DetikSepakbola
Senin 04 Feb 2013, 04:48 WIB

Balotelli Dua Gol, Milan Tundukkan Udinese 2-1

- detikSport
Balotelli Dua Gol, Milan Tundukkan Udinese 2-1 Getty Images/Claudio Villa
Milan - Mario Balotelli langsung unjuk kemampuan di laga debutnya bersama AC Milan. Striker anyar Rossoneri<\/em> itu mencetak dua gol yang memastikan kemenangan timnya atas Udinese dengan skor 2-1

Baru resmi dibeli Milan dari Manchester City dengan banderol 20 juta euro, Balotelli langsung dimainkan sebagai starter bersama Stephan El Shaarawy dan M\\\'Baye Niang di lini depan. Kepercayaan tersebut langsung dibayar Balotelli dengan penampilan meyakinkan dan dua gol yang dia buat di masing-masing babak.

Gol pertama Balotelli membuat Milan unggul di menit 23, namun berhasil disamakan Udinese melalui Giampiero Pinzi pada menit 55. Milan dan Udinese sepertinya akan bermain imbang karena hingga menit 90 kedudukan masih 1-1. Tapi penalti yang diberikan wasit untuk tuan rumah di menit 93 dan dieksekusi dengan sempurna oleh Balotelli membuat tiga poin didapat pasukan Massimiliano Allegri.

Kemenangan ini mengantar Milan naik ke posisi empat klasemen sementara dengan poin 40. Jumlah tersebut sama dengan yang dipunya Inter Milan, tapi Diavolo Rosso <\/em>unggul selisih gol.

Sementara Udinese tertahan di posisi sembilan dengan poin dikumpulkan berjumlah 33.

Jalannya Pertandingan<\/strong>

Pertandingan baru berjalan 35 detik saat Milan memiliki peluang pertama mencetak gol ketika tendangan mendatar Balotelli dari luar kotak penalti menyamping tipis di tiang jauh gawang Udinese. Bermain dengan tempo tinggi di menit-menit awal, Rossoneri tampil sangat dominan dan tak memberi ruang buat tamunya membangun serangan.

Beberapa menit berselang M\\\'Baye Niang punya dua peluang beruntun bikin gol. Yang pertama saat dia menerima umpan terobosan pendek dari Balotelli namun sepakannya saat tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper masih gagal menjadi gol. Dari momen tersebut bola yang melambung tinggi kembali bisa ditanduk ke arah gawang, namun sekali lagi upayanya tak membuahkan hasil karena si kulit bundar dihalau bek Udinese tepat di garis gawang.

Peluang berikutnya yang dipunya Milan tercipta di menit 17, ketika tandukan Stephan El Shaarawy menyongsong crossing Ignazio Abate melayang tipis di atas gawang.

Milan akhirnya bisa mencetak gol di menit 23 melalui Balotelli. Gol ini diawali tusukan El Shaarawy di sisi kiri, di mana dia berhasil masuk sampai kotak penalti. Umpan yang dilepaskan pemain berdarah Mesir itu sempat berbelok karena membentur kaki pemain lawan namun arahnya justru tepat ke Balotelli, yang langsung disambarnya dengan tendangan kaki kiri. Sepakan dari jarak dekat itu menjebol gawang Udinese.

Tiga menit berselang Balotelli nyaris menciptakan gol keduanya. Melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti, upaya Super Mario menempatkan bola ke tiang jauh gagal karena kiper Daniele Padelli melakukan penyelamatan gemilang.

Empat menit sebelum turun minum Milan menciptakan peluang lainnya lewat serangan yang terbangun rapi. Dimulai dari Balotelli yang menyodorkan bola pada El Shaarawy, dia kemudian menusuk masuk ke kotak penalti dan melepaskan umpan mendatar pada Flamini yang datang dari belakang. Upaya tersebut tak membuahkan hasil karena sepakan Flamini terhadang bek Udinese yang menjatuhkan diri mengamankan pertahanannya.

Milan menurunkan intensitas permainannya di babak kedua. Ditambah kecerobohan lini belakang saat laga masuk menit 55, gawang tuan rumah berhasil dibobol. Adalah Pinzi yang berhasil melesakkan bola ke dalam gawang menyusul serangan yang dibangun dari sisi kanan. Di awal babak kedua Udinese berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Di menit 62 menyusul kesalahan yang dilakukan Riccardo Montolivo gawang Milan nyaris kembali kemasukan. Milan beruntung bola lob yang dilepaskan Muriel gagal menemui sasaran karena melayang terlalu tinggi.

Balotelli nyaris mencetak gol keduanya di menit 68, namun kali ini sepakan yang dia lepaskan dari dalam kotak penalti bisa diredam kiper Padelli. Kesempatan lain dipunya Milan melalui Niang tepat pada menit 76, sepakan keras yang dia lepaskan dari tengah kotak penalti membentur mistar gawang dan mental menjauhi kotak penalti.

Dua menit sebelum laga tuntas Balotelli nyaris membeli Milan gol penentu kemenangan. Tendangan bebas yang dia lepaskan di muka kotak penalti dan diarahkan ke sudut bawah gawan berhasil terbaca kiper Padelli.

Saat pertandingan sepertinya akan berakhir imbang, Milan dapat penalti dari wasit. Sang pengadil menganggap El Shaarawy dilanggar di dalam kotak penalti, hal mana dapat protes keras dari banyak pemain Udinese. Tayangan ulang menunjukkan kalau tekel yang dilakukan bek Udinese bersih mengenai bola, baru kemudian menyambar kaki El Shaarawy.

Wasit bergeming pada keputusannya. Dan Balotelli yang maju sebagai eksekutor menuntaskan tugasnya dengan sempurna. Gol yang dia buat memastikan Milan menang 2-1 dan naik ke posisi empat klasemen.

Susunan Pemain<\/strong>

Milan: Amelia; Abate, Zapata, Bonera, Constant; Flamini (Traore 85), Montolivo, Nocerino (Bojan 68); Niang (Robinho 80), Balotelli, El Shaarawy

Udinese: Padelli; Heurteaux, Danilo, Domizzi, Gabriel Silva; Basta, Pinzi (Merkel 80), Allan, Lazzari; Muriel (Pereyra 68); Di Natale

(din/mfi)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Everton Bertekad Lanjutkan Tren Positif

    Sepakbola | Jumat 30 Sep 2016, 06:23 WIB Everton memulai Premier League 2016/2017 dengan baik. Manajer The Toffees, Ronald Koeman, pun bertekad untuk melanjutkan tren bagus itu selama mungkin.
  • Dari Zarate untuk Sang Istri Tercinta

    Sepakbola | Jumat 30 Sep 2016, 06:13 WIB Mauro Zarate melakukan perayaan gol yang emosional setelah membobol gawang Qarabag. Penyerang Fiorentina itu mempersembahkan golnya untuk sang istri tercinta.
  • Ibra: Yang Penting MU Menang

    Sepakbola | Jumat 30 Sep 2016, 05:44 WIB Zlatan Ibrahimovic mengakui, Manchester United tak mengeluarkan kemampuan terbaiknya melawan Zorya Luhansk. Namun, menurut Ibra, kemenangan MU yang terpenting.
  • Hasil Lengkap Matchday II Liga Europa

    Sepakbola | Jumat 30 Sep 2016, 05:38 WIB Matchday II Liga Europa telah rampung. Berikut adalah hasil pertandingan-pertandingan dari Grup A hingga Grup L yang berlangsung Jumat (30/9) dini hari WIB.
  • Inter Telat Panas di Praha

    Sepakbola | Jumat 30 Sep 2016, 05:14 WIB Inter Milan tampil di bawah ekspektasi mereka pada laga di kandang Sparta Praha. Nerazzurri juga disebut telat panas pada pertandingan tersebut.
  • Liga Europa

    Roma Gasak Astra 4-0

    Sepakbola | Jumat 30 Sep 2016, 04:05 WIB AS Roma memperoleh kemenangan pertamanya di Liga Europa. Bermain di depan pendukungnya sendiri, Roma menggasak klub Rumania, Astra, dengan skor akhir 4-0.
  • Liga Europa

    Gol Tunggal Ibrahimovic Menangkan MU

    Sepakbola | Jumat 30 Sep 2016, 03:55 WIB Manchester United sempat kesulitan ketika bertanding melawan wakil Ukraina, Zorya Luhansk. Namun, mereka akhirnya menang 1-0 lewat gol Zlatan Ibrahimovic.
  • Inter Tumbang, De Boer Frustrasi

    Sepakbola | Jumat 30 Sep 2016, 03:35 WIB Inter Milan tampil buruk sehingga tersungkur di markas Sparta Praha dengan skor 1-3. Pelatih Inter Frank de Boer merasa frustrasi dengan hasil ini.
  • Giroud Didukung untuk Kembali ke Performa Terbaik

    Sepakbola | Jumat 30 Sep 2016, 03:11 WIB Olivier Giroud telah kehilangan tempatnya di tim inti Arsenal. Pelatih timnas Prancis Didier Deschamps mendukung Giroud mendapatkan lagi performa terbaiknya.
  • Liga Europa

    Fiorentina Gilas 10 Pemain Qarabag 5-1

    Sepakbola | Jumat 30 Sep 2016, 02:34 WIB Fiorentina menang besar di matchday 2 Liga Europa. La Viola menggilas klub Azerbaijan, Qarabag, dengan skor 5-1.
  • Liga Europa

    Inter Telan Kekalahan di Kandang Sparta Praha

    Sepakbola | Jumat 30 Sep 2016, 01:58 WIB Inter Milan kembali menelan kekalahan pada laga kedua di fase grup Liga Europa. Nerazzurri menyerah dengan skor 1-3 dari klub Republik Ceko, Sparta Praha.
  • Jelang Liga Inggris

    Melawat ke Swansea, Saatnya Liverpool Balas Dendam

    Sepakbola | Jumat 30 Sep 2016, 01:02 WIB Liverpool sedang menikmati rangkaian laju impresif. Melawat ke Swansea City akhir pekan ini, Liverpool mesti bisa membalas kekalahannya di musim lalu.
  • Klopp: Jangan Cepat Puas, Liverpool!

    Sepakbola | Jumat 30 Sep 2016, 00:04 WIB Liverpool mengawali musim ini dengan sangat baik dan menampilkan performa mengesankan. Meski demikian, The Reds diperingatkan untuk tak cepat puas.
  • Eks Pemain PSG Kritik 'Si Pemalas' Di Maria

    Sepakbola | Kamis 29 Sep 2016, 19:55 WIB Angel Di Maria memang punya skill mumpuni sebagai pesepakbola. Namun, Di Maria kembali dikritik soal sikap malasnya di atas lapangan.
  • Liga Champions: Atletico Madrid 1-0 Bayern Munich

    Serangan Balik Cepat Atletico Buyarkan Mimpi Kemenangan Bayern

    Sepakbola | Kamis 29 Sep 2016, 17:47 WIB Mengandalkan pertahanan kokoh dan serangan balik cepat, Atletico Madrid berhasil mengalahkan Bayern dengan skor 1-0 lewat gol tunggal Yannick-Ferreira Carrasco.
  • Jelang Liga Europa

    Inter Disebut Harus Mampu Atasi Masalah Psikologis

    Sepakbola | Kamis 29 Sep 2016, 17:21 WIB Menjelang laga lawan Sparta Praha, kiper Inter Milan Samir Handanovic menyebut timnya harus mengatasi masalah psikologis dan tak mengulangi kesalahan Lazio.
  • Jelang Liga Europa

    Hati-Hati, Roma!

    Sepakbola | Kamis 29 Sep 2016, 15:44 WIB Meski di atas kertas lebih diunggulkan, AS Roma diharapkan berhati-hati ketika menjamu Astra Giurgiu. Luciano Spalletti memperkirakan sebuah laga sulit.
  • Higuain Pelan-Pelan Mulai 'Ganas'

    Sepakbola | Kamis 29 Sep 2016, 14:39 WIB Gonzalo Higuain mengakui proses adaptasinya dengan Juventus berjalan lamban. Meski demikian, Higuain mengklaim kini dirinya mulai mencapai kondisi terbaiknya.
  • Walcott Sedang 'Panas'

    Sepakbola | Kamis 29 Sep 2016, 13:52 WIB Theo Walcott sedang 'panas' di Arsenal. Gol-gol mengalir dari kaki-kaki dan kepalanya. Arsenal pun punya opsi lain di lini depan untuk musim ini.