DetikSepakbola
Kamis 31 Jan 2013, 10:47 WIB

Varane Bintang Bernabeu

- detikSport
Varane Bintang Bernabeu AFP/Javier Soriano
Madrid - Bukan Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi yang jadi bintang El Clasico<\/span><\/strong><\/a> di Santiago Bernabeu, Kamis (31\/1\/2013) dinihari WIB. Raphael Varane-lah pemain dengan sinar paling terang di Bernabeu.

Sebelum laga leg pertama semifinal Copa del Rey antara Real Madrid dan Barcelona digelar, Ronaldo dan Messi digadang-gadang akan jadi penentu. Maklum, mereka adalah pemain terbaik sekaligus mesin gol di tim masing-masing dalam waktu beberapa tahun terakhir.

Di El Clasico sebelumnya yang berakhir 2-2, Oktober tahun lalu, Ronaldo dan Messi juga jadi sorotan. Mereka memborong semua gol yang tercipta di laga itu.

Namun, yang paling mencuri perhatian dari El Clasico dinihari tadi bukan Ronaldo atau Messi. Performa keduanya tertutupi oleh penampilan brilian yang ditunjukkan oleh Varane.

Varane sebenarnya bukan bek tengah utama Madrid. Pemain berusia 19 tahun itu dipasang karena Sergio Ramos dan Pepe absen. Sebagai informasi, laga dinihari tadi adalah debut Varane di El Clasico. Dia dipasangkan dengan bek senior Ricardo Carvalho.

Dengan usianya yang masih sangat muda, Varane ternyata tidak gugup menghadapi gempuran bergelombang yang dilancarkan Barca. Dia malah membuat sejumlah aksi penting yang menghindarkan Madrid dari kebobolan. Beberapa di antaranya adalah saat dia membendung tembakan Xavi Hernandez di garis gawang dan melancarkan tekel bersih ke Cesc Fabregas yang punya peluang besar mencetak gol.

Aksi terbaik Varane tentu saja saat dia mencetak gol, sembilan menit sebelum berakhirnya waktu normal. Sundulannya meneruskan umpan silang Mesut Oezil menjebol gawang Barca yang dijaga Jose Pinto. Gol tersebut membuat Madrid menyamakan skor menjadi 1-1, setelah Barca unggul duluan lewat gol Fabregas.

\\\"Saya sangat senang dengan bagaimana saya bermain. Bagi saya, ini luar biasa dan bisa mencetak gol adalah sebuah mimpi. Ini adalah laga terbaik saya di Real Madrid,\\\" aku Varane di situs resmi klub.

Atas penampilan cemerlangnya, pemain Prancis ini mendapatkan pujian dari asisten pelatih Madrid, Aitor Karanka.

\\\"Varane, di posisi bek tengah, tampil sangat maksimal. Dia berusia 19 tahun dan penampilannya sempurna,\\\" kata Karanka.

\\\"Dia mencetak gol penyama, dia menghentikan bola di garis gawang. Itu akan sangat membantunya dalam perkembangannya. Dia cerdas dan akan terus berkembang,\\\" ujarnya.


(mfi/krs)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed