Final Liga Champions Dipimpin Orang Italia

Andi Abdullah Sururi - detikSport
Senin, 20/05/2013 17:24 WIB
Valerio Pennicino/Getty Images
Nyon - Duel sesama tim Jerman di final Liga Champions akhir pekan ini akan dipimpin oleh seorang Italia. Wasit terpilih adalah Nicola Rizzoli.

Demikian diumumkan UEFA, Senin (20/5/2013), menjelang puncak kompetisi kasta tertinggi di Eropa itu, yang akan digelar di stadion Wembley, London, Inggris, pada 25 Mei mendatang.

Rizzoli akan dibantu dua kompatriotnya, Renato Faverani dan Andrea Stefani, sebagai asisten wasit. Adapun ofisial keempat adalah Damir Skomina dari Slovenia.

Bagaimana trek rekor Rizzoli? Saat ini ia berusia 41 tahun, dan jika tidak bekerja di lapangan hijau ia adalah seorang arsitek.

Sudah menjadi wasit di Serie A sejak 2002, ia mengantongi lencana FIFA dari tahun 2007. Satu setengah tahun kemudian ia mendapatkan pertandingan pertamanya di babak grup Liga Champions. Sebagai pembanding, wasit top Italia lain, Roberto Rosetti, memerlukan tiga tahun untuk mendapatkan kesempatan serupa.

Karier Rizzoli tergolong cepat. Di awal musim 2009/2010 ia dipromosikan ke dalam kategori elite. Ia terpilih sebagai wasit untuk final Europa League 2010 di Hamburg, Jerman, ketika Atletico Madrid mengalahkan Fulham 2-1 lewat perpanjangan waktu.

Rizzoli juga tampil di Piala Eropa 2012, memimpin tiga pertandingan, salah satunya Inggris kontra Prancis di babak grup. Ia juga ditugasi menjadi ofisial untuk pertandingan babak kualifikasi Piala Dunia 2010 dan 2014.Next

Halaman 1 2
(a2s/nds)


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi : sales[at]detik.com
Klasemen
HasilAkhir