DetikSepakbola
Sabtu 16 Jan 2010, 03:34 WIB

Piala Afrika

Pantai Gading Pertama Lolos

- detikSport
Pantai Gading Pertama Lolos
Cabinda - Bermain dengan 10 orang nyaris selama 40 menit terakhir, Pantai Gading tetap berhasil menang 3-1 atas Ghana di Piala Afrika 2010. Pantai Gading pun jadi yang pertama ke perempatfinal.

Pertemuan Pantai Gading kontra Ghana yang digelar di Stadion Chimandela, Cabinga, Sabtu (16\/1\/2010) dini hari WIB, ini adalah laga kedua di Grup B yang cuma berisi tiga tim.

Masing-masing satu gol dari Gervinho, Siaka Tiene dan Didier Drogba membuat Pantai Gading berjaya meski harus bermain dengan 10 orang sejak menit 56 ketika Emmanuel Eboue diusir wasit. Gol balasan Ghana dicetak Asamoah Gyan

Tiga angka ini membuat Pantai Gading menjadi tim pertama yang berhak atas tiket perempatfinal. Dengan nilai empat dari sekali menang dan sekali seri, Didier Drogba cs setidaknya finis di posisi kedua.

Ghana dan Burkina Faso akan memperebutkan satu tiket tersisa dari Grup B di pertandingan terakhir pada Selasa (19\/1).

Jalannya pertandingan<\/strong>
Pantai Gading langsung tancap gas mengambil kendali permainan dan sukses menuai hasil di menit 24. Salomon Kalou lolos dari jebakan off-side<\/em> dan mengumpan kepada Gervinho yang tanpa kesulitan merobek gawang Ghana.

Ghana mencoba membalas tapi sia-sia karena kiper Pantai Gading, Boubacar Barry, tampil apik. Sebuah tendangan jarak jauh Kwadwo Asamoah ditepis Barry untuk melindungi gawangnya di menit 39.

Di babak kedua, tepatnya di menit 56, kekuatan Pantai Gading berkurang satu ketika Eboue melakukan tekel berbahaya dengan dua kaki kepada Agyemang Opoku dan wasit tanpa ampun memberinya kartu merah.

Ternyata kekurangan satu pemain tidak membuat Pantai Gading melemah. Tim asuhan Vahid Halilhodzic itu bahkan mengubah skor jadi 2-0 ketika tendangan bebas ciamik Tiene merobek gawang kiper Richard Kingson.

Di menit terakhir pertandingan, Drogba mencetak gol perdananya di turnamen ini. Gol bermula dari umpan silang Abdelkader Keita dari sayap kiri dan Drogba dengan kepalanya menanduk bola masuk gawang lawan. 3-0 buat Pantai Gading.

Gol hiburan akhirnya dipetik Ghana di masa injury time<\/em> melalui eksekusi penalti Gyan. Penalti diberikan wasit ketika Souleymane Bamba melanggar Gyan di kotak terlarang.

Susunan pemain<\/strong>
Pantai Gading: Boubacar Copa; Eboue, K. Toure, Bamba, Tiene; Toure Yaya (Fae 71), Zokora, Tiote; Drogba, Kalou (A. Keita 84), Gervinho (Demel 60)

Ghana: Kingson; Addo, Vorsah, Inkoom; Ayew, Narry (Essien 46); Amoah, Asamoah, Badu Agyemang; Opoku (Afful 77), Ayew (Gyan 46)



(arp/arp)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed