Minggu, 24/02/2013 16:13 WIB

Pelari Kenya Dominasi Kelompok Putra Bosowa 10K

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Makassar - Duo pelari Kenya David Mutai dan Charles Kipsang tampil sebagai juara dan runner-up di kelompok putra lari Bosowa 10K. Di kelompok putri Rini Budiarti tampil sebagai pemenangnya.

Mutai memastikan gelar juara setelah berhasil menyentuh garis finis dengan catatan waktu tercepat yakni 31 menit 35 detik. Diikuti rekan senegaranya Kipsang dengan selisih waktu lebih dari waktu semenit atau tepatnya 32 menit 59 detik.

Posisi enam besar menjadi milik pelari Indonesia. Dengan waktu 33 menit 44 detik, M. Ishari berada di belakang dua pelari asing itu diikuti oleh Suardi dengan waktu 34 detik 22 detik, disusul Nelwan dengan terpaut 31 detik dan Amir Said dengan 35 menit 35 detik.

Dengan kemenangan ini, Mutai berhak atas hadiah utama berupa uang sebesar Rp 10 juta. Ini juga menjadi kemenangan kelima dari delapan kali penampilannya di Indonesia. Setelah Makassar, pelari 38 tahun itu akan singgah ke Malaysia untuk mengikuti lomba half marathon.

"Saya senang tampil di sini. Semoga Bosowa 10k ini terus berlangsung dan bisa ditingkatkan skalanya. Saya berjanji akan teurs berpartisipasi dan memotivasi pelari lokal agar bisa menapak ke level internasional," komentar Mutai seusai lomba dalam rilis yang diterima detikSport.

Rini Budiarti memenangi kategori putri setelah mencetak waktu tercepat dengan 37 menit, 24 detik. Tampil sebagai runner-up adalah Novita Andriyani dengan waktu 38 menit 09 detik dan Unik Setyorini di peringkat ketiga dengan 38 menit 37 detik.

Posisi enam besar dilengkapi oleh Lismawati Illang yang finisdi peringkat keempat setelah membukukan waktu 39 menit 24 detik disusul Feri Marince Subnafeu dan Fitri.

Rini mengaku senang dengan keberhasilan menjadi juara Bosowa 10K. Hasil ini sesuai targetnya kendati bukanlah nomor spesialisasinya.

"Saya memang datang dengan target juara. Saya sudah terbiasa ikut lari 10K meskipun nomor spesialisasi saya adalah nomor 3K," ucap Rini, yang juga atlet pelatnas itu.

Di nomor lari 5K, Yusri memenangi kelompok putra. Patar Sianipar dan Firma menemani dia di podium. Sementara kelompok putri dimenangi oleh Asnida Aras disusul oleh Ratia Dwiyana Wisnu dan Nasirah. Lomba Bosowa 10K ini diikuti oleh 2300 peserta terdaftar.
(rin/rin)


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi : sales[at]detik.com