Selasa, 08/05/2012 17:41 WIB

Laga tinju Haye dan Chisora di London

BBCIndonesia.com - detikSport
David Haye (kanan), Dereck Chisora

Dewan Tinju Inggris menolak terlibat dalam rencana laga David Haye (kanan), Dereck Chisora.

David Haye dan Dereck Chisora akan turun di ring tinju Upton Park, London tanggal 14 Juli dalam laga yang ditetapkan Federasi Tinju Luxembourg.

Manajer Chisora Fran Warren mengatakan kepada BBC ia akan mengumuman secara resmi laga ini dalam jumpa pers Selasa (08/05).

Petinju kelas berat Inggris ini terlibat dalam perkelahian Februari lalu menyusul kekalahan Chisora dari Vitali Klitschko di Munich, Jerman.

Dewan Tinju Inggris mengatakan tidak mau terlibat atas laga itu karena keduanya tidak memiliki izin.

Izin tinju Chisora dicabut menyusul sejumlah insiden dan setelah tinju dengan Klitschko namun ia telah mengajukan banding atas keputusan itu.

Pemain berusia 28 tahun itu menampar Vitali Klitschko dan memuntahkan air ke arah adik petinju Ukraina itu, Wladimir, sebelum tinju dimulai.

Sementara izin tinju Haye habis setelah ia mengundurkan diri Oktober lalu, tiga bulan setelah kehilangan gelar WBA dari Wladimir Klitschko di Hamburg.

Manjer Chisora Fran Warren sebelumnya mengatakan ia tidak akan menyelenggarakan laga itu.

Banding atas pencabutan izin

Namun ia mengatakan berubah pikiran karena banding Chisora atas izin tinjunya "diundur sampai Juli".

Warren mengatakan, "Apa yang dia (Chisora) lakukan itu bodoh dan memang seharusnya ada hukuman."

"Namun ia tidak bisa bertanding selama enam bulan dan tidak memiliki penghasilan. Jadi mengatakan ia tidak mencari nafkah?"

Chisora mendapatkan izin tinju dari Federasi Tinju Luxembourg namun Warren menambahkan "sejumlah komisi" juga mau memberikan izin.

Warren mengatakan ia tidak akan mengambil komisi dari tinju Chisora dan Haye ini namun akan mendapatkan dana dari televisi yang menyiarkan.

Saat ditanya apakah laga tinju ini juga dapat mengancam izinnnya sendiri sebagai promotor dari Dewan Tinju Inggris, Warren mengatakan ia tidak khawatir.

"Apa yang saya lakukan adalah legal," kata Warren.

"Saya memiliki kontrak sebagai manajer Chisora. Saya punya kewajiban legal terhadapnya."

"Saat mereka (Dewan Tinju Inggris) mengambil keputusan (untuk menarik izin Chisora), mereka mengatakan dia dapat mengajukan izin di daerah yurisdiksi lain. Itulah yang dikatakan dalam sidang dan itulah yang ia (Chisora) lakukan."

(bbc/bbc)


Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi : sales[at]detik.com