Minggu, 17/06/2012, 13:05 WIB

10 Kali Berjumpa, Belanda Cuma Sekali Kalahkan Portugal

- detikSport
10 Kali Berjumpa, Belanda Cuma Sekali Kalahkan Portugal Portugal vs Belanda di semifinal Euro 2004 (Getty Images)
Jakarta - Belanda berpotensi mengukir beberapa catatan negatif jika kalah dan tidak lolos dari grupnya. Portugal punya rapor bagus dan superior dalam menghadapi lawannya itu.

Berikut ini beberapa fakta terkait pertarungan kedua tim di laga terakhir Grup B Piala Eropa 2012 di Metalist Stadium, Kharkiv, Ukraina, Senin (18\/6\/2012) dinihari WIB, seperti dirangkum BBC <\/em>dan Reuters:<\/em>


Head-to-head<\/strong><\/em>

- Belanda cuma menang satu kali dari 10 pertemuan sebelumnya dengan Portugal. Kemenangan itu terjadi di babak kualifikasi Piala Eropa 1992, pada Oktober 1991.

- Portugal menang enam kali, dan tiga laga sisanya berakhir seri. Dua dari enam kemenangan tersebut terjadi di turnamen besar: Piala Eropa 2004 dan Piala Dunia 2006.

- Dari 10 pertemuan itu Portugal enam kali tidak kebobolan.

- Duel mereka di Piala Dunia 2006 menyamai sebuah rekor, yakni 16 kartu kuning, yang berbuah empat kartu merah, masing-masing dapat dua.

- Dari lima turnamen besar terakhir, ini adalah kali ketiga Portugal dan Belanda saling berhadapan.

Portugal<\/strong>

- Portugal adalah satu-satunya negara dalam sejarah Piala Eropa yang tak pernah terlempar dari babak penyisihan grup, sejak format ini diterapkan dan mereka tampil di putaran final.

- Dari 14 pertandingannya di putaran final Piala Eropa, mereka menang 12 kali dan selalu mencetak gol lebih dulu (seri sekali, kalah sekali).

- Lima gol terakhir yang bersarang di gawang mereka di pertandingan Piala Eropa adalah gol sundulan pemain lawan-lawannya.

- Cristiano Ronaldo telah melakukan 10 tembakan selama Euro 2012, tapi belum mencetak gol. Meski demikian, saat Portugal menang 2-1 atas Belanda di semifinal Euro 2004 di Lisbon, ia membuat satu gol.

Belanda<\/strong>

- Belanda tak pernah tereliminasi dari babak grup turnamen besar sejak Euro 1980.

- Dalam sejarahnya, baru kali ini Belanda kalah dua kali berturut-turut di sebuah Piala Eropa.

- Jika dimainkan, kiper Maarten Stekelenburg akan melakoni pertandingan internasionalnya yang ke-50.


(a2s/a2s)
Komentar ...