DetikSepakbola
Rabu 13 September 2017, 17:37 WIB

Piala AFF U-18

Gasak Brunei 8-0, Indonesia Lolos ke Semifinal

Yanu Arifin - detikSport
Gasak Brunei 8-0, Indonesia Lolos ke Semifinal Tim nasional Indonesia U-19 saat melawan Brunei Darussalam (Foto: dok.Humas PSSI)
Jakarta - Indonesia meraih kemenangan meyakinkan atas Brunei Darussalam di laga terakhir fase grup Piala AFF U-18. Unggul 8-0, dipastikan lolos ke semifinal.

Indonesia sudah unggul 6-0 di babak pertama laga yang dilangsungkan di Stadion Thuwunna, Yangon, Rabu (13/9/2017) sore WIB. Tampil dominan di sepanjang 45 menit, pasukan Indra Sjafri sejatinya bisa membuat gol lebih banyak.

Enam gol Indonesia di babak pertama dilesakan M Rafli (3), Egy Maulana Vikri (2), Witan Sulaeman. Sementara dua gol tambahan di babak kedua dilesakkan Witan dan Hanis Saghara.

Kemenangan ini mengantar Indonesia lolos ke semifinal. Untuk sementara Indonesia memuncaki Grup B dengan poin 9 dan selisih gol +15.


Posisi Indonesia masih bisa tergusur dari urutan teratas, tergantung hasil laga Myanmar vs Vietnam yang akan bertanding dalam beberapa saat lagi. Meski begitu, hasil terburuk yang bisa didapat Indonesia adalah sebagai runner up.

Klasemen Grup BGasak Brunei 8-0, Indonesia Lolos ke SemifinalA: Lolos
E: Tersingkir
H: Tuan rumah


Jalannya Pertandingan

Indonesia tancap gas sedari awal. Laga baru berjalan 44 detik, Rafli langsung membawa Indonesia unggul 1-0 setelah memanfaatkan kesalahan bek-bek Brunei mengantisipasi bola liar.

Egy memperbesar kedudukan di menit 18. Sontekan Egy di dalam kotak penalti membawa Indonesia memimpin 2-0. Bola hasil tendangannya, yang sudah meluncur ke gawang, coba dihalau dua pemain lawan tapi si kulit bundar justru terus bergulir masuk. Empat menit berselang, pemain terbaik Touloun Tournament itu mencetak gol keduanya untuk membawa keunggulan Indonesia menjauh 3-0.

Di menit ke-40, Witan ikutan mencatat namanya di papan skor. Tendangan kaki kiri dari luar kotak penalti membawa Indonesia memimpin 4-0. Semenit berselang, Rafli mencetak gol keduanya setelah umpan Dedi Tri Maulana bisa disundul masuk ke gawang Amirul Hakim.

Di masa injury time babak pertama, Rafli mencetak hat-trick. Indonesia pun menutup babak pertama dengan keunggulan 6-0.

Di babak kedua, Indonesia mengganti Feby Eka dengan Saddil Ramdani. Peluang pertama langsung didapat, di mana Witan nyaris merobek gawang Amirul Hakim memanfaatkan umpan dari sisi kiri.

Rafli hampir menambah keunggulan Indonesia di menit ke-51. Umpan Saddil bisa disontek, namun bola masih mengarah ke samping gawang Brunei.

Beberapa kali Indonesia melepaskan tendangan jarak jauh. Namun belum ada yang mengarah tepat ke gawang Brunei. Belum juga mendapat gol tambahan, Indra memasukkan Syahrin Abimanyu menggantikan Muhamad Luthfi.

Di menit ke-63, Indonesia nyaris menambah kedudukan. Aksi Egy merangsek ke dekat gawang di akhiri dengan melepas umpan kepada Rafli yang berdiri bebas. Namun Rafli gagal menendang bola dengan sempurna lantaran kakinya terlihat mengalami kram. Ia diganti Hanis Saghara.

Tak lama berselang, Indonesia memperbesar keunggulan jadi 7-0 lewat tandukan Witan. Semenit berselang, gol kedelapan Indonesia langsung lahir lewat aksi Hanis memanfaatkan umpan Egy yang lagi-lagi menusuk dari sisi kanan.

Selanjutnya, peluang demi peluang kembali diciptakan pemain Indonesia. Di menit ke-83, Hanis nyaris menambah gol. Bola dari kaki Witan bisa diambil alih dan langsung ditendang, namun aksinya bisa diredam Amirul Hakim.

Di sisa waktu pertandingan, serangan bertubi-tubi Indonesia tidak ada lagi yang membuahkan gol. Indonesia menang 8-0.

Susunan Pemain

Brunei: Amirul Hakim, Muhammad Rahimin, Abdul Wadud, Muhammad Nazif (Aslam Abdul 90'), Muhammad Wefi, Muhammad Nur Asyraffahmi, Muhammad Hanif (MD Nazmie 86'), Muhammad Abdul Mateen, Muhammad Aqil Abdul Hariz, Muhammad Azirul Asmadi

Indonesia: Muchamad Aqil Savik, Kadek Raditya, Samuel Christianson, Rachmat Irianto, Dedi Tri Maulana, Muhammad Luthfi (Syahrin Abimanyu 60'), Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Feby Eka (Saddil Ramdani 46'), Asnawi Mangkualam, Muhammad Rafli (Hanis Saghara 65')




(din/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Para Pemain Bertopeng di Lapangan Hijau

    Sepakbola | Sabtu 25 November 2017, 09:44 WIB Para pesepakbola seringkali harus memakai aksesori tambahan ketika bertanding. Akibat cedera di wajah atau hidung, mereka pun terpaksa bertopeng di lapangan.
  • Jelang Liverpool vs Chelsea

    Conte Mengeluh soal Jadwal, Ini Komentar Klopp

    Sepakbola | Sabtu 25 November 2017, 09:28 WIB Manajer Chelsea Antonio Conte beberapa kali mengeluhkan jadwal timnya akhir-akhir ini. Bos Liverpool Juergen Klopp berkomentar soal keluhan Conte itu.
  • Manisnya Sara Salamo, Pacar Baru Isco

    Sepakbola | Jumat 24 November 2017, 13:07 WIB Isco baru saja resmi mengumumkan dirinya tengah menjalin kasih dengan Sara Salamo. Bintang film dan televisi asal Spanyol itu punya wajah manis menggoda.
  • Jelang Liverpool vs Chelsea

    Salah Bukan Satu-satunya Ancaman untuk Chelsea

    Sepakbola | Sabtu 25 November 2017, 08:10 WIB Chelsea menyadari Mohamed Salah akan menjadi ancaman serius untuk mereka. Akan tetapi, The Blues tahu pemain-pemain Liverpool yang lain juga berbahaya.
  • Foto Sepakbola

    Everton Hancur Lebur di Kandang

    Sepakbola | Jumat 24 November 2017, 11:27 WIB Everton belum bisa bangkit dari rangkaian hasil buruk yang mereka terima. Dinihari tadi, di ajang Liga Europa, The Toffees dihancurkan Atalanta 1-5.
  • Penjelasan Mourinho soal Absennya Mkhitaryan

    Sepakbola | Sabtu 25 November 2017, 07:29 WIB Henrikh Mkhitaryan absen dalam beberapa pertandingan terakhir Manchester United. Manajer MU, Jose Mourinho, punya penjelasan soal absennya Mkhitaryan.
  • Hamsik Sudah Siapkan Tempat untuk Tato Scudetto

    Sepakbola | Sabtu 25 November 2017, 04:16 WIB Marek Hamsik rupanya cukup yakin Napoli bisa menjuarai Serie A musim ini. Dia bahkan sudah menyisakan ruang di tubuhnya untuk tato spesial merayakan scudetto.
  • Klopp Masih Percaya Moreno 100%

    Sepakbola | Sabtu 25 November 2017, 01:46 WIB Alberto Moreno tampil buruk ketika Liverpool menghadapi Sevilla di Liga Champions. Meskipun demikian, Moreno masih mendapatkan kepercayaan dari Juergen Klopp.
  • Spalletti: Icardi Bisa Saja di Inter Selamanya

    Sepakbola | Sabtu 25 November 2017, 01:36 WIB Pelatih Inter Milan Luciano Spalletti melihat Mauro Icardi sangat mencintai klub. Spalletti pun yakin Icardi tidak akan berganti klub sampai pensiun.
  • Zidane Sudah Rindu Bale

    Sepakbola | Sabtu 25 November 2017, 00:48 WIB Zinedine Zidane mengaku kehilangan Gareth Bale yang sudah cukup lama absen karena cedera. Tapi Zidane juga ingin Bale benar-benar pulih sebelum kembali bermain.
  • Messi Terima Sepatu Emas Eropa Keempat

    Sepakbola | Jumat 24 November 2017, 23:48 WIB Lionel Messi menerima penghargaan Sepatu Emas Eropa atas prestasinya di musim lalu. Bagi Messi, ini adalah Sepatu Emas Eropa keempat yang dimenanginya.
  • Liga 2

    Persebaya dan Martapura FC Sama-sama Siap Tempur

    Sepakbola | Jumat 24 November 2017, 23:33 WIB Persebaya Surabaya akan tampil habis-habisan di babak semifinal Liga 2 melawan Martapura FC. Begitu pula dengan Martapura FC yang juga siap tempur.
  • Evan Dimas Tak Akan Sepelekan Guyana

    Sepakbola | Jumat 24 November 2017, 19:40 WIB Evan Dimas menegaskan pertandingan dengan Guyana sangat penting. Salah satunya, untuk mengasah dan meningkatkan mental para pemain menuju Asian Games 2018.
  • Infografis

    The Reds vs The Blues di Kota Pelabuhan

    Sepakbola | Jumat 24 November 2017, 19:00 WIB Liverpool akan menjamu Chelsea di Anfield akhir pekan ini. Kota pelabuhan memanas, The Reds atau The Blues yang menang?
  • Bali United dan Comvalius Pisah Jalan

    Sepakbola | Jumat 24 November 2017, 18:27 WIB Bali United membuat keputusan mengejutkan. Mereka melepaskan striker paling tajam di LIga 1, Sylvano Comvalius.
  • Alasan Milla Pilih Guyana Jadi Lawan Timnas

    Sepakbola | Jumat 24 November 2017, 18:03 WIB Timnas akan menjalani uji coba melawan Guyana yang di atas kertas memiliki kekuatan berimbang. Luis Milla tertantang menghadapi gaya bermain Guyana.
  • Pergerakan Salah Mudahkan Coutinho

    Sepakbola | Jumat 24 November 2017, 18:08 WIB Kecemerlangan Mohamed Salah tak terlepas dari suplai-suplai rekan-rekannya di Liverpool, salah satunya Philippe Coutinho. Keduanya bisa langsung klik.