MustRead close

Liga Spanyol Pekan Ini

Saatnya Barca Gelar Pesta Juara?

Kris Fathoni W - detikSport
Jumat, 10/05/2013 10:06 WIB
Saatnya Barca Gelar Pesta Juara? Getty Images/David Ramos
Jakarta - Beberapa kali tertunda, peluang Barcelona memastikan gelar juara La Liga kembali tersaji akhir pekan ini. Ada dua skenario yang membuat klub Catalan itu akhirnya dapat menggelar pesta perayaan gelar juara liga.

Kemenangan Real Madrid atas Malaga tengah pekan lalu membuat Barca belum bisa memastikan gelar juara La Liga. Tertundanya pesta untuk Barca itu sendiri bukan yang kali pertama terjadi.

Apapun, di akhir pekan kemungkinan untuk segera mengunci gelar kembali hadir. Ada dua skenario yang dapat membuat Barca dimahkotai gelar juara liga akhir pekan ini; Madrid gagal menang, atau Barca meraih tiga angka.

Hal itu tidak terlepas dari fakta bahwa Barca, yang baru melakoni 34 laga, telah mengoleksi 88 poin. Sedangkan Madrid, yang sudah bermain 35 kali, kini punya raihan 80 poin.

Artinya, jika Madrid kalah atau seri ketika melawat ke markas Espanyol, Minggu (12/5/2013) dinihari WIB, maka raihan maksimalnya nanti dipastikan sudah tidak dapat melebihi poin Barca saat ini.

Sebaliknya jika pun 'El Real' bisa meraup tiga poin di Cornella-El Prat, Barca tetap bisa menjadi juara jika mampu mengatasi Atletico Madrid di Vicente Calderon, Senin (13/5) dinihari WIB.

Situs Barca menyebut, jika nanti Madrid gagal menang atas Espanyol, yang mana membuat Lionel Messi cs sudah dipastikan jadi juara sebelum menghadapi Atletico, itu adalah kali ketiga Barca menjuarai liga tanpa perlu bermain dan juga kali kedua gelar dikunci pada 11 Mei (waktu setempat).

Jika kemudian Madrid menang dan Barca harus berjuang meraih kemenangan di Vicente Celderon guna menjadi kampiun, ini bisa menjadi kali kedua Barca memastikan gelar di kandang Atletico tersebut. Dicatat situs Barca, klub itu juga pernah memastikan gelar di sana pada musim 1958/59, ketika ditangani Helenio Herrera.

Mengomentari peluang terkini timnya mengamankan gelar, gelandang Barca Thiago Alcantara menegaskan bahwa apapun hasil yang dituasi Madrid, Barca akan tetap fokus ke pertandingannya sendiri. Apalati Atletico bukan lawan yang mudah ditaklukkan, kendatipun kini mungkin akan mulai memikirkan final Copa del Rey lawan Madrid pada 17 Mei depan usai memastikan tiket langsung ke Liga Champions musim depan dengan mengamankan posisi tiga La Liga.

"Pertandingan kami adalah yang terbesar buat kami--apapun yang dilakukan Real Madrid. Calderon tidak pernah menjadi tempat yang menyenangkan untuk didatangi dan ditaklukkan," katanya di situs klub.

"Atletico Madrid sudah memastikan lolos ke Liga Champions musim depan dan juga maju ke final Copa del Rey. Masih ada waktu buat mereka untuk fokus ke final itu dan saya yakin mereka akan memberi kami perlawanan alot," lugas Thago.

(krs/din)
Info Sepakbola Liga Spanyol : Berita | Klasemen | Jadwal Pertandingan | Hasil Pertandingan


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi : sales[at]detik.com
Klasemen
HasilAkhir
    Tanggal Home Score Away
    28/10/2012 Chelsea 0 - 0 Manchester United
    28/10/2012 Stoke City 0 - 0 Sunderland
    13/05/2012 Swansea City 1 - 0 Liverpool
    Selengkapnya »
    Tanggal Home Score Away
    15/12/2012 Bayer Leverkusen 0 - 0 Hamburger SV
    15/12/2012 Bayern München 0 - 0 Borussia M'gladbach
    05/05/2012 FC Augsburg 1 - 0 Hamburger SV
    Selengkapnya »