Kamis, 04/07/2013 18:40 WIB

Jelang GP Jerman

Data dan Fakta GP Jerman

Doni Wahyudi - detikSport
Halaman 1 dari 2
Getty Images/Paul Gilham
Jakarta - GP Jerman kerap jadi balapan yang tak ramah buat Sebastian Vettel, yang belum pernah menang di kandangnya sendiri. Sementara Ferrari justru jadi tim paling sukses di seri ini.

Berikut data dan fakta GP Jerman seperti dikutip dari situs resmi F1:

- Jerman sudah 73 kali menjadi tuan rumah balapan F1, yang menjadikan negara tersebut paling banyak menggelar adu cepat jet darat. Dari jumlah tersebut, 59 di antaranya merupakan GP Jerman, 12 GP Eropa dan sisanya GP Luxembourg.

- Ada tiga venue yang menjadi tuan rumah F1 di Jerman yakni Sirkuit Nurburgring (25 kali), Sirkuit Hockenheim (33 kali) dan Avus di Berlin (1 kali). Nurburgring pernah juga jadi tuan rumah GP Eropa 12 kali sementara GP Luxembourg dua kali.

- Sepanjang sejarah F1, ada 42 pebalap asal Jerman yang pernah berpartisipasi dengan tujuh di antaranya berhasil paling tidak meraih satu kemenangan. Pebalap Jerman total telah memenangi 10 gelar juara dunia, namun hanya diwakili oleh dua nama yakni Michael Schumacher dan Sebastian Vettel. Jerman pun menjadi negara dengan jumlah juara dunia terbanyak kedua setelah Inggris (14 juara dunia).

- Ada empat pebalap Jerman di grid F1 musim ini yakni Sebastian Vettel, Adrian Sutil, Nico Rosberg dan Nico Hulkenberg. Jumlah tersebut sama dengan jumlah pebalap Inggris Raya dan juga Prancis.

- GP Jerman pertama digelar di Nurburgring pada 1951 dan dimenangkan oleh Alberto Ascari yang mengendarai Ferrari.Next

Halaman 12
(din/mfi)

"Ingin tahu aksi MotoGP favorit kamu, Tekan *123*369*10*5# OK/YES! (khusus XL)"



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi : sales[at]detik.com
BeritaTerbaru