Kamis, 01/08/2013 12:18 WIB

Indonesia Menuju Kejuaraan Dunia 2013 (1)

Memburu Predikat Juara Dunia ke China

Lucas Aditya,Femidiah - detikSport
Halaman 1 dari 5
Jakarta - Hari Kamis (1/8) ini para pemain Indonesia bertolak menuju China untuk mengikuti Kejuaraan Dunia di kota Guangzhou. Adakah dari mereka yang pulang dengan predikat juara dunia?

Faktanya, sudah tiga kali berturut-turut (2009, 2010, 2011) tidak ada pemain Indonesia yang menjadi world champion dari turnamen tersebut. Markis Kido/Hendra Setiawan dan Nova Widiyanto/Liliyana Natsir adalah yang terakhir menyandang status tersebut setelah memenangi World Championship di tahun 2007.

Akan tetapi, paceklik gelar para pebulutangkis Indonesia memang tak cuma di kejuaraan tersebut. Semua orang sudah tahun, secara umum menang terjadi penurunan prestasi dalam satu dasawarsa terakhir -- plus begitu digjayanya China di cabang olahraga yang satu ini.

Ketika Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) berganti pengurus pada September lalu, ada secercah sinar baru yang diyakini bisa mengarahkan pada kebangitan perbulutangkisan di tanah air. Ketua Umum Gita Wirjawan melibatkan lebih banyak mantan pemain berprestasi dalam kepengurusannya, dan sejauh ini -- harus diakui -- ada proses yang menjanjikan.

Sepanjang tahun 2013 ini, misalnya, ada enam gelar Superseries yang berhasil dimenangi pemain-pemain Indonesia. Belum banyak tentu saja, tapi dibandingkan tahun lalu ada peningkatan. Tahun lalu dalam periode yang sama (sampai pertengahan tahun), hanya empat titel Superseries dimenangi anak-anak "Merah Putih", dua di antaranya melalui Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (di All England dan India Open).

Di tahun ini Indonesia juga dapat tambahan delapan gelar juara di level Grand Prix Gold, antara lain atas nama Angga Pratama/Ryan Agung Saputra, Irfan Fadhilah/Weni Anggraini, dan Alamsyah Yunus.

Menghadapi Kejuaraan Dunia tahun ini yang akan dihelat 5-11 Agustus, sebanyak 28 pemain siap diturunkan. Pelatnas Cipayung menggeber latihan serius selama satu bulan, selepas Singapura Terbuka. Latihan diadakan pagi dan sore di TianHe Indoor Gymnasium.Next

Halaman 12345
(cas/a2s)


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi : sales[at]detik.com
BeritaTerbaru