Kamis, 26/09/2013 19:00 WIB

Komite Piala Dunia Qatar selidiki laporan soal pekerja

BBCIndonesia.com - detikSport
Piala Dunia di Qatar

Komite Piala Dunia Qatar mengatakan komitmen mereka adalah keselamatan pekerja.

Komite penyelenggara Piala Dunia Qatar 2022 mengatakan mereka "terkejut" atas temuan penyelidikan terkait perlakuan terhadap para pekerja migran di negara itu.

Harian The Guardian, Inggris, menerbitkan laporan dan video yang menunjukkan para pekerja Nepal di Qatar menghadapi "eksploitasi dan pelecehan yang sama dengan perbudakan modern".

Komite penyelenggara mengatakan pembangunan terkait Piala Dunia masih belum dimulai namun komite memiliki komitmen untuk memberikan perlakuan yang layak terhadap para pekerja.

Komite mengatakan dalam satu pernyataan, "Seperti pihak lain yang melihat video dan foto serta membaca laporan yang diterbitkan, kami terkejut dengan temuan The Guardian. Tidak ada alasan bagi pekerja mana pun di Qatar, atau di tempat lain, yang bisa diperlakukan seperti ini."

"Kesehatan, keselamatan, dan martabat setiap pekerja yang turut serta dalam penyelenggaraan Piala Dunia FIFA 2022 merupakan hal yang paling penting bagi komite kami," kata penyelenggara.

Debat soal Piala Dunia pada musim dingin

"Kami memiliki komitmen untuk menjamin bahwa pesta olahraga ini sebagai katalisator untuk menciptakan perbaikan bagi semua pekerja di Qatar."

"Inilah prioritas utama kami karena kami akan memulai janji yang kami ajukan saat mengajukan penawaran sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 di Qatar."

Pernyataan itu juga menyebutkan pemerintah Qatar tengah melakukan penyelidikan atas tuduhan itu.

Direktur Liga Primer Inggris, Richard Scudamore, sempat meminta FIFA mencari tuan rumah baru untuk penyelenggaraan Piala Dunia 2022.

Scudamore mengatakan hal itu setelah muncul wacana memindahkan jadwal Piala Dunia 2022 ke musim dingin karena keberatan pertandingan dilakukan saat suhu ekstrem musim panas di Timur Tengah.

Namun usulan pemindahan itu dianggap Qatar tidak beralasan.

(bbc/bbc)
Sponsored Link


Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi : sales[at]detik.com
BeritaTerbaru


MustRead close