DetikSepakbola
Rabu 29 May 2013, 13:36 WIB

Mendambakan Akademi Lokal yang Lahirkan Pemain-Pemain Bagus

- detikSport
Mendambakan Akademi Lokal yang Lahirkan Pemain-Pemain Bagus Erik Hidayat (detiksport/a2s)
Jakarta - Di Eropa misalnya, klub-klub memiliki jenjang pembinaan pemain yang jelas dan berkelanjutan. Sebuah akademi sepakbola memang selayaknya menciptakan pemain-pemain bagus.

Selain Eropa, Brasil dikenal sebagai negara yang memiliki pembinaan sepakbola usia muda yang sangat baik, sehingga tak pernah berhenti melahirkan pemain-pemain kelas dunia.

Dari contoh-contoh tersebut, Erik Hidayat pun berharap sekolah sepak bola (SSB) yang ia dirikan bisa menjadi salah satu tempat yang menggali bakat-bakat dan potensi anak-anak negeri, sehingga kelak bisa menjadi pemain bagus dan andalan tim nasional.

Demikian perbincangan detiksport <\/strong>dengan pengusaha muda itu di kantor PT. Mandiri Sejahtera Utama (MSH) Grup di Graha Niaga, Jln. Sudirman Kav. 58, Jakarta Selatan, kemarin, terkait rencana dibukanya Legenda Football Academy <\/strong>(LFA) pada September mendatang.

Diceritakan Erik, dirinya sejak kecil sudah menyukai sepakbola. Anak kandung Menteri Perindustrian MS. Hidayat itu juga mengaku sering menonton langsung pertandingan di stadion, termasuk apabila timnas Indonesia beraksi.

\\\"Tapi kami lihat, pembinaan sepakbola kita kok begini-begini saja. Waktu saya kecil begitu, sekarang pun masih gitu-gitu saja. Makanya kami berpikir untuk membangun sebuah sekolah sepakbola, karena kita semua tahu, tidak ada pemain yang langsung jadi, tapi pasti harus dididik dan dibina sejak usia dini,\\\" tutur pengusaha kelahiran 28 Januari 1974 itu.

Setelah memulai bisnisnya di sepakbola dengan mendirikan sebuah sekolah futsal di Jakarta, Erik pun tergerak untuk membuat LFA. SSB ini mengambil lokasi di pinggiran ibukota, tepatnya di di kawasan perumahan Dukuh Bima, Kota Legenda, Bekasi.

\\\"Yang saya tahu, lapangan bola di kota-kota besar sudah makin susah. Banyak sekolah bola harus menyewa lapangan untuk latihan anak-anak didiknya. Untuk itu kami dari LFA mencoba menawarkan fasilitas yang lengkap, terutama kami memiliki lapangan sendiri,\\\" cetusnya berpromosi.

\\\"\\\"

Di luar fasilitas, Erik menegaskan bahwa yang tak kalah penting adalah prasarana lain yang terkait langsung pada pembinaan, seperti pengadaan pelatih yang bagus, kurikulum yang baik, program kepelatihan dan lain-lain. Itu sebabnya pihaknya menggandeng Asosiasi Sekolah Sepak Bola Indonesia (ASSBI), yang telah memiliki anggota lebih dari 2.000 SSB di seluruh Indonesia.

\\\"Kami telah merancang untuk LFA, penggunaan lapangan itu bisa sampai 40 jam per minggu. Khusus weekend<\/em> (Sabtu-Minggu) kita khususkan untuk kompetisi-kompetisi atau turnamen, karena performa anak-anak itu hanya bisa diukur dari frekuensinya dalam bertanding,\\\" terang Ketua Umum ASSBI Taufik Jursal Effendi.

Dengan diadakannya pertandingan atau kompetisi di setiap akhir pekan, diharapkan pula kian tumbuh \\\"budaya bersepakbola\\\" di kalangan keluarga-keluarga, dengan bersama-sama mendampingi anak-anaknya bermain sepakbola.

Taufik kemudian menjelaskan, walaupun awalnya adalah SSB, tapi ke depan LFA diproyeksikan bisa menjadi sebuah akademi sepakbola.

\\\"Di luar negeri, idealnya sebuah akademi adalah, anak didik digodok sedemikian rupa sebelum didistribusikan pada klub-klub. Misalnya, daerah atau klub A menaksir anak tertentu, mereka lalu memasukkan anak itu ke akademi tersebut. Setelah jadi, baru mereka bisa dikontrak. Jadi, anak-anak yang mengikuti pendidikan di akademi itu tidak keluar uang, malah dibiayai, karena mereka diproyeksikan bakal bermain di klub-klub setelah melewati fase junior,\\\" papar Taufik.

Sebagai ilustrasi, Lionel Messi diboyong ke Spanyol dari Argentina oleh Barcelona saat masih berusia 13 tahun. Barcelona menanggung biaya hidup dia dan orangtuanya di Catalan, selama menimba ilmu di akademi La Masia.

\\\"Melahirkan pemain-pemain bagus itu perlu waktu. Tidak mungkin instan, tidak bisa tiba-tiba. Sebagian masyarakat cuma ingin lihat sepakbola kita di level seniornya saja. Padahal pembinaan usia dini mutlak harus dilakukan. Untuk itulah kami mendirikan SSB Legenda Football Academy, semoga bisa ikut membantu memajukan sepakbola di Indonesia,\\\" tambah Erik.




(a2s/din)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • 'Chelsea Tampil seperti Tim Papan Tengah'

    Sepakbola | Senin 26 Sep 2016, 16:54 WIB Sempat memulai dengan rangkaian kemenangan, Chelsea kini berada di jalur negatif. Penampilan mereka dinilai belum meyakinkan, seperti tim papan tengah.
  • Laju Kencang Raheem Sterling

    Sepakbola | Senin 26 Sep 2016, 16:38 WIB Tak cuma Manchester City yang punya laju kencang di bawah Pep Guardiola saat ini. Raheem Sterling pun terus unjuk gigi di depan manajer asal Spanyol itu.
  • Liga Champions

    Sterling Antusias Menjelang 'Reuni' dengan Rodgers

    Sepakbola | Senin 26 Sep 2016, 16:21 WIB Pemain Manchester City Raheem Sterling antusias menyongsong laga menghadapi Celtic. Salah satunya karena ia akan berjumpa dengan Brendan Rodgers di kubu lawan.
  • 7 Klub Minta Pemerintah Kawal Kongres PSSI

    Sepakbola | Senin 26 Sep 2016, 16:17 WIB Tujuh klub yang berstatus terhukum meminta pemerintah untuk mengawasi jalannya kongres, terutama tentang nasib mereka yang dijanjikan akan dipulihkan oleh PSSI.
  • Jelang Dortmund vs Madrid

    Signal Iduna Park Angker untuk Madrid

    Sepakbola | Senin 26 Sep 2016, 16:10 WIB Laga matchday 2 Liga Champions di markas Borussia Dortmund akan jadi ujian bagi Real Madrid. Madrid belum pernah menang di sana dan selalu kalah belakangan ini.
  • Jelang Liga Champions

    Arsenal Waspadai Basel 'Si Pembunuh' Tim-Tim Inggris

    Sepakbola | Senin 26 Sep 2016, 15:18 WIB Arsenal takkan memandang remeh FC Basel di matchday 2 Liga Champions pekan ini. Pasalnya, Basel punya catatan bagus kala menghadapi tim-tim Inggris.
  • Walcott di Arsenal: Memulai dari Nol Lagi

    Sepakbola | Senin 26 Sep 2016, 13:23 WIB Banyak yang menganggap karier Theo Walcott mandek atau cenderung habis. Tapi, di mata sang manajer Arsene Wenger, Walcott itu pemain yang spesial.
  • Pep: Tak Ada De Bruyne, City Takkan Apa-Apa

    Sepakbola | Senin 26 Sep 2016, 12:35 WIB Di tengah laju impresifnya musim ini, Manchester City harus menerima kabar buruk terkait cedera hamstring yang mendera pemain andalannya, Kevin De Bruyne.
  • Soal Debut Gabigol dalam Seragam 'Biru Hitam'

    Sepakbola | Senin 26 Sep 2016, 11:37 WIB Pemain yang ditunggu-tunggu fans Inter Milan akhirnya muncul juga, dia adalah Gabriel Barbosa alias Gabigol. Bagaimana debut Gabigol kemarin?
  • Apa Kabar Joe Hart di Italia?

    Sepakbola | Senin 26 Sep 2016, 11:22 WIB Sudah hampir satu bulan Joe Hart merumput di Italia. Apa kabar kiper nomor satu Inggris yang kini jadi pemain pinjaman di Torino itu?
  • Jika Tiba Saatnya City Kalah

    Sepakbola | Senin 26 Sep 2016, 10:48 WIB Pep Guardiola menekankan tak ada tim yang akan terus-menerus menang. Start sempurna Manchester City pasti akan berhenti, kekalahan juga takkan bisa dihindari.
  • Kekalahan dari Arsenal Bikin Conte Tak Bisa Tidur

    Sepakbola | Senin 26 Sep 2016, 10:12 WIB Kekalahan telak dari Arsenal benar-benar jadi alarm pengingat bagi Chelsea. Antonio Conte pun berpikir keras demi menemukan solusi untuk membenahi timnya itu.
  • Montella: Milan Lulus Ujian dengan Nilai Minimal

    Sepakbola | Senin 26 Sep 2016, 07:06 WIB Pelatih Milan Vincenzo Montella mengakui bahwa timnya tak tampil mengesankan saat bertemu Fiorentina. Montella menyebut Milan lulus ujian dengan nilai minimal.
  • Bologna Puas Bisa Imbangi Inter

    Sepakbola | Senin 26 Sep 2016, 04:57 WIB Bisa membawa pulang satu angka dari kandang Inter Milan disyukuri Bologna. Pelatih Rossoblu, Roberto Donadoni, mengaku puas dengan hasil imbang ini.
  • Hamburg Ganti Pelatih

    Sepakbola | Senin 26 Sep 2016, 04:27 WIB Hamburg melakukan pergantian pelatih setelah mengawali musim ini dengan buruk. Mereka mencopot Bruno Labbadia dan menunjuk Markus Gisdol sebagai penggantinya.
  • Duel Fiorentina vs Milan Berakhir Tanpa Pemenang

    Sepakbola | Senin 26 Sep 2016, 03:58 WIB Fiorentina mendominasi laga, tetapi gagal memanfaatkan sejumlah peluang. Sebaliknya AC Milan sempat kesulitan. Kedua tim gagal mencetak gol dan skor akhir: 0-0.