Pra Piala Asia U-19 Dipindah ke Jakarta, Suporter Jawa Timur Kecewa

Bruriy Susanto - detikSport
Senin, 30/09/2013 08:46 WIB
ANTARA/M Risyal Hidayat
Sidoarjo - Pemindahan pertandingan kualifikasi Piala Asia U-19 2014 ke Jakarta oleh PSSI membuat kecewa fans Jawa Timur. Mereka menganggap suporter di daerah lain juga ingin dapat kesempatan menyaksikan laga tim nasional Indonesia.

PSSI kemarin mengumumkan perubahan tersebut dengan dalih stadion di Gresik dan Sidoarjo kapasitasnya tak sebanding dengan animo masyarakat untuk menonton Piala AFF U-19, sehingga menimbulkan insiden termasuk kericuhan tiket menjelang laga final.

Padahal, di sepanjang turnamen tersebut pertandingan Evan Dimas dkk. selalu mendapat dukungan sangat besar dari pubik Jawa Timur. Hal itulah yang membuat mereka kecewa atas pemindahan lokasi tersebut.

"Terus terang, kami sebagai suporter daerah sangat kecewa sekali kalau tahu jadwal Piala AFC U-19 dipindah ke Jakarta," cetus Imron, salah seorang koordinator suporter Surabaya kepada detikcom, Minggu (29/9/2013).

"Kami juga punya hak untuk bisa mendukung langsung dari dekat, karena selama ini kebanyakan pertandingan timnas diadakan di Jakarta. Padahal pendukung timnas itu tidak cuma di Jakarta," tambahnya.

Imron yang merupakan koordinator Bonek itu mengingatkan betapa atmosfer yang diciptakan fans Jawa Timur di Piala AFF U-19 lalu tak kalah dahsyat dengan yang selama ini terjadi di Gelora Bung Karno.

"Contohnya pertandingan Indonesia melawan Malaysia, lalu saat kita masuk semifinal dan final. Penonton di sini juga sangat antusias dengan sepakbola dan timnas,” terang dia.

Imron menambahkan, tidaklah mudah bagi suporter di luar Jakarta, apalagi yang sangat jauh jaraknya dari ibukota untuk menyaksikan langsung pertandingan timnas di GBK, walaupun selama ini pun tetap banyak yang melakukannya, demi kecintaan mereka pada "Garuda".

Namun, yang tak bisa dipungkiri juga bahwa hal itu memerlukan biaya, waktu, dan lain-lain. Belum lagi masalah keamanan, karena seringkali fans Surabaya, misalnya, mendapat gangguan di perjalanan, walaupun mereka tidak sedang mendukung klub melainkan timnas.

"Meski suporter daerah menggunakan pakaian timnas, keamanan masih tetap tidak memungkinan. Tapi, kita para suporter sudah tersebar di seluruh Indonesia. Untuk itu suporter bonek yang berada dijakarta saja yang akan menyaksikannya," imbuh Imron.
(a2s/mrp)
Info Sepakbola Liga Indonesia : Berita | Klasemen | Jadwal Pertandingan | Hasil Pertandingan


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi : sales[at]detik.com
Klasemen
HasilAkhir


MustRead close