Jumat, 22/06/2012, 03:37 WIB

Ronaldo Antarkan Portugal ke Semifinal

- detikSport
Ronaldo Antarkan Portugal ke Semifinal (Getty Images/Michael Steele)
Warsawa - Portugal sukses memetik kemenangan 1-0 atas Republik Ceko di babak perempatfinal. Cristiano Ronaldo mencetak satu-satunya gol yang mengantar Portugal ke babak semifinal.

Memainkan laga perempatfinal di di National Stadium, Warsawa, Jumat (22\/6\/2012) dinihari WIB Portugal turun dengan kekuatan terbaiknya. Sementara Ceko tak diperkuat oleh Tomas Rosicky yang belum pulih dari cedera.

Kedua tim sama-sama menciptakan peluang di babak pertama. Namun di paruh pertama, tak ada gol yang tercipta.

Baru di babak kedua Portugal mampu memecah kebuntuan. Terus menyerang, Ronaldo akhirnya membobol gawagn Cech lewat sundulan di menit ke-78.

Kemenangan ini mengantar Portugal ke babak semifinal. Di babak empat besar nanti, Portugal akan menghadapi pemenang dari laga antara Spanyol kontra Prancis.

Jalannya Pertandingan<\/strong>
Ceko mendapat peluang lebih dulu di menit ketujuh. Bergerak dari sisi kiri, Petr Jiracek kemudian melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti. Tapi bola masih mengenai pemain belakang Portugal dan hanya membuahkan sepak pojok bagi Ceko.

Portugal menciptakan peluang lima menit kemudian. Berawal dari sepak pojok, Portugal membangun serangan yang kemudian diakhiri oleh tembakan Joao Moutinho dari luar kotak penalti. Namun bola jatuh tepat di pelukan Petr Cech.

Ceko kembali menyerang. Darida yang bergerak di sisi kanan melepaskan umpan ke dalam kotak penalti. Tapi umpan tersebut tak mampu dijangkau oleh Milan Baros yang ada di depan gawang.

Serangan Portugal di menit ke-24 sempat membahayakan gawang Ceko. Namun tembakan Ronaldo berhasil diblok oleh Cech. Selain itu, Ronaldo lebih dulu dianggap melakukan pelanggaran pada Michal Kadlec.

Ronaldo! Tendangan saltonya masih menyamping di sisi kiri gawang Cech.

Portugal kembali dapat peluang, kali ini lewat tendangan bebas setelah David Limbersky melanggar Nani. Tapi eksekusi Ronaldo masih melenceng dari sasaran.

Ronaldo! Sepakan kerasnya dari jarak dekat masih membentur tiang gawang.

Memasuki babak kedua, Portugal langsung mengambil inisiatfi serangan. Hugo Almeida menyambut umpan Raul Meireles dengan sundulan tapi bola masih melambung.

Peluang Portugal untuk mengubah skor lewat tendangan bebas Ronaldo belum membuahkan hasil. Tembakan Ronaldo lagi-lagi mengenai tiang gawang dan bola keluar lapangan.

Ronaldo kembali mengancam gawang Ceko. Kali ini menerima umpan Meireles, Ronaldo yang mendapat kawalan masih bisa melepaskan tembakan yang belum menemui sasaran.

Nani! Sepakannya dari luar kotak penalti masih mampu ditepis oleh Cech dan bola kemudian dihalau oleh Gebre Selassie.

Portugal sempat mencetak gol di menit ke-60 lewat sundulan Almeida. Namun wasit menganulirnya karena Almeida sudah terlebih dulu terjebak offside sebelum menerima umpan dari Nani.

Cech kembali melakukan penyelamatan bagus. Kali ini sepakan keras Moutinho dari luar kotak penalti berhasil ia tepis.

Portugal yang terus menyerang kembali dapat peluang bagus di menit ke-74. Menerima umpan dari Meireles, Nani kemudian melepaskan tembakan. Tapi bola masih mengenai kaki Kadlec dan hanya menghasilkan sepak pojok untuk Portugal.

Gol! Ronaldo! Umpan silang dari sisi kanan yang dilepaskan oleh Moutinho ditanduk dengan keras oleh Ronaldo untuk merobek gawang Cech. Ceko 0 Portugal 1.

Sudah unggul 1-0, Portugal sedikit mengendurkan serangan. Tapi mereka kembali dapat peluang di menit ke-82. Joao Pereira melepaskan tembakan dan masih mampu diselamatkan oleh Cech.

Susunan Pemain:<\/strong>
Republik Ceko: Cech; Limbesrky, Kadlec, Sivok, Gebre Selassie; Plasil, Hubschmann (Pekhart 86\\\'); Pilar, Darida (Rezek 60\\\'), Jiracek; Baros.

Portugal: Rui Patricio; Coentrao, Alves, Pepe, Perreira; Moutinho, Veloso, Meireles (Rolando ; Ronaldo, Postiga (Almeida 39\\\'), Nani (Custodio 84\\\').
(roz/mfi)
Komentar ...