DetikSepakbola
Kamis 07 Feb 2013, 07:43 WIB

\'Italia Terlalu Pasif Bukan Karena Formasi\'

- detikSport
\Italia Terlalu Pasif Bukan Karena Formasi\ AFP/Getty Images
Amsterdam - Italia meraih hasil imbang 1-1 ketika melakoni laga tandang melawan Belanda. Gelandang Gli Azzurri<\/em>, Riccardo Montolivo, menyebut timnya salah arah pada awalnya.

Pada pertandingan yang berlangsung di Amsterdam ArenA tersebut, Kamis (7\/2\/2013) dinihari WIB, Italia tertinggal lebih dulu lewat gol Jeremain Lens yang dicetak pada menit 33. Italia baru bisa menyamakan kedudukan saat pertandingan memasuki masa injury time<\/em> babak kedua. Gol itu tercatat atas nama Marco Verratti.

Italia mengawali laga dengan formasi 4-3-3. Menurut catatan Football Italia, <\/em>Gianluigi Buffon dkk. gagal mencetak satu shot on target <\/em>pun kala bermain dalam formasi tersebut. Shot on target<\/em> baru didapat ketika mereka mengubah formasi menjadi 4-3-1-2.

Namun, menurut Montolivo, kegagalan Italia mendapatkan shot on target <\/em>lebih awal bukanlah karena formasi. Gelandang berusia 28 tahun itu menyebut, pendekatan dan cara bermain Italia yang terlalu pasiflah yang menjadi penyebabnya.

\\\"Ada dua opsi taktik yang bisa kami gunakan. Kami tidak bisa tampil agresif ketika Belanda menguasai bola dan itu membuat kami kesulitan,\\\" ujarnya.

\\\"Saya pikir, ini bukan soal taktik karena cara kami bermain terlalu pasif. Jelas, kami tidak akan bermain dengan cara serupa pada laga kualifikasi atau laga resmi.\\\"

\\\"Ini adalah pendekatan yang salah, tapi kami perlahan-lahan membaik menjelang akhir dan mendapatkan hasil.\\\"

Buffon juga senada dengan Montolivo. Menurutnya, formasi 4-3-3 tidak bisa terlalu disalahkan karena Italia baru sebentar mengujinya.

\\\"Saya pikir, formasi 4-3-3 masih bisa bekerja karena kami baru membiasakannya selama satu setengah hari. Jadi, Anda tidak bisa membuat penilaian atas formasi itu.\\\"



(roz/din)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed