MustRead close

Coppa Italia

Juventus Kalahkan Milan Lewat Perpanjangan Waktu

Doni Wahyudi - detikSport
Kamis, 10/01/2013 05:20 WIB
Juventus Kalahkan Milan Lewat Perpanjangan Waktu Getty Images/Valerio Pennicino
Turin - Tertinggal lebih dulu, Juventus akhirnya memetik kemenangan 2-1 atas AC Milan di perempatfinal Coppa Italia. Gol penentu kemenangan Bianconeri datang di periode perpanjangan waktu lewat Mirko Vucinic.

Berlaga di Juventus Stadium, Kamis (10/1/2013) dinihari WIB, Milan lebih dulu unggul melalui Stephan El Shaarawy di menit enam. Namun kondisi itu tak bertahan lama karena 'Si Nyonya Tua' bisa menyamakan kedudukan di menit 12 melalui tendangan bebas Sebastian Giovinco.

Skor 1-1 tersebut bertahan sampai 2 x 45 menit pertandingan, yang memaksa laga berlanjut ke periode perpanjangan waktu. Baru lima menit extra time berlangsung Mirko Vucinic menjebol gawang Rossoneri, yang menjadi gol terakhir dalam pertandingan tersebut.

Kemenangan ini mengulangi hasil pertemuan kedua tim musim lalu, di mana di babak semifinal Bianconeri juga mengalahkan Rossoneri. Maju ke semifinal, Andrea Pirlo dkk akan menghadapi Lazio.

Jalannya Pertandingan

Laga baru berjalan tiga menit saat Milan nyaris membuat gol cepat di awal pertandingan. Tendangan jarak jauh Massimo Ambrosini tipis melayang di atas gawang Juventus.

Tiga menit berselang Milan akhirnya benar-benar bisa mencetak gol. Membangun serangan dari sisi kiri, Kevin Prince Boateng melepaskan umpan pada El Shaarawy yang kemudian melepaskan tembakan dari muka kotak penalti. Bola yang diarahkan ke sisi kanan gawang gagal digapai Marco Storari. Milan unggul 1-0.

Namun kondisi tersebut tak bertahan lama karena enam menit kemudkan Juventus sukses menyamakan kedudukan. Mendapat free kick beberapa meter di depan kotak penalti, tendangan yang diambil Giovinco menerjang gawang Milan dan Marco Amelia tak bergeming di posisinya.

Di menit 30 Juventus punya peluang untuk membalikkan keadaan setelah mereka dapat tendangan bebas di tempat yang sama dengan saat terciptanya gol pertama. Giovinco yang kembali mengambil free kick tersebut mengarahkan bola ke posisi yang sama, namun kali ini Amelia bereaksi cepat menepis dengan tangannya.

Memanfaatlan kesalahan Acerbi, Giovinco punya peluang besar membuat Juventus unggul. Namun setelah memenangi sprint dan masuk kotak penalti untuk berhadapan dengan kiper, sepakan yang dia lepaskan masih gagal menemui sasaran.

Di awal babak kedua Juventus lebih dulu punya peluang bikin gol. Dapat umpan pantul dari kepala rekannya, sepakan yang dilepaskan Giovinco terlalu lemah dan bisa dipatahkan oleh Amelia dengan mudah.

Peluang Juventus lainnya datang melalui Stephan Lichtsteiner. Berdiri tak terkawal di tiang jauh, Lichtsteiner sepertinya akan mencetak gol saat dia dapat bola dalam posisi tak terkawal. Namun belum sempat dia melepaskan tendangan, El Shaarawy bergerak cepat melakukan tekel bersih. Selamatlah gawang Milan.

Milan bukannya tanpa peluang. Salah satu yang berhasil dikreasikan tim tamu adalah saat M’Baye Niang menyambar umpan yang dilepas Mattia De Sciglio, malang buatnya karena bola terlalu melebar di tiang jauh.

Di periode injury time babak kedua Milan punya peluang emas bikin gol setelah dapat tendangan bebas hanya beberapa meter di muka kontak penalti. Namun tak ada pemain Milan yang bisa memaksimalkan kesempatan tersebut jadi gol. Skor 1-1 bertahan dan memaksa laga berlanjut ke perpanjangan waktu.

Baru lima menit extra time berjalan, Juventus berhasil bikin gol. Dari skenario serangan balik, sontekan Vucinic dari dalam kotak penalti mengubah kedudukan menjadi 2-1.

Milan punya peluang matang menyamakan kembali skor menjadi 2-2 saat pertandingan masuk menit 118. Namun tendangan first time yang dilepaskan Traore tepat mengarah ke dada Storari. Bola yang memantul juga gagal di-rebound pemain Milan yang lain.

Susunan Pemain:

Juventus: Storari; Caceres, Bonucci, Barzagli; Lichtsteiner (De Ceglie 84), Vidal, Marrone (Pirlo 77), Giaccherini, Isla; Matri, Giovinco (Vucinic 64)

Milan: Amelia; Abate, Mexes, Acerbi, De Sciglio; Montolivo, Ambrosini (Traore 91), Boateng; Emanuelson (Bojan 70), Pazzini (Niang 70), El Shaarawy
(din/roz)
Info Sepakbola Liga Italia : Berita | Klasemen | Jadwal Pertandingan | Hasil Pertandingan
Baca Juga


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi : sales[at]detik.com
Klasemen
HasilAkhir