Rabu, 30/05/2012, 14:53 WIB

Belanda dan Momen Gemilang 1988

- detikSport
Belanda dan Momen Gemilang 1988 Getty Images
Jakarta - Meski pernah masuk final Piala Dunia 1974, 1978, dan 2010, sejauh ini puncak kejayaan Belanda adalah di tahun 1988, ketika mereka memenangi trofi besar pertamanya.

Berikut ini beberapa fakta terkait gelaran Piala Eropa 1988<\/strong><\/span><\/a>, yang putaran finalnya dihelat di Jerman Barat, dan dimenangi oleh Belanda, sebagaimana dilansir dari situs resmi UEFA:

> 1988 adalah satu-satunya tahun saat timnas juara Eropa dan klub pemenang Liga\/Piala Champions berasal dari negara yang sama: Belanda dan PSV Eindhoven.

> Sebulan setelah membantu PSV Eindhoven memenangi Piala Champions, Hans van Breukelen, Ronaldo Koeman, Berry van Aerle dan Gerarld Vanenburg menjadi starter di final Euro 1988.

> Marco van Basten, yang menjadi top skorer turnamen dengan lima gol, nyaris tidak mengikuti turnamen ini karena kerap diganggu cedera di musim itu. Ia mau diyakinkan untuk berangkat ke Jerman Barat setelah dibujuk antara lain oleh Johan Cruyff.

> Setelah absen berturut-turut di Piala Dunia 1982, Piala Eropa 1984 dan Piala Dunia 1986, Belanda akhirnya meraih gelar pertamanya di kompetisi besar. Meskipun kalah di pertandingan pertamanya di babak grup dari Uni Soviet, setelah itu tim yang dilatih Rinus Michel itu menundukkan Inggris dan Republik Irlandia di grup; tuan rumah Jerman Barat di semifinal, dan Uni Soviet di final.

> Selebrasi setelah pertandingan semifinal disebut-sebut sebagai ajang berkumpulnya orang-orang dalam jumlah paling besar di Belanda sejak berbagai event di akhir Perang Dunia II di negara tersebut.

> Kalah 0-2 dari Belanda di pertandingan final di Munich, Uni Soviet tetap satu-satunya tim yang kalah tiga kali di final Piala Eropa. Sebelumnya mereka juga jadi runner-up<\/em> di tahun 1964 dan 1972.

> Peter Shilton menjadi pemain Inggris keempat yang meraih 100 caps ketika timnya menghadapi Belanda pada 15 Juni. Tapi ia kebobolan tiga gol oleh Marco van Basten, Inggris kalah 1-3.

> Uni Soviet menjadi tim pertama yang menjadi finalis empat kali di Piala Eropa. Namun mereka juga menjadi yang pertama kalah tiga kali berturut-turut di partai puncak. Di 1988 mereka takuk 0-2 dari Belanda. Itulah penampilan terakhir mereka di Piala Eropa dengan nama Uni Soviet (USSR).


(a2s/a2s)
Komentar ...