MustRead close

Jelang City vs Madrid

Ronaldo Kembali ke Kota Manchester

Andi Abdullah Sururi - detikSport
Senin, 19/11/2012 14:43 WIB
Ronaldo Kembali ke Kota Manchester Denis Boyle/Getty Images
Jakarta - Untuk pertama kalinya sejak tiga tahun lalu, Cristiano Ronaldo akan kembali bermain di kota yang pernah melahirkannya sebagai pesepakbola hebat dan terkenal: Manchester.

Bakat besar Ronaldo memang pertama kali diasah oleh Sporting Lisbon. Namun, tak bisa dipungkiri bahwa yang menjadikannya seperti sekarang adalah Manchester United. Pada musim panas 2003, ketika umurnya masih 18 tahun, Sir Alex Ferguson sendiri yang menginginkan dia masuk Old Trafford.

Demi melihat talenta anak Portugal itu, MU sampai berani mengeluarkan uang yang tergolong banyak untuk ukuran pemain yang belum 20 tahun saat itu: 12,24 juta poundsterling.

Cerita Ronaldo pun menjadi cerita milik "Setan Merah". Salah satu kisah awal pria kelahiran 5 Februari 1985 itu adalah soal nomor punggung 7, yang pernah dipakai pemain-pemain hebat seperti George Best, Bryan Robson, Eric Cantona, dan David Beckham.

"Setelah bergabung, manajer bertanya aku ingin pakai nomor berapa. Aku bilang 28 (Ronaldo memakai nomor ini di Sporting—Red). Tapi Ferguson berkata,' Tidak. Kamu akan pakai nomor 7."

Selama enam tahun Ronaldo pun berkarier di MU dan menjadi sebuah ikon. Setelah itu masanya selesai. Pada musim panas 2009 MU melegonya ke Real Madrid seharga 80 juta poundsterling, yang menjadikannya pemain termahal dunia hingga saat ini.

Hari Rabu (21/11) lusa, atau Kamis dinihari WIB, Ronaldo akan kembali menjejak tanah kota Manchester. Hanya saja stadion yang akan ia singgahi bukanlah Old Trafford melainkan Etihad, markas Manchester City. Klub rival MU itu akan menjamu Real Madrid di Matchday V Liga Champions musim ini.

Terakhir kali Ronaldo bermain di kota Manchester adalah pada 16 Mei 2009, saat MU bermain 0-0 melawan Arsenal di pertandingan Premier League di stadion berjulukan "Theatre of Dream".

Apakah pada lawatannya besok ia akan bertemu "keluarga lamanya", belum bisa dipastikan. Sebabnya, sehari sebelumnya pasukan MU bertanding di Istanbul, Turki, melawan Galatasaray.

Hanya saja ia sudah "disambut" oleh Sir Alex, yang kemarin mengekspresikan kerinduannya pada salah satu anak asuhan terbaiknya itu. Secara sadar Fergie melontarkan sebuah harapan bahwa Ronaldo suatu saat bisa bermain lagi di MU.

"Aku rasa takkan terjadi, tapi aku ingin berpikir hal itu mungkin saja terjadi. Kita sedang membicarakan uang dalam jumlah sangat besar. Berapa harga dia? Dia anak yang sehat, tak pernah cedera, tak pernah kehilangan pertandingan," tutur Fergie.

"Dia selalu ingin bermain untuk Real Madrid. Itu mimpi dia waktu kecil, dan dia telah mendapatkannya. Tapi aku tidak bilang dia akan di sana selamanya.

"Ada saja kemungkinan bahwa dia akan pindah. Kita tak pernah tahu. Tapi saat ini dia memang tak bisa dibeli. Siapa yang sanggup membeli dia? Sebuah klub Rusia mungkin. Tapi apa kalian pikir dia ingin bermain di Rusia?"

Apapun, Ronaldo lusa akan berada di Manchester, bermain di lapangan City sembari mengenang-ngenang sedikit masa lalunya di kota tersebut. Di lapangan, ia bisa saja mengobrol dengan bekas rekannya di Old Trafford: Carlos Tevez.

(a2s/rin)
Baca Juga


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi : sales[at]detik.com
Klasemen
HasilAkhir
    Tanggal Home Score Away
    28/10/2012 Chelsea 0 - 0 Manchester United
    28/10/2012 Stoke City 0 - 0 Sunderland
    13/05/2012 Swansea City 1 - 0 Liverpool
    Selengkapnya »
    Tanggal Home Score Away
    15/12/2012 Bayer Leverkusen 0 - 0 Hamburger SV
    15/12/2012 Bayern München 0 - 0 Borussia M'gladbach
    05/05/2012 FC Augsburg 1 - 0 Hamburger SV
    Selengkapnya »