Senin, 30/04/2012 11:45 WIB

Derby panas penentuan juara Liga Inggris

BBCIndonesia.com - detikSport
Laga derby terbesar Liga Primer Inggris musim ini akan tersaji di Stadion Etihad, Selasa (1/4) dini hari saat Manchester City menjamu tetangga sekaligus seterunya Manchester United.

Menempati posisi kedua dengan 85 poin - terpaut tiga angka dari United di puncak klasemen - Manchester City berpeluang meraih singgasana klasemen jika berhasil menekuk Setan Merah.

Kesempatan untuk itu masih ada, karena pada pertemuan pertama di Old Trafford pada Oktober tahun lalu, Sergio Aguero dkk berhasil mencukur United dengan skor telak 6-1.

Apalagi, City dalam tiga pertandingan terakhir bermain gemilang dan produktif salah satunya saat mencukur Norwih dengan enam gol.

Sementara itu, Manchester United tampil kurang stabil dalam tiga pertandingan terakhir termasuk saat kalah 0-1 dari Wigan dan ditahan imbang Everton 4-4.

Namun, United tetaplah United yang tak bisa dipandang enteng meski dalam kondisi paling tidak stabil sekalipun.

Pengalaman dan mental juara menjadi kelebihan yang belum dimiliki pasukan jutaan dolar poundsterling asuhan Roberto Mancini.

Dan seringkali dalam pertandingan besar dan menentukan seperti ini, faktor mental lebih menentukan ketimbang faktor teknis.

Lini depan lengkap

Roberto Mancini

Roberto Mancini menyatakan United masih yang difavoritkan menjadi juara liga.

Anak-anak Manchester City, turun dengan rasa percaya diri tinggi terlebih setelah tiga kemenangan beruntun yang mereka peroleh.

Apalagi mereka memiliki rekor kandang yang menggetarkan dengan 21 kemenangan dengan 51 gol dicetak hanya dalam 17 pertandingan.

Selain itu, lini depan City semakin lengkap dengan berakhirnya masa hukuman Mario Balotelli.

Kini City memiliki empat pilihan penyerang namun nampaknya Mancini masih tetap akan memilih Carlos Tevez di lini depan.

Tevez kembali menjadi pilihan setelah dalam tiga pertandingan terakhir dia mencetak empat gol. Tevez akan didukung Sergio Aguero, Samir Nasri dan David Silva di lini kedua.

Sementara dengan formasi 4-2-3-1, Mancini akan menempatkan Yaya Toure dan Gareth Barry sebagai gelandang bertahan untuk meredam para gelandang United.

Di lini belakang, kekuatan City bertambah dengan pulihnya Micah Richard yang absen dalam laga melawan Wolverhampton akibat cedera lutut.

Meski berpeluang menggeser United, manajer Roberto Mancini berupaya untuk tetap menjejak bumi.

"Manchester United tetap lebih difavoritkan menjadi juara Liga," kata manajer asal Italia itu.

Empat poin

Alex ferguson

Alex Ferguson berpeluang merebut gelar juara Liga Primer Inggris yang ke-20/

Secara metematis, United hanya membutuhkan empat angka lagi untuk memastikan gelar Liga Primernya yang ke-20.

Jika bisa mengatasi City di kandangnya, maka Wayne Rooney dkk hanya butuh hasil seri saja dalam pertandingan berikutnya melawan Swansea untuk memastikan gelar juara.

Namun, meraih kemenangan di Stadion Etihad bukanlah pekerjaan mudah seperti membalik telapak tangan.

Apalagi, dalam tiga pertandingan terakhir, United tidak tampil sempurna dengan mengemas satu kekalahan dan satu hasil imbang.

Menghadapi City, Sir Alex Ferguson nampaknya akan menggunakan skema klasik 4-4-2 dengan menempatkan Wayne Rooney dan Danny Welbeck di lini depan.

Sedangkan di lini tengah, Paul Scholes dan Michael Carrick akan menjadi jangkar permainan ditopang Nani dan Ryan Giggs di masing-masing sayap.

Lini belakang yang begitu rapuh saat menghadapi Everton, diharap bisa lebih berkonsentrasi menghadapi serangan yang pasti lebih variatif dari Manchester City.

Dan, Alex Ferguson menyadari betapa pentingnya laga ini bagi kedua tim.

"Jika City memenangkan pertandingan ini, maka mereka kemungkinan besar akan menjadi juara," ujar Fergie.

(bbc/bbc)
Sponsored Link


Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi : sales[at]detik.com
BeritaTerbaru


MustRead close