Senin, 06/08/2012 03:59 WIB

Usain Bolt rebut emas di Olimpiade

BBCIndonesia.com - detikSport
Juara bertahan lari 100 meter Usain Bolt merebut medali emas Minggu (05/08) di stadion Olimpiade, London dengan catatan waktu 9,63 detik.

Bolt mencatat rekor waktu dalam Olimpiade. Rekan satu negaranya Yohan Blake merebut perak dan pelari Amerika Serikat Justin Gatlin di tempat ketiga.

Dalam semifinal beberapa jam sebelumnya, pelari asal Jamaika ini tampak santai dan dengan mudah masuk kualifikasi dengan catatan waktu 9.87 detik, lebih lambat dari Justin Gatlin.

Yohan Blake, yang memiliki nama julukan "the Beast", juga melaju dengan catatan waktu 9,85 detik, lebih cepat dari atlet Amerika Tyson Gay.

Atlet Belanda Churandy Martina, pelari Amerika Ryan Bailey dan mantan pencetak rekor dunia Jamaika, Asafa Powell mencetak waktu di luar 10 detik dan juga masuk ke final.

"Saya adalah "the Beast", jadi saya harus fokus di final," kata Blake.

Bolt berupaya untuk mengulangi apa yang diraih Carl Lewis tahun 1988 sementara Blake ingin merebut medali emas untuk menambah gelar juara dunia yang ia menangkan tahun lalu.

Rekor dunia Bolt selama tiga tahun dengan catatan waktu 9,58 terancam di stadion Olimpiade, London.

Amerika meraih emas pertama dalam atletik melalui pelari putri 400 meter Sanya Richard-Ross yang mengalahkan juara bertahan Christine Ohuruogu.

Sementara itu, satu hari setelah memulai debut di Olimpiade, pelari dengan kaki yang diamputasi Oscar Pistorius gagal meraih final nomor 400 meter.

Pelari pertama dengan kaki diamputasi yang turut serta dalam Olimpiade ini mencatat waktu 46,54 detik dan berada paling belakang.

(bbc/bbc)


Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi : sales[at]detik.com