DetikSepakbola
Minggu 06 Jan 2013, 02:13 WIB

Piala FA

Van Persie Selamatkan MU dari Kekalahan

- detikSport
Van Persie Selamatkan MU dari Kekalahan AFP/Ian Kington
London - Manchester United membutuhkan gol Robin van Persie untuk tetap bertahan di Piala FA. Golnya di menit 90 memaksakan hasil imbang 2-2 dengan West Ham United dan diadakannya laga replay.<\/em>

Pada laga di Upton Park, Minggu (6\/1\/2013) dinihari WIB, Baik West Ham maupun United sama-sama menampilkan permainan terbuka di babak pertama. United yang mengandalkan Shinji Kagawa di lini tengah kerap melepaskan operan-operan pendek, dan kombinasi operan pendek itulah yang membuat mereka mendapatkan gol.

Pada menit ke-23, sebuah serangan balik dari United dan deretan operan pendek di sisi kanan diselesaikan Javier Hernandez dengan sebuah umpan ke sisi kiri. Di sana berdiri Tom Cleverley yang tak terkawal dan langsung melepaskan tendangan ke arah gawang West Ham. 1-0 tim tamu memimpin.

Kendati demikian, West Ham tidak tertekan. Sebaliknya, mereka balas menyerang melalui berbagai umpan panjang ke arah kotak penalti tamunya itu.

The Hammers akhirnya menyamakan kedudukan lima menit setelah gol Cleverley. Umpan panjang dari Joe Cole mendarat di dalam kotak penalti United dan disundul oleh James Collins.

United masih mendominasi penguasaan bola setelahnya. Salah satu peluang gagal diselesaikan dengan baik oleh Danny Welbeck setelah tendangannya diblok oleh Jussi Jaaskelainen. Welbeck memilih untuk menendang meski ada Hernandez meminta bola di sisi kanannya.

West Ham punya kans menekan beberapa kali. Namun, beberapa kali umpan panjang yang dilepaskan gagal dimanfaatkan oleh para penyerang. Beberapa serangan akhirnya berakhir dengan tendangan dari luar kotak penalti yang masih tak tepat sasaran.

United masih mendominasi penguasaan bola di awal-awal babak kedua. Tetapi, mereka tak kunjung mampu mencetak gol. Beberapa umpan dan operan yang dilepaskan ke depan kerap gagal berujung menjadi peluang.

Kagawa sempat mencoba untuk memecah kebuntuan. Tetapi, tendangannya masih bisa diblok oleh James Tomkins.

West Ham akhirnya berbalik unggul pada menit ke-59. Proses terjadinya gol nyaris mirip dengan yang pertama. Cole mengirimkan umpan dan langsung disundul oleh Collins yang mencetak gol keduanya pada pertandingan ini.

Ketinggalan satu gol, Sir Alex Ferguson pun memainkan Robin van Persie untuk menggantikan Hernandez. United kemudian mendapatkan sepak pojok tak lama setelahnya dan Alexander Buttner mengeksekusinya. Sial bagi United, sundulan Van Persie menyambut sepak pojok itu masih melenceng.

Pada menit ke-72, Buttner mengirimkan umpan ke arah kotak penalti dan disundul oleh Welbeck. Namun, sundulan Welbeck masih melambung di atas mistar gawang.

Ketika pertandingan mendekati akhir, United akhirnya mendapatkan gol yang mereka cari-cari itu. Pada menit ke-90, Ryan Giggs mengirim sebuah umpan panjang ke depan kotak penalti West Ham. Van Persie berlari untuk menyambutnya. Setelah melepaskan diri dari kawalan bek yang mengejarnya, dia menembak bola ke tiang jauh. Gol dan skor berubah menjadi 2-2.

Kedudukan tersebut pun bertahan sampai peluit panjang dibunyikan. West Ham belum lolos dan United belum tersingkir. Keduanya pun akan melakoni laga replay.<\/em>

Susunan Pemain<\/strong>

West Ham United: Jaaskelainen, Demel, Collins, Tomkins, Potts, Diarra (Noble 73), Nolan, Collison, Joe Cole (Taylor 78), Vaz Te (Jarvis 61), C.Cole.

Manchester United: De Gea, Rafael, Evans, Vidic, Smalling (Giggs 78), Buttner, Scholes (Valencia 68), Cleverley, Kagawa, Welbeck, Hernandez (Van Persie 68).



(roz/mfi)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed