DetikSepakbola
Minggu 12 May 2013, 05:02 WIB

Madrid Diimbangi Espanyol, Barcelona Resmi Juara La Liga

- detikSport
Madrid Diimbangi Espanyol, Barcelona Resmi Juara La Liga Getty Images
Barcelona - Barcelona akhirnya dipastikan menjadi juara La Liga 2012\/2013. Meski baru akan bertanding Minggu (12\/5\/2013) malam nanti, The Catalas<\/em> sudah jadi kampiun karena Real Madrid cuma bermain imbang 1-1 dengan Espanyol.

Dalam pertandingan yang dilangsungkan di Estadi Cornella-El Prat, Espanyol unggul lebih dulu melalui gol yang dibuat Stuani pada manit 23. Madrid terhindar dari kekalahan setelah Gonzalo Higuain mencetak gol penyama di menit 13 babak kedua.

Hasil imbang ini membuat Madrid mengumpulkan 81 poin dari 36 pertandingan yang sudah dijalani atau terpaut tujuh dari Barcelona yang baru akan melakoni pertandingan ke-35 malam nanti dengan melawat ke Atletico Madrid. Barca pun dipastikan tak terkejar lagi poinnya sehingga memastikan diri menjadi juara Liga Spanyol 2012\/2013.

Ini menjadi titel nomor 22 buat Barcelona sepanjang sejarah La Liga, atau yang keempat dalam lima musim terakhir.

Jalannya Pertandingan<\/strong>

Meski tak menurunkan kekuatan terbaiknya sejak menit awal, Madir lebih dulu punya peluang bikin gol saat tusukan Morata dihentikan kiper Francisco Casilla di dalam kotak penalti. Beberapa menit berselang Morata kembali menebar ancaman, saat dia terlambat menyambar umpan silang yang dilepaskan Higuain di menit 14.

Di menit 23 gol akhirnya tercipta, namun justru Espanyol yang lebih dulu membuatnya. Dari skenario tendangan sudut yang memunculkan kemelut di dalam kotak penalti, Stuani berhasil menyambar bola dan melesakkannya ke dalam gawang. Espanyol unggul 1-0.

Kerjasama segitiga antara Luka Modric, Angel di Maria dan Morata di menit 35 nyaris memberi Madrid gol penyama. Namun eksekusi yang dilakukan oleh Morata tepat mengarah ke kiper sehingga peluang mencetak gol penyeimbang kembali gagal.

Dalam posisi tertinggal, Jose Mourinho memasukkan Karim Benzema di awal babak kedua. Tak lama kemudian Cristiano Ronaldo juga diberi kesempatan masuk lapangan. Dan pergantian pemain tersebut memberi pengaruh positig buat El Real karena tak lama kemudian mereka berhasil mencetak gol penyama.

Tepatnya di menit 58 skor berubah menjadi 1-1. Menyongsong tendangan bebas yang dilepaskan Modric, Higuain membelokkan si kulit bundar dengan kepalanya ke dalam gawang.

Pada menit 78 Espanyol punya peluang untuk kembali unggul. Dari sebuah tendangan bebas, kemelut terjadi di dalam kotak penalti Madrid. Bola yang dibelokkan Forlin mengarah ke Stuani. Namun kali ini dia gagal menjebol gawang Madrid karena dikawal dengan sangat baik oleh Michael Essien.

Tak ada gol tambahan berhasil dibuat kedua kubu hingga laga tuntas. Skor 1-1 pun menjadi hasil akhir laga ini.

Susunan Pemain:<\/strong>

Espanyol: Casilla, Lopez, Colotto, Moreno, Capdevila, Sanchez, Forlin, Mubarak (\\\'90 Raul Baena), Verdu (\\\'82 Simao), Garcia, Stuani

Madrid: Lopez, Albiol, Carvalho, Varane (\\\'19 Xabi Alonso), Nacho, Essien, Modric, di Maria, Kaka (\\\'57 Ronaldo), Morata (\\\'45 Benzema), Higuain

(din/cas)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Pioli: Bukan Performa Terbaik Inter

    Sepakbola | Senin 20 Feb 2017, 02:14 WIB Pelatih Inter Milan Stefano Pioli mengakui timnya tak mengeluarkan performa terbaik saat melawan Bologna. Meski begitu, Pioli senang karena timnya tetap menang.
  • Roma Libas Torino 4-1

    Sepakbola | Senin 20 Feb 2017, 02:00 WIB AS Roma kembali meraih kemenangan telak setelah beberapa hari lalu menghajar Villarreal di Liga Europa. Giallorossi menang 4-1 atas Torino di Serie A.
  • Napoli Tekuk Chievo 3-1

    Sepakbola | Minggu 19 Feb 2017, 23:16 WIB Napoli langsung bangkit setelah dikalahkan Real Madrid di arena Liga Champions. Partenopei menekuk Chievo dalam lanjutan Serie A dengan skor 3-1.
  • Inter Paling Subur pada 15 Menit Akhir Laga

    Sepakbola | Minggu 19 Feb 2017, 22:07 WIB Inter Milan memetik kemenangan dramatis saat melawat ke markas Bologna. Nerazzurri menjadi tim yang produktif di 15 menit akhir pertandingan.
  • Piala Presiden

    Madura United Akhiri Babak Grup dengan Kemenangan

    Sepakbola | Minggu 19 Feb 2017, 20:59 WIB Kemenangan tipis diraih Madura United di laga terakhir babak grup Piala Presiden 2017. Menghadapi PSCS Cilacap, Madura United memenangi laga dengan skor 1-0.
  • Tentang Kartu Merah Ketiga Balotelli di Nice

    Sepakbola | Minggu 19 Feb 2017, 19:26 WIB Mario Balotelli mendapat kartu merah ketiganya di Nice. Kartu itu didapatnya usai mencaci wasit, kendatipun Balotelli tidak disalahkan pelatihnya.
  • Liga Champions

    Dani Alves Yakin Barca Mampu Comeback

    Sepakbola | Minggu 19 Feb 2017, 16:02 WIB Barcelona dihadapkan tugas mahaberat untuk lolos ke perempatfinal, menyusul kekalahan telak di leg I. Dani Alves tetap yakin Barca bisa memenuhi tugas tersebut.
  • Torehan Seabad Lincoln City

    Sepakbola | Minggu 19 Feb 2017, 13:47 WIB Lincoln City sukses menembus perempatfinal Piala FA untuk menghadirkan torehan istimewa berusia lebih dari 100 tahun alias seabad.
  • Usai 413 Menit, Diego Costa Cetak Gol Lagi

    Sepakbola | Minggu 19 Feb 2017, 08:00 WIB Diego Costa mampu buka puasa gol untuk Chelsea. Penyerang asal Spanyol itu turut menjadi kemenangan The Blues di ajang Piala FA.
  • Jelang Barcelona vs Leganes

    Bisa Bangkit, Barca?

    Sepakbola | Minggu 19 Feb 2017, 07:56 WIB Luis Enrique ingin Barcelona segera melupakan kekalahan dari Paris Saint Germain. Enrique menantikan reaksi Barca di pertandingan melawan Leganes.
  • Bale Masih Belum 100%

    Sepakbola | Minggu 19 Feb 2017, 07:11 WIB Gareth Bale masih butuh waktu untuk mengembalikan dirinya ke puncak performa. Tapi itu tak akan menghalangi tekadnya untuk mengantar Real Madrid jadi juara.
  • 'Chelsea Raih Hasil Maksimal karena Tetap Kompak'

    Sepakbola | Minggu 19 Feb 2017, 07:01 WIB Chelsea harus bersusah payah untuk mengalahkan Wolverhampton Wanderers di laga Piala FA. Hasil disebut sebagai buah dari kekompakan tim asal London barat itu.