Rabu, 04/11/2009 00:51 WIB

Ricardo Ingin Bawa WRC ke Medan

Reky Herling Kalumata - detikSport
Jakarta - Ricardo Gelael rupanya tergerak melihat sulitnya mendatangkan kembali seri Kejuaraan Reli Dunia (WRC) ke Indonesia. Pereli senior ini berupaya mendatangkan seri WRC ke Medan, Sumatra Utara, pada 2012 atau 2013.

"Proses yang kami lakukan baru tahap awal. Saya sendiri sudah menghubungi PP IMI dan pihak-pihak terkait untuk membahas masalah ini. Mudah-mudahan kami bisa mendatangkan seri WRC ke Medan pada 2012 atau 2013," ungkap Ricardo dalam rilisnya yang diterima detiksport, Selasa (3/11/2009).

Sebagai langkah awal, Ricardo akan menggelar dua seri reli bertaraf internasional di Medan dalam dua tahun ke depan (2010 dan 2011). Di dua reli tersebut, Ricardo dan timnya akan mengaplikasi standar yang diwajibkan Komisi WRC FIA untuk calon tuan rumah seri WRC.

Medan memang sudah dikenal dunia reli internasional. "Medan kami pilih karena sudah punya infrastruktur yang lengkap mulai dari pelabuhan laut dan bandara internasional, hotel bintang lima, lintasan yang bagus. Untuk lintasan, mungkin kami akan fokus di daerah Danau Toba atau Prapat," ujarnya.

Guna memuluskan langkah dan lobi dengan FIA, Ricardo juga akan meminta bantuan dari orang-orang yang berperan besar ketika membawa seri WRC ke Medan pada 1996 dan 1997. Mereka di antaranya Adiguna Sutowo, Indrajit, Toni Hardianto, dan Hutomo Mandala Putra.

Selama tiga tahun terakhir, PP IMI sebetulnya sudah berusaha keras mendatangkan kembali seri WRC ke Tanah Air. Bloedus Management Indonesia (BMI), promotor kejurnas reli nasional, mencalonkan Makassar sebagai tuan rumah.

"Kami juga sudah bicara dengan BMI tentang rencana ini. Maksud kami, jika Makassar nanti gagal, FIA bisa melihat Medan sehingga Indonesia masih punya kesempatan untuk menjadi tuan rumah WRC," ungkap Ricardo.

Sementara mengenai sumber anggaran yang dibutuhkan untuk menggelar seri WRC, Ricardo menyebutkan bakal membentuk semacam perusahaan yang dikhususkan untuk mencari dana.

Sebagai catatan, untuk menggelar satu seri WRC dibutuhkan dana minimal 3 juta dolar AS (sekitar Rp 29 miliar). Sedangkan untuk menggelar seri reli berskala internasional seperti yang akan digelar di Medan pada 2010 dan 2011 dibutuhkan dana Rp 3 hingga 3,5 miliar per seri.
(key/krs)


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi : sales[at]detik.com
BeritaTerbaru