DetikSepakbola
Minggu 12 May 2013, 23:54 WIB

MU Tekuk Swansea dalam Laga Terakhir Fergie di Old Trafford

- detikSport
MU Tekuk Swansea dalam Laga Terakhir Fergie di Old Trafford Matthew Peters/Man Utd via Getty Images
Manchester - Pertandingan terakhir Sir Alex Ferguson di Old Trafford berakhir manis. Manchester United berhasil mengalahkan Swansea City dengan skor 2-1, Minggu (12\/5\/2013) malam WIB.

Ferguson telah mengumumkan akan pensiun di akhir musim atau setelah 26 tahun melatih MU sejak November 1986. Ini sekaligus menjadi laga kandang terakhir gelandang veteran, Paul Scholes yang kembali akan gantung sepatu.

Seusai pertandingan, akan dilakukan prosesi penyerahan trofi juara Premier League kepada \\\'Setan Merah\\\' setelah sebelumnya memastikan gelar juara dengan mengalahkan Aston Villa saat kompetisi masih menyisakan empat laga.

Dengan kemenangan ini, MU saat ini memiliki 88 poin hasil 37 kali berlaga dan Swansea 46 poin dan tidak beranjak dari urutan sembilan klasemen sementara.

Javier \\\'Chicharito\\\' Hernandez membuka skor untuk menutup babak pertama dengan kedudukan 1-0 bagi keunggulan MU. Swansea menciptakan gol balasan melalui Michu di awal babak kedua sebelum Rio Ferdinand memastikan kemenangan tim tuan rumah lewat gol telat.

Jalannya Pertandingan<\/strong>
Hernandez! Di menit kelima, striker Meksiko itu nyaris menciptakan gol untuk MU. Menerima umpan matang Robin Van Persie di kotak, tendangan Hernandez membentur mistar gawang.

MU masih terus mengalirkan serangan ke kubu Swansea. Akan tetapi, hingga 20 menit waktu pertandingan belum mampu menghasilkan peluang berarti.

Ancaman lain dari kubu tuan rumah. Dari kerumuman di depan kotak, Paul Scholes yang mendapat bola melakukan tendangan ke arah gawang, namun masih terlalu lemah sehingga bisa diamankan kiper Gerhard Tremmel.

Klaim penalti dari MU di menit ke-32 setelah Shinji Kagawa dijatuhkan di kotak terlarang. Namun, wasit menganggap bukan pelanggaran. Permainan berlanjut.

Teror lain dari Chicharito. Tiga menit berselang, umpan terobosan dari Van Persie disambut oleh sepakan tapi masih melambung di atas gawang Swansea.

Kebuntuan akhirnya terpecah. Di menit ke-39, Chicharito membawa MU memimpin 1-0 setelah menyapu bola yang gagal diamankan bek Swansea Ashley Williams menyusul tendangan bebas.

Dua menit menjelang waktu normal babak pertama habis, MU hampir menambah keunggulannya. Tendangan Van Persie hasil umpan silang Michael Carrick bikin membuat Tremmel jatuh bangun menyelamatkan gawangnya.

Swansea merespons. Hanya empat menit setelah kickoff babak kedua, tim tamu sukses menyeimbangkan permainan melalui tendangan Michu usai memanfaatkan umpan silang Nathan Dyer.

Peluang lagi buat Swansea, lima menit berselang. Wayne Routledge melewati Rio Ferdinand tapi sepakannya cuma bersarang di samping gawang David de Gea.

Penyelamatan gemilang De Gea! Serangan balik Swansea, Dyer memperdaya sejumlah pemain MU yang diakhiri dengan tendangan ke tiang dekat sebelum ditepis kiper muda Spanyol itu.

Klaim penalti dari Swansea. Tendangan Chico di tengah kotak, mengenai badan Phil Jones akan tetapi rekaman menunjukkan bola mengenai tubuh bukan tangannya.

Chicharito! Danny Welbek menyisir sisi kiri lapangan sebelum melepaskan umpan silang ke tengah kotak, Chicharito mencoba men-sliding tapi bola terlalu deras mengalir.

Anderson langsung memberikan dampaknya setelah masuk menggantikan Scholes. Crossing Antonio Valencia dihalau Tremmel, bola dicecar Anderson dengan tendangan keras. Hasilnya? Melebar tipis ke kiri gawang Swansea.

Setelah beberapa kali percobaannya gagal, gol yang dinanti MU pun tercipta. Diawali dari kegagalan Swansea mengamankan bola sepak pojok Van Persie di dalam kotak, Rio Ferdinand berdiri bebas di tiang jauh menyepak bola kencang-kencang. MU ungguli Swansea 2-1 di menit ke-87.

Memasuki injury time, Van Persie mencoba peruntungannya. Tendangan bomber Belanda dari jarak dekat masih terlalu lemah.

Susunan Pemain<\/strong>
MANCHESTER UNITED: De Gea, Jones, Ferdinand, Vidic, Evra, Carrick, Scholes (Anderson 66), Welbeck (Valencia, Kagawa, Hernandez (Giggs 75), Van Persie

SWANSEA: Tremmel, Taylor (Davis 66), Chico, Williams, Tiendalli, Dyer, Routledge, Britton, de Guzman, Hernandez (Agustien 87), Michu (Rangel 74)

(rin/nds)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed