DetikSepakbola
Minggu 20 Mei 2012, 11:59 WIB

Fakta-Fakta Menarik Tentang Chelsea vs Bayern Munich

- detikSport
Fakta-Fakta Menarik Tentang Chelsea vs Bayern Munich AFP/Patrik Stollarz
Munich - Keberhasilan Chelsea merengkuh gelar juara Liga Champions dinihari tadi (19\/5\/2012) membuat mereka di dapuk sebagai klub London pertama yang berhasil memenangi kompetisi tersebut.

Selain Chelsea, ada lima tim ibukota lainnya yang berstatus juara Eropa yaitu Real Madrid (9), Ajax Amsterdam (4), Sporting Lisbon (2), Steaua Bucharest (1), Red Star Belgrade (1).

Chelsea juga menjadi tim kedua yang memenangi Liga Champions ketika kota markas mereka menjadi tuan rumah Olimpiade (musim dingin) -- London menghajat event tersebut pada 27 Juli-12 Agustus. Sebelumnya adalah Barcelona pada tahun 1992

Berikut fakta-fakta menarik lain tentang pertarungan Chelsea dan Bayern Munich di Liga Champions dinihari tadi seperti dilansir Infostrada:<\/em>

> Inter Milan adalah tim terakhir yang memenangi Liga Champions di kandang sendiri pada tahun 1965. Sejak saat itu, belum ada tim yang berhasil melakukannya. AS Roma gagal di tahun 1984 dan Bayern Munich juga sial di 2012.

> Chelsea adalah klub kedua yang berhasil memenangi gelar Piala FA dan Liga Champions pada musim yang sama. Klub pertama yang melakukannya adalah Manchester United saat meraih treble winners musim 1998\/1999.

> Untuk kali ke-10, seorang manajer Italia memenangi Liga Champions, melebihi 9 kemenangan manajer asal Spanyol. Roberto di Matteo adalah manajer Italia pertama yang berhasil meraihnya dengan klub asing di luar Italia.

> Untuk pertama kalinya Bayern kalah dalam adu penalti di Liga Champions. Pada empat adu penalti yang pernah dijalani, mereka selalu menang.

> Bayern bergabung AC Milan dan Juventus, sebagai klub-klub yang pernah kalah di tiga final Liga Champions dalam kurun waktu 1992-2012.

> Thomas Mueller menjadi pemain Jerman pertama yang mencetak gol di final Liga Champions sejak Stefan Effenberg di tahun 2001.

> Didier Drogba menjadi pemain Afrika ketiga yang mencetak gol di final Liga Champions setelah Rabah Madjer (Aljazair) bersama FC Porto di tahun 1987, dan Samuel Eto\\\'o (Kamerun) pada tahun 2006 dan 2009 bersama Barcelona.

> Chelsea tidak pernah gagal lolos ke Liga Champions sejak Roman Abramovich mengambil alih kepemilikan di Stamford Bridge pada Juni 2003.

> Ini adalah pertandingan Liga Champions ke-100 untuk Chelsea sejak dipimpin Abramovich. Sejak itu, tidak ada tim lain yang telah memainkan lebih dari 91 pertandingan Liga Champions. Hanya satu tim yang berhasil mengalahkan raihan 180 poin milik Chelsea dari pertandingan sebanyak itu, yakni FC Barcelona, yang berhasil mengemas dengan 190 poin dari 91 pertandingan.

> Arjen Robben gagal mengeksekusi penalti di perpanjangan waktu. Dia juga pernah gagal melakukannya saat Chelsea menghadapi Liverpool di semifinal Liga Champions 2007.

> Ashley Cole adalah pemain ketiga yang mengalami kegagalan di dua final Liga Champions pertamanya sebelum memenangi final yang ketiga. Final pertamanya adalah bersama Arsenal di tahun 2006. Kedua pemain lain adalah Velibor Vasovic dan Zinedine Zidane.

> Untuk kali ke-10 di sejarah Piala Champions (dan kali keenam di era Liga Champions), final ditentukan lewat adu penalti.

> Fernando Torres telah memenangki gelar bergengsi pertama di tingkat klub dalam kariernya, dengan catatan bila Piala FA tidak dihitung. Jika dihitung, maka Torres memenangi dua gelar dalam waktu 15 hari.

>Pemain Chelsea, Ryan Bertrand adalah pemain pertama yang melakukan debut pertamanya di final Liga Champios, tetapi bukan pemain pertama yang melakukan debutnya di Eropa untuk pertama kali di final Liga Champions. 30 tahun lalu, Nigel Spink membuat debut Eropa pertama bagi Aston Villa di final Liga Champions, yang dimenangi Aston Villa saat melawan Bayern Munich. Tiga tahun sebelumnya, Trevor Francis juga mengawali debutnya dan mencetak gol di final tahun 1979 ketika Nottingham Forest mengalahkan Malmo dengan skor 1-0.

>Bastian Schweinsteiger adalah pemain tercepat yang di kartu kuning pada final Liga Champions, yakni di menit kedua.



(a2s/roz)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Skuat Garuda Libas Timor Leste

    Sepakbola | Senin 21 Agustus 2017, 09:45 WIB Timnas Sepakbola Indonesia meraih kemenangan keduanya di ajang SEA Games. Berhadapan dengan Timor Leste, Skuat Garuda unggul dengan skor tipis 1-0.
  • SEA Games 2017

    Absen Lawan Vietnam, Evan Dimas Ikut Beri Masukan

    Sepakbola | Senin 21 Agustus 2017, 18:13 WIB Evan Dimas absen saat timnas Indonesia saat menghadapi Vietnam. Tapi ia masih berusaha berkontribusi dengan memberi masukan karena cukup mengenal tim lawan.
  • Barcelona Menang Tanpa Gol Messi

    Sepakbola | Senin 21 Agustus 2017, 11:30 WIB Barcelona mengawali kiprahnya di La Liga 2017/2018 dengan kemenangan 2-0 atas Real Betis. Sang megabintang, Lionel Messi, tak ikut menyumbang gol.
  • SEA Games 2017

    Hargianto Siap Main Lawan Vietnam

    Sepakbola | Senin 21 Agustus 2017, 18:03 WIB Cedera gelandang timnas Indonesia Muhammad Hargianto tampaknya sudah membaik. Ia dinyatakan sudah siap kembali bermain saat Skuat Garuda menghadapi Vietnam.
  • Jelang Liga Inggris

    Karena Rooney adalah Ancaman untuk City

    Sepakbola | Senin 21 Agustus 2017, 16:57 WIB Meski diunggulkan menang, Manchester City tetap harus mewaspadai satu sosok berbahaya untuk mereka di Everton saat ini. Dia adalah Wayne Rooney.
  • Diego Costa: SMS Conte? Sebuah Momen Gila

    Sepakbola | Senin 21 Agustus 2017, 16:22 WIB Sekali lagi Diego Costa bicara mengenai SMS dari manajernya di Chelsea, Antonio Conte. Ia menyebut pesan singkat itu sebagai sebuah momen gila.
  • Neymar Kritik Buruknya Manajemen Barca

    Sepakbola | Senin 21 Agustus 2017, 13:14 WIB Neymar mengaku sedih melihat kondisi Barcelona saat ini. Atas hal itu, Neymar menyalahkan manajemen klub yang tak kompeten.
  • Huddersfield Town Tancap Gas

    Sepakbola | Senin 21 Agustus 2017, 12:29 WIB Huddersfield Town masih tancap gas di dua pekan pertama Premier League. Setelah Crystal Palace, kini giliran Newcastle United yang jadi korban.
  • Spurs Masih Memble di Wembley

    Sepakbola | Senin 21 Agustus 2017, 11:32 WIB Tottenham Hotspur agaknya harus bergegas beradaptasi dengan Wembley. Sebab Wembley masih saja membawa sial untuk Spurs sampai saat ini.
  • Valverde Puji Pemain Pelapis Barcelona

    Sepakbola | Senin 21 Agustus 2017, 09:04 WIB Barcelona dalam kondisi pincang saat menjamu Real Betis. Tapi kemenangan tetap bisa diraih meski beberapa pemain pelapis diturunkan.
  • Kata Zidane soal Kartu Merah Ramos

    Sepakbola | Senin 21 Agustus 2017, 08:37 WIB Zinedine Zidane mengomentari kartu merah Sergio Ramos. Meski tak bisa menilai apakah keputusan wasit tepat, Zidane tetap tak senang harus kehilangan pemain.
  • Chelsea Bungkam Spurs di Wembley

    Sepakbola | Senin 21 Agustus 2017, 07:54 WIB Chelsea berhasil mencuri kemenangan dalam lawatannya ke markas Tottenham Hotspur usai menang dengan skor 2-1. Marcos Alonso menginspirasi kemenangan Chelsea.
  • Hasil Liga Spanyol

    Sepakbola | Senin 21 Agustus 2017, 07:00 WIB Real Madrid dan Barcelona mengawali La Liga 2017/2018 dengan kemenangan. Sementara itu, Atletico Madrid ditahan imbang tim promosi, Girona.
  • Hasil Liga Inggris

    Sepakbola | Senin 21 Agustus 2017, 06:46 WIB Manchester United melanjutkan start sempurnanya dengan kembali meraih kemenangan di Premier League. Dari laga lainnya, Chelsea menundukkan Tottenham Hotspur.
  • Hasil Liga Italia

    Sepakbola | Senin 21 Agustus 2017, 06:33 WIB Pekan perdana Serie A 2017/2018 sudah tuntas digelar. Tak ada kejutan berarti, kemenangan berhasil diraih oleh tim-tim unggulan.
  • Kemenangan Inter Puaskan Spalletti

    Sepakbola | Senin 21 Agustus 2017, 06:32 WIB Inter Milan berhasil mendulang tiga angka lewat kemenangan meyakinkan atas Fiorentina dengan skor 3-0. Pelatih Inter Luciano Spalletti puas dengan start timnya.