Selasa, 26/03/2013 13:49 WIB

Jelang MotoGP 2013

Wajah-Wajah Baru di MotoGP 2013

Doni Wahyudi - detikSport
Getty Images
Jakarta - Ada tujuh rider dengan status rookie di MotoGP 2013. Berdasar hasil tes pra musim dan dukungan tim besar di belakangnya, Marc Marquez dijagokan akan jadi yang terbaik di antara pendatang baru musim ini.

Marquez promosi ke kelas MotoGP setelah dua tahun terakhir dia tampil di ajang Moto2 bersama tim Suter. Musim lalu, rider asal Spanyol berusia 20 tahun itu merengkuh gelar juara dunia setelah tampil dominan dengan memenangi sembilan balapan dari 17 seri yang digelar.

Fakta tersebut membuat Marquez dijagokan bakal jadi pembalap pendatang baru terbaik di musim 2013 ini. Apalagi juara dunia 125 cc di musim 2010 itu bakal menunggangi RC213V besutan Tim Repsol Honda.

Setidaknya Marquez sudah menunjukkan indikasi tersebut dalam beberapa ujicoba pra musim yang digelar di Sepang, Austin dan Jerez. Pemuda kelahiran 17 Februari 1993 itu selalu mampu bersaing dengan pebalap top macam Jorge Lorenzo, Dani Pedrosa dan Valentino Rossi. Saat tampil di Austin dia malah bisa mengalahkan seniornya Pedrosa.

Menjadi penantang Marquez dari sesama pebalap rookie adalah Andrea Iannone yang memperkuat Pramac Racing. Sama-sama promosi dari Moto2, pebalap asal Italia itu musim lalu cuma bisa finis di posisi tiga klasemen akhir. Namun karena pada beberapa seri dia bisa mengalahkan Marquez, Iannone (23 tahun) diyakini punya potensi untuk memberikan kejutan.

Iannone juga punya jam terbang lebih banyak dibanding Marquez dalam keikutsertaannya di balapan Grand Prix. Dia memulai kiprahnya di tahun 2005 pada kelas 125 cc. Sementara tiga tahun terakhir dia bertarung di kelas Moto2 dengan hasil akhir selalu menempati posisi tiga klasemen.

Juga akan memiliki pebalap rookie adalah tim Monster Yamaha Tech 3 melalui Bradley Smith. Sama seperti dua rekannya, Smith masih berusia muda, 22 tahun dan juga bertarung di ajang Moto2 dalam dua musim terakhir.

Tak seperti Marquez dan Iannone, penampilan Bradley Smith di Moto2 tergolong biasa saja. Hasil terbaik yang dia raih selama dua musim berlaga di kompetisi tersebut adalah finis kedua di MotoGP Inggris Raya musim 2011. Sementara musim lalu dia menuntaskan musim dengan duduk di urutan sembilan, menurun dibanding periode sebelumnya di mana dia bisa menempati tangga ketujuh.

Dari kategori CRT, Tim Go & Fun Honda Gresini memiliki Bryan Staring. Pebalap asal Australia ini beberapa kali memenangi kejuaraan nasional di negaranya Australia untuk kelas 125cc serta kategori Supersport dan Superbike. Staring mengaku optimistis dengan musim debutnya di kelas MotoGP, meski dia berada di posisi paling buncit saat menjalani tes di Sepang. Harapan Starin adalah mendapat motor yang kompetitif untuk bisa bersaing di kelas rajanya balap motor.

Tiga nama terakhir yang berstatus rookie di musim balap ini adalah Michael Laverty dari Paul Bird Motorsport, Claudio Corti yang memperkuat NGM Mobile Forward Racing serta Lucas Pesek yang dikontrak Came IodaRacing Project.
(din/nds)

"Ngga mau ketinggalan info seru aksi MotoGP kamu kan. Update yuk, Tekan *123*3*4*5# OK/YES! (khusus Indosat)"

Sponsored Link


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi : sales[at]detik.com
BeritaTerbaru


MustRead close