MustRead close

Saatnya Fase Knockout Liga Champions

Meylan Fredy Ismawan - detikSport
Senin, 11/02/2013 09:30 WIB
Saatnya Fase Knockout Liga Champions
Jakarta - Setelah menuntaskan babak grup yang panjang, Liga Champions sampai ke tahap yang lebih seru: fase knockout. Di sini, nasib setiap tim akan ditentukan lewat sepasang pertandingan kandang-tandang.

Liga Champions kini tinggal menyisakan 16 tim terbaik. Mereka adalah juara dan runner-up masing-masing grup di babak sebelumnya.

Empat wakil Spanyol yang tampil di kompetisi ini semuanya masih bertahan. Di belakangnya ada Jerman yang punya tiga wakil di babak 16 besar. Italia dan Inggris mengirimkan dua wakilnya, sementara Turki, Skotlandia, Ukraina, Prancis, dan Portugal masing-masing punya satu wakil.

Juara sembilan kali Real Madrid mendapatkan ujian ekstra berat di babak ini. Mereka langsung dipertemukan dengan raksasa Premier League, Manchester United.

Menghadapi MU, Madrid punya rekor pertemuan yang tidak terlalu baik. Los Merengues tercatat delapan kali melawan The Red Devils di Piala Champions/Liga Champions. Hasilnya, mereka menang dua kali, seri tiga kali, dan kalah tiga kali.

Pertemuan terakhir Madrid dan MU di Liga Champions terjadi pada musim 2002/2003, yakni di babak perempatfinal. Saat itu, Madrid yang keluar sebagai pemenang setelah unggul agregat 6-5.

Duel kedua tim kali ini akan makin menarik karena adanya faktor Cristiano Ronaldo. Untuk pertama kalinya sejak hengkang dari Old Trafford pada tahun 2009, CR7 akan menghadapi mantan klubnya itu.

Big match lain di babak 16 besar adalah pertemuan Barcelona dan AC Milan. Ini adalah ulangan musim lalu, di mana kedua tim malah bertemu sampai empat kali.

Barca jelas jadi unggulan pada pertemuan kali ini mengingat mereka sedang ada di level terbaiknya. The Catalans terlihat begitu superior di La Liga dan tampak sangat sulit dihentikan.

Tapi, Milan juga tak boleh dipandang sebelah mata. Milan tetaplah Milan, salah satu klub terbaik di daratan Eropa. Apalagi, Rossoneri juga tengah menanjak di Seri A setelah sempat terseok-seok di awal musim.

Sementara itu, raksasa Bundesliga Bayern Munich akan berhadapan dengan Arsenal. Pertemuan Die Roten dengan The Gunners ini merupakan ulangan Liga Champions musim 2004/2005. Saat itu, juga di babak 16 besar, Bayern yang keluar sebagai pemenang dengan agregat 3-2.

Bayern tengah on fire dan mereka kini bertakhta di puncak klasemen sementara Bundesliga. Sebaliknya, Arsenal sedang berjuang menemukan konsistensi demi memenuhi target masuk zona empat besar di Premier League.

Laga seru lainnya yang juga tak boleh dilewatkan adalah duel Juventus dan Celtic. Meski Juve di atas kertas lebih difavoritkan, Celtic tetap patut diwaspadai. The Bhoys terbukti garang saat tampil di kandang sendiri dan mereka pernah mengalahkan Barca musim ini.

Jadwal babak 16 besar Liga Champions (leg I):

Rabu (13/2/2013) dinihari WIB:
Celtic vs Juventus
Valencia vs Paris Saint-Germain

Kamis (14/2/2013) dinihari WIB:
Shakhtar Donetsk vs Borussia Dortmund
Real Madrid vs Manchester United

Rabu (20/2/2013) dinihari WIB:
Porto vs Malaga
Arsenal vs Bayern Munich

Kamis (21/2/2013) dinihari WIB:
Galatasaray vs Schalke
Milan vs Barcelona



(mfi/a2s)
Baca Juga


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi : sales[at]detik.com
Klasemen
HasilAkhir
    Tanggal Home Score Away
    28/10/2012 Chelsea 0 - 0 Manchester United
    28/10/2012 Stoke City 0 - 0 Sunderland
    13/05/2012 Swansea City 1 - 0 Liverpool
    Selengkapnya »
    Tanggal Home Score Away
    15/12/2012 Bayer Leverkusen 0 - 0 Hamburger SV
    15/12/2012 Bayern München 0 - 0 Borussia M'gladbach
    05/05/2012 FC Augsburg 1 - 0 Hamburger SV
    Selengkapnya »