MustRead close

Bayern Munich Juara Liga Jerman!

Rossi Finza Noor - detikSport
Sabtu, 06/04/2013 22:50 WIB
Bayern Munich Juara Liga Jerman! Bongarts/Getty Images/Dennis Grombkowski
Frankfurt - Bayern Munich akhirnya keluar sebagai juara Liga Jerman musim ini. Kepastian itu didapat setelah Bayern menang tipis 1-0 atas Eintracht Frankfurt, Sabtu (6/4/2013).

Bayern sudah unggul 20 poin atas Borussia Dortmund memang hanya tinggal menuggu waktu untuk ditahbiskan sebagai juara. Die Roten sebenarnya sudah bisa menjadi juara sejak pekan lalu, andai ketika itu Dortmund gagal menang atas VfB Stuttgart.

Tapi, pesta tersebut tertunda. Meski menang 9-2 atas HSV Hamburg, di lain tempat Dortmund menang 2-1 atas Stuttgart. Baru pada malam ini, kepastian menjadi juara tersebut diraih.

Bertanding melawan Frankfurt di Commerzbank-Arena, Bayern menang tipis lewat gol Bastian Schweinsteiger. Kemenangan itu membuat jarak 20 poin dengan Dortmund tak mungkin dikejar lagi dengan sisa enam pertandingan sampai musim ini habis. Dengan demikian, Bayern hanya membutuh 28 pekan saja untuk bisa menjadi juara.

Tim besutan Jupp Heynckes itu tampil mendominasi jalannya laga di Frankfurt. Mereka memenangi penguasaan bola hingga 66%, plus mencetak shots on target lebih banyak, yakni empat berbanding satu.

Kendati demikian, beberapa peluang Bayern terbuang percuma. Salah satunya adalah penalti David Alaba di menit ke-27. Penalti tersebut diberikan setelah Thomas Mueller dilanggar oleh Marco Russ. Alaba gagal menjalankan tugasnya dengan baik setelah tendangannya mengenai tiang gawang.

Sepuluh menit berselang, giliran Arjen Robben yang mendapatkan peluang. Tetapi, tendangannya setelah menerima operan dari Xherdan Shaqiri masih menyamping tipis. Babak pertama pun berakhir tanpa gol.

Baru di menit ke-52 Bayern mendapatkan gol yang mereka tunggu-tunggu itu. Gol itu diawali oleh pergerakan Robben di sisi kanan sebelum akhirnya dia memberikan bola kepada Philipp Lahm. Lahm kemudian melepaskan umpan ke tengah kotak penalti dan Schweinsteiger menyambarnya dengan tendangan tumit.

Gol tendangan tumit dari Schweinsteiger itu sudah cukup untuk mengantarkan trofi juara, yang dalam dua musim terakhir dipegang oleh Dortmund, terbang ke Munich. Ini adalah untuk ke-23 kalinya Bayern sukses menjadi juara Liga Jerman.

Kemenangan itu membuat Bayern mengoleksi poin 75. Sementara Frankfurt tetap berada di posisi kelima dengan nilai 42.

Di pertandingan lain, Dortmund sukses mengalahkan FC Augsburg 4-2 di Signal Iduna Park. Keempat gol Dortmund diciptakan oleh Julian Schieber (dua gol), Neven Subotic, dan Robert Lewandowski. Dua gol Augsburg datang dari Daniel Baier dan Kevin Vogt.

Dortmund kini berada di urutan dua dengan nilai 55. Sedangkan Augsburg belum beranjak dari posisi 16 dengan koleksi nilai 24.

Susunan Pemain

Eintraht Frankfurt: Nikolov, Zambrano, Oczipka, Anderson, Jung, Russ (Stendera 71), Inui, Lanig (Celozzi 30), Aigner, Rode, Matmour (Lakic 76).

Bayern Munich: Neuer, Dante, Boateng, Lahm, Alaba, Javi Martinez, Robben (Ribery 63), Shaqiri, Mueller (Luis Gustavo 63), Schweinsteiger, Gomez (Pizarro 75).


(roz/krs)
Info Sepakbola Liga Jerman : Berita | Klasemen | Jadwal Pertandingan | Hasil Pertandingan
Baca Juga


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi : sales[at]detik.com
BeritaTerbaruIndeks »
Klasemen
HasilAkhir
    Tanggal Home Score Away
    28/10/2012 Chelsea 0 - 0 Manchester United
    28/10/2012 Stoke City 0 - 0 Sunderland
    13/05/2012 Swansea City 1 - 0 Liverpool
    Selengkapnya »
    Tanggal Home Score Away
    15/12/2012 Bayer Leverkusen 0 - 0 Hamburger SV
    15/12/2012 Bayern München 0 - 0 Borussia M'gladbach
    05/05/2012 FC Augsburg 1 - 0 Hamburger SV
    Selengkapnya »