DetikSepakbola
Kamis 23 May 2013, 09:43 WIB

Festival di Cibubur, ASSBI Siapkan Bank Data Bibit-bibit Muda

- detikSport
Festival di Cibubur, ASSBI Siapkan Bank Data Bibit-bibit Muda dok. ASSBI
Jakarta - Asosiasi Sekolah Sepak Bola (ASSBI) sedang menggelar turnamen dan festival sepakbola usia muda berskala nasional. Mereka ingin menjadi salah satu bank data bibit-bibit muda di tanah air.

Event bertajuk \\\'Festival Nasional ASSBI 2013\\\' itu diikuti oleh 1.100 anak dari 14 Komite Daerah (Komda) ASSBI di seluruh Indonesia, bertempat di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, dari 22 sampai 25 Mei.

Pada pembukaan kemarin hadir antara lain Ketua Umum PSSI Djohar Arifin, Sekjen PSSI Hadiyandra, serta Deputi Menpora Sakhyan Asmara.

\\\"Tugas ASSBI adalah menjaring pemain-pemain berbakat dari seluruh Indonesia. Ini jadi bank data yang sangat dibutuhkan oleh federasi (PSSI) maupun institusi-institusi lain,\\\" ujar ketua panitia, Bahari Efendi Siregar.

Ketua Umum ASSBI Taufik Jursal Effendi mengatakan bahwa pihaknya ingin menjadi salah satu motor penggerak proses pembinaan sepakbola usia dini. ASSBI, katanya, terus melakukan upaya-upaya supaya pembinaan itu berjalan baik dan berjenjang, sehingga terbentuk talenta-talenta yang mumpuni sebelum menginjak ke level senior.

\\\"Ajang festival ini menjadi salah satu arena di mana ASSBI bisa berkontribusi ke federasi. Kami selalu mencatat data statistik setiap pemain kami di semua level usia, sehingga data itu bisa bisa dijadikan salah satu ukuran perkembangan si anak didik,\\\" tukas Taufik.

Sementara itu salah satu SSB peserta, yaitu SSB Mimika United, menyambut positif kegiatan tersebut. Manajernya, Alexander Toto, berharap event sepakbola untuk anak-anak lebih sering diadakan secara berkesinambungan.

\\\"Selanjutnya tugas PSSI-lah menindak-lanjuti bibit-bibit yang muncul dari festival seperti ini. Jadi, kegiatan anak-anak ini tidak berhenti sampai di sini saja,\\\" tukasnya.

\\\"Anak-anak Papua siap meneruskan tradisi melahirkan pemain-pemain besar, asal PSSI juga mau terus memantau perkembangan mereka dan bisa memberikan mereka kesempatan di laga-laga internasional,\\\" tambah Alexander, yang mengaku membawa total 54 sisa SSB-nya di level U-11, U-12, dan U-13.

Djohar Arifin dalam sembutannya mendukung kegiatan festival ASSBI ini. Ia berharap anak-anak terus berlatih secara serius dan benar, sehingga bisa menjadi pemain yang berkualitas.

\\\"Indonesia bahkan punya potensi untuk tampil di Piala Dunia. Asalkan latihan, latihan, latihan,\\\" timpal Sakhyan, yang hadir atas nama Menpora Roy Suryo.

\\\"\\\"

\\\"\\\"





(cas/a2s)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed