta, Minggu (2/8/2009) sore WIB, SM sukses menaklukkan Aspac dengan skor 85-72. Inilah gelar juara kelima untuk SM di ajang IBL, atau yang keempat mereka raih secara beruntun alias four-peat.

Di awal kuarter pertama, SM langsung tancap gas. Di tujuh menit awal saja, tembakan tiga angka Amin Prihantono dan aksi Faisal J Achmad membawa sang juara bertahan unggul 9-3.

Namun Aspac tidak diam saja dengan tekanan yang dilancarkan lawannya. Dua kali tembakan tiga angka Bugi Setiawan membawa Aspac balik unggul 12-9, sebelum kemudian mempertahankannya hingga ke kedudukan 15-13..

Masuknya Wendha Wijaya membuat alur permainan SM sedikit membaik. Mereka bahkan mampu kembali membalikkan keadaan dan menyudahi kuarter perdana ini dalam kedudukan 21-19.

Pada kuarter kedua, tambahan lima angka dari Xaverius Prawiro dan Antonius Joko bawa Aspac memimpin 24-22, keunggulan tersebut terjadi di dua menit laga dimulai.

Tembakan tiga angka Amin dan dua poin lainnya dari Rony Gunawan menjaga keunggulan Aspac 31-24 saat kuarter kedua tersisa lima menit. SM membalas lewat tembakan tiga angka Bugi yang memangkas ketertinggalannya jadi 29-33 ketika laga tersisa 2,5 menit.

Tambahan angka dari tembakan tiga angka Rony dan free throw Youbel Sondakh mebawa skuad besutan Fictor Roring membalikkan keadaan dan keluar dari half time dengan skor 41-32.

Kendali SM masih belum tergoyahkan di awal kuarter tiga. Dimotori Faisal, Rony dan Youbel, mereka tampil dominan atas Aspac. Tak banyak yang bisa diperbuat Aspac untuk menahan SM, yang kemudian unggul 63-48 di akhir kuarter ini.

Pada kuarter pamungkas, Aspac yang coba menekan SM mampu memberi perlawanan di menit-menit akhir. Namun, 24 poin yang dicetak Aspac pada kuarter ini tak mampu membendung SM untuk keluar sebagai pemenang di akhir laga dengan skor 85-72.

Tampil sebagai top performer dari kubu SM adalah Faisal dengan 25 poin, enam rebound dan empat assist. Disusul oleh Amin yang menyumbang 18 poin, empat rebound dan dua assist.

Di kubu Aspac, Xaverius tampil menonjol denhan 23 poin, tiga rebound dan empat assist. Ia ditopang oleh Bugi dengan 16 poin dan lima rebound.

Dengan kemenangan ini, SM sukses meraih four peat alias gelar juara keempat kalinya secara beruntun sejak tahun 2006.
(mrp/din)
Baca Juga
Foto Video Terkait


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi : sales[at]detik.com
BeritaTerbaru