Rabu, 18/04/2012 21:12 WIB

Stephanie Handojo, Atlet Tunagrahita yang Berprestasi

Amalia Dwi Septi - detikSport
Halaman 1 dari 2
detikSport/Amalia Dwi Septi
Jakarta - Sejak lahir mengidap downsyndrome, Stephanie Handojo mesti menjalani kehidupan yang berbeda dengan anak-anak pada umumnya. Meskipun punya kekurangan, ia dapat membuktikan dirinya mampu berprestasi tinggi.

Gadis yang lahir pada 5 November 1991 ini tumbuh besar bersama kedua orangtuanya, Maria Yustina dan Santoso Handojo. Mereka merawat dan membesarkan Stephanie penuh kasih sayang.

Stephanie yang kini duduk di bangku kelas 3 SMA tersebut, sejak kecil memang sudah mulai mengikuti kegiatan positif khususnya di bidang olahraga seperti berenang dan bulutangkis. Bahkan, saat menginjak usia 12 tahun, ia berhasil meraih juara 1 pada kejuaraan Porcada.

Meskipun ia terlahir dengan kekurangan, namun hal itu tidak menyurutkan semangat Stephanie menggali bakatnya yang lain di dunia musik. Ia tercatat di Museum Rekor Indonesia (MURI) karena mampu bermain piano dengan 22 lagu selama 2 jam.

Kendati begitu ia masih fokus dalam bidang olahraga, dengan perkembangan prestasi yang makin gemilang. Terpilih mewakili Indonesia di ajang Special Olympics World 2011 di Athena, Yunani, Stephanie meraih medali emas dari cabang renang nomor 50 meter gaya dada.

Special Olimpics Indonesia (SOina) sebagai organisasi yang menaungi atlet-atlet tunagrahita melihat bahwa anak didiknya itu mempunyai kemampuan dan semangat yang luar biasa. Mereka kemudian merekomendasikan Stephanie, setelah menyisihkan dua anak lain, untuk mengikuti seleksi khusus yang dilakukan UNICEF dan Inggris menjelang Olimpiade 2012.

Ia akhirnya terpilih mewakili Indonesia dalam tim yang terdiri dari 20 anak dari 20 negara, untuk ikut membawa obor Olimpiade tersebut. Di Inggris nanti Stephanie akan ditempatkan di wilayah Nottingham, berlari sekitar 300 meter dengan membawa obor seberat 1,5 kilogram.Next

Halaman 12
(a2s/mfi)


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi : sales[at]detik.com