Rabu, 01/08/2012 21:21 WIB

Lin Dan & Taufik Kecam 'Opera Sabun' di Bulutangkis

Kris Fathoni W - detikSport
Getty Images
London - Empat pasangan ganda putri telah didiskualifikasi menyusul insiden kontroversial di dalam pertandingannya. Dua atlet top di tunggal putra, Lin Dan dan Taufik Hidayat, ikut mengkritik "opera sabun" yang terjadi.

Meiliana Djauhari/Greysia Polii (Indonesia), Ha Jung-Eun/Kim Min-Jung dan Jung Kyung-Eun/Kim Ha-Na (Korea Selatan), dan Wang Xiaoli/Yu Yang (China) didiskualifikasi karena dianggap Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) telah mencederai fair play dengan tidak bermain serius untuk meraih kemenangan.

Keempat pasangan ganda putri tersebut dinilai "main sabun" dalam partai terakhir grup mereka, Rabu (1/8/2012) dinihari WIB. Wang/Yu diduga sengaja mengalah dari Jung/Kim untuk menjaga skenario pertemuan mereka dengan kompatriotnya di partai final, sedangkan Meiliana/Greysia dan Ha/Kim dinilai sama-sama tidak ingin menang agar terhindari dari Wang/Yu.

"Seperti pertandingan sirkus," cetus Taufik Hidayat seperti dikutip Lubbock Online, mengomentari insiden tersebut.

"Saya akan senang jika ada dikualifikasi. Saya memang dari Indonesia dan ganda putri (Meiliana/Greysia) juga dari Indonesia, tapi itu tidak sportif," komentarnya sebelum keluar keputusan diskualifikasi.

Lin Dan, yang rekannya di ganda putri juga terkena sanksi, ikut mengkritik kejadian tersebut. Ia menilai insiden itu dapat mencederai olahraga bulutangkis.

"Terutama untuk para penonton. Ini sudah pasti tidak selaras dengan semangat Olimpiade. Tapi seperti yang saya bilang sebelumnya, ini bukan kesalahan satu pihak," ujar Lin Dan di Huffington Post sebelum munculnya keputusan diskualifikasi.

"Siapapun yang menetapkan peraturan semestinya membuat format knockout sehingga siapapun yang tidak berusaha menang akan tersingkir dari Olimpiade," tambahnya, mengkritik format Olimpiade.


(krs/a2s)


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi : sales[at]detik.com
BeritaTerbaru