Kamis, 08/11/2012 19:16 WIB

Indonesia Kalah dari Vietnam untuk Jadi Tuan Rumah Asian Games 2019

Rossi Finza Noor - detikSport
Jakarta - Keinginan Indonesia untuk menjadi tuan rumah Asian Games 2019 tidak tercapai. Indonesia gagal menjadi tuan rumah pergelaran empat tahunan itu setelah kalah bersaing dengan Vietnam.

Indonesia mencalonkan Surabaya sebagai tuan rumah pesta olahraga negara-negara Asia tersebut. Sementara, di sisi lain, Vietnam mencalonkan Hanoi.

Indonesia hanya meraih 14 dari 43 suara negara peserta OCA dalam general assembly yang digelar di Macau hari ini, Kamis (8/11/2012). Sedangkan Vietnam mendapatkan 29 suara dukungan.

Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia, Rita Subowo, mengatakan, meski kecewa, dia bisa menerima hal tersebut. "Jelas kami sangat sedih dan kecewa. Tapi kami harus bisa menerima hasil ini," ujar Rita dalam siaran pers.

Namun demikian, sesuai kesepakatan dengan negara-negara peserta lainnya, negara yang gagal menjadi tuan rumah Asian Games 2019 akan dinobatkan sebagai tuan rumah Asian Youth Games 2021.

"Dengan hasil ini, maka Indonesia akan menjadi tuan rumah Asian Youth Games 2021," kata Presiden OCA, Sheikh Ahmad Al Shabah.

Indonesia pernah satu kali menjadi tuan rumah Asian Games, yakni pada tahun 1962. Ketika itu, dari 12 negara yang ikut ambil bagian, Jepang keluar sebagai juara umum.


(roz/a2s)
Sponsored Link


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi : sales[at]detik.com
BeritaTerbaru


MustRead close