Kamis, 28/02/2013 15:32 WIB

Soal Status Indoprix di 2013, Yamaha Serahkan pada IMI

Mohammad Resha Pratama - detikSport
yamaharacingindonesia.co.id
Jakarta - Musim lalu Indoprix masih berstatus Kejuaraan Nasional (Kejurnas) yang berada langsung di bawah naungan Ikatan Motor Indonesia (IMI). Ada isu tahun ini kejuaraan tersebut menjadi sebuah "club event".

Hal itu turut disinggung oleh Executive Vice President PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Dyonisius Beti, dalam jumpa pers peluncuran Yamaha Racing Team 2013 di kantor pusat, Pulogadung, Jakarta Timur, Kamis (28/2/2013) pagi.

Yamaha sendiri musim lalu menjadi juara di kelas tersebut atas nama Rafid Topan Sucipto yang memperkuat tim Yamaha Yamalube Nisson KYT Tunggal Jaya.

Prestasi itu membawa Rafid kini terjun menembus ajang balap motor kelas dunia Moto2 bersama tim Qatar Management Motorcycle Federation (QMMF). Prestasi Topan itu sendiri diharapkan bisa diulangi mungkin oleh pebalap-pebalap Yamaha lainnya di musim ini.

Hanya saja, isu yang beredar belakangan adalah IMI akan menurunkan level Indoprix menjadi "hanya" sekelas club event alias ajang adu balap motor antara klub-klub di Indonesia. Hal ini dikhawatirkan dapat membuat minat pebalap muda mengikuti ajang itu menurun karena tidak ada gengsi serta pride yang diperebutkan di sana.

"Dari dulu Indoprix itu kejurnas resmi IMI. Kalau tahun ini isunya akan dijadikan club event saja kelasnya, kami tunggu kepastian dari IMI. Kami ikuti rule yang ada. Yang pasti kalau dijadikan Club Event, gengsinya menurun. Namun kami tidak bisa menentukan itu karena itu adalah hak IMI," ujar Dyonisius kepada wartawan.

"Harus segera diputuskan oleh IMI mengenai status Indoprix. Soalnya ini berpengaruh juga ke jenjang karier para pebalap. Kalau cuma sekelas club event yang jadinya kurang bergengsi," lanjut Dyon.

"Kami harus ikut regulasi yang ada karena kami ini anak-anaknya IMI juga. Kami juga tidak bisa apa-apa. Jika memang nantinya adal kejurnas lain yang digelar IMI, yang kami ikuti," timpa General Manager Service and Motorsport Yamaha Indonesia, Muhammad Abidin.


(mrp/a2s)


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi : sales[at]detik.com


MustRead close