DetikSepakbola
Kamis 14 Feb 2013, 04:38 WIB

Liga Champions

Madrid-MU Sama Kuat 1-1

- detikSport
Madrid-MU Sama Kuat 1-1 Reuters/Susana Vera
Madrid - Real Madrid tak mampu memaksimalkan kesempatan main di kandang sendiri di leg pertama babak 16 besar Liga Champions. Los Blancos<\/em> harus menerima hasil seri 1-1 melawan tamunya, Manchester United.

Madrid mengendalikan permainan saat menjamu MU di Santiago Bernabeu, Kamis (14\/2\/2013) dinihari WIB. Statistik Soccernet<\/em> mencatat mereka unggul penguasaan bola sampai 61 persen.

Tim besutan Jose Mourinho itu juga membuat 28 percobaan mencetak gol dan delapan di antaranya tepat sasaran. MU membalas dengan 13 tembakan dan enam di antaranya mengarah ke gawang.

Meski lebih banyak bertahan, MU unggul lebih dulu lewat gol Danny Welbeck di babak pertama. Tapi, Madrid bisa membalasnya melalui sundulan Cristiano Ronaldo.

Babak kedua masih dikuasai Madrid. Namun, hingga peluit panjang berbunyi, tak ada gol tambahan yang tercipta.

Leg kedua akan digelar di Old Trafford pada 5 Maret mendatang. Untuk lolos ke perempatfinal, Madrid butuh kemenangan atau hasil imbang dengan skor lebih dari 1-1. Sementara itu, hasil imbang tanpa gol akan cukup untuk meloloskan MU.

Jalannya Pertandingan<\/strong>

Madrid menebar ancaman pada menit keempat melalui aksi Angel Di Maria. Tapi, tembakan Di Maria dari luar kotak penalti masih melenceng.

Berselang semenit, tim tuan rumah nyaris menjebol gawang MU. Tendangan Fabio Coentrao ditepis David de Gea sebelum mengenai tiang gawang.

Terus dikurung, MU malah bisa mencuri gol pada menit ke-20. Berawal dari sepak pojok Wayne Rooney, Welbeck memenangi duel udara dan berhasil mengirim bola ke dalam gawang dengan kepalanya.

Madrid berpeluang menyamakan skor di menit ke-23. Tapi, tendangan mendatar Di Maria bisa dimentahkan oleh De Gea.

Lima menit kemudian, giliran Ronaldo yang membahayakan gawang mantan klubnya. Tendangan keras kaki kirinya dari luar kotak penalti hanya melenceng tipis.

Seisi Bernabeu bersorak pada menit ke-30 setelah Madrid sukses menyamakan skor 1-1. Ronaldo melompat tinggi untuk menyundul umpan silang Di Maria dari sisi kiri. De Gea mencoba menjangkau bola, tapi usahanya sia-sia dan gawangnya pun bergetar.

MU nyaris unggul lagi pada menit ke-34. Umpan Robin van Persie dibelokkan oleh Welbeck ke arah gawang, tapi bola bergulir ke luar lapangan setelah mengenai kiper Diego Lopez.

Dari sepak pojok, tim tamu kembali mendapatkan peluang. Namun, tendangan Rooney dari dalam kotak penalti masih sedikit melebar.

De Gea membuat penyelamatan apik di menit ke-38. Dia menjatuhkan diri untuk mementahkan tendangan voli yang dilepaskan Mesut Oezil dari sudut sempit.

Pada menit ke-43, Ronaldo menjajal peruntungannya lewat tendangan dari luar kotak penalti. Bola masih melayang tipis di atas mistar.

Di awal babak kedua, MU punya kesempatan untuk unggul lagi. Tapi, sundulan Phil Jones masih melambung.

Madrid meresponsnya dengan peluang yang diperoleh Ronaldo pada menit ke-49. Tapi, sepakan mendatar CR7 mengarah tepat ke De Gea.

Usaha Di Maria tiga menit kemudian juga belum mengubah keadaan. Tendangannya dari luar kotak penalti bisa diamankan De Gea.

Peluang selanjutnya masih jadi milik Di Maria. Dia akan membobol gawang MU kalau saja tendangan volinya dari depan kotak penalti tidak melenceng.

Madrid hampir saja mencetak gol keduanya pada menit ke-60. Umpan silang Sami Khedira disontek Coentrao, namun De Gea membuat penyelamatan gemilang. Dia berjibaku menghalau bola dengan kakinya.

Van Persie mendapatkan dua peluang emas berturut-turut pada menit ke-72. Usaha pertamanya bisa ditepis Lopez dan kemudian kena mistar. Beberapa saat setelahnya, bola sontekannya sudah mengarah ke gawang kosong, tapi bisa disapu Xabi Alonso.

De Gea benar-benar tampil prima di laga ini. Dia menunjukkan reaksi yang sangat baik saat menangkap tendangan keras Khedira dari depan kotak penalti di menit ke-79.

Madrid yang terus menekan mendapatkan peluang lagi pada menit ke-85 lewat tendangan bebas Ronaldo. Tapi, tembakan Ronaldo masih melayang tipis di atas mistar.

Di menit-menit akhir, peluang Van Persie juga tak berbuah gol. Tendangannya bisa ditepis Lopez.

Susunan Pemain<\/strong>
Real Madrid: Diego Lopez; Arbeloa, Varane, Ramos, Coentrao; Alonso (Pepe 83\\\'), Khedira; Di Maria (Modric 75\\\'), Oezil, Ronaldo; Benzema (Higuain 60\\\')

Manchester United: De Gea, Rafael, Evans, Ferdinand, Evra, Jones, Carrick, Kagawa (Giggs 64\\\'), Welbeck (Valencia 73\\\'), Rooney (Anderson 84\\\'), Van Persie

(mfi/din)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • PON XIX

    Jabar Waspadai Sulsel yang Penuh Kejutan

    Sepakbola | Senin 26 Sep 2016, 20:09 WIB Jawa Barat akan menghadapi Sulawesi Selatan di babak final cabang olahraga sepakbola PON XIX Jabar 2016. Pelatih Jabar, Lukas Tumbuan, mengaku ekstra waspada.
  • 'Juve Berada dalam Masalah Besar'

    Sepakbola | Senin 26 Sep 2016, 19:27 WIB Juventus sedang berada dalam masalah besar menilik performanya pada saat ini. Begitu penilaian Massimo Mauro, salah satu mantan pemain Juve.
  • PON XIX

    Jabar vs Sulsel di Final Sepakbola PON

    Sepakbola | Senin 26 Sep 2016, 19:03 WIB Jawa Barat melangkah ke partai final PON XIX Jawa Barat usai mengalahkan Papua di semifinal. Jabar bakal berhadapan dengan Sulawesi Selatan di partai puncak.
  • Jelang CSKA vs Spurs

    Tekad Spurs Menebus Kesalahan di Matchday I

    Sepakbola | Senin 26 Sep 2016, 18:37 WIB Tottenham Hotspur memulai kiprah di Liga Champions musim ini dengan kekalahan. Kekalahan yang diakui membuat Spurs tertekan.
  • Kesan dan Pesan dari Vidic buat Bailly

    Sepakbola | Senin 26 Sep 2016, 17:35 WIB Nemanja Vidic, mantan bek Manchester United, mengomentari performa Eric Bailly yang kini acapkali dibandingkan dengan dirinya dulu di jantung pertahanan MU.
  • Dua Sisi Mata Uang Giallorossi

    Sepakbola | Senin 26 Sep 2016, 17:32 WIB AS Roma dalam penampilan kandang dan tandang bagai dua sisi mata uang yang bertolak belakang. Sempurna di Olimpico, I Lupi justru loyo di kandang lawan.
  • Jelang Dortmund vs Madrid

    Klub Berkaus Kuning dan Ledekan Dortmund pada Madrid

    Sepakbola | Senin 26 Sep 2016, 16:55 WIB Real Madrid bermain imbang di dua laga terakhirnya. Kebetulan yang dihadapi adalah klub berkaus kuning, yang membuat Borusia Dortmund iseng melempar ledekan.
  • 'Chelsea Tampil seperti Tim Papan Tengah'

    Sepakbola | Senin 26 Sep 2016, 16:54 WIB Sempat memulai dengan rangkaian kemenangan, Chelsea kini berada di jalur negatif. Penampilan mereka dinilai belum meyakinkan, seperti tim papan tengah.
  • Laju Kencang Raheem Sterling

    Sepakbola | Senin 26 Sep 2016, 16:38 WIB Tak cuma Manchester City yang punya laju kencang di bawah Pep Guardiola saat ini. Raheem Sterling pun terus unjuk gigi di depan manajer asal Spanyol itu.
  • Liga Champions

    Sterling Antusias Menjelang 'Reuni' dengan Rodgers

    Sepakbola | Senin 26 Sep 2016, 16:21 WIB Pemain Manchester City Raheem Sterling antusias menyongsong laga menghadapi Celtic. Salah satunya karena ia akan berjumpa dengan Brendan Rodgers di kubu lawan.
  • 7 Klub Minta Pemerintah Kawal Kongres PSSI

    Sepakbola | Senin 26 Sep 2016, 16:17 WIB Tujuh klub yang berstatus terhukum meminta pemerintah untuk mengawasi jalannya kongres, terutama tentang nasib mereka yang dijanjikan akan dipulihkan oleh PSSI.
  • Jelang Dortmund vs Madrid

    Signal Iduna Park Angker untuk Madrid

    Sepakbola | Senin 26 Sep 2016, 16:10 WIB Laga matchday 2 Liga Champions di markas Borussia Dortmund akan jadi ujian bagi Real Madrid. Madrid belum pernah menang di sana dan selalu kalah belakangan ini.
  • Jelang Liga Champions

    Arsenal Waspadai Basel 'Si Pembunuh' Tim-Tim Inggris

    Sepakbola | Senin 26 Sep 2016, 15:18 WIB Arsenal takkan memandang remeh FC Basel di matchday 2 Liga Champions pekan ini. Pasalnya, Basel punya catatan bagus kala menghadapi tim-tim Inggris.
  • Walcott di Arsenal: Memulai dari Nol Lagi

    Sepakbola | Senin 26 Sep 2016, 13:23 WIB Banyak yang menganggap karier Theo Walcott mandek atau cenderung habis. Tapi, di mata sang manajer Arsene Wenger, Walcott itu pemain yang spesial.
  • Pep: Tak Ada De Bruyne, City Takkan Apa-Apa

    Sepakbola | Senin 26 Sep 2016, 12:35 WIB Di tengah laju impresifnya musim ini, Manchester City harus menerima kabar buruk terkait cedera hamstring yang mendera pemain andalannya, Kevin De Bruyne.
  • Soal Debut Gabigol dalam Seragam 'Biru Hitam'

    Sepakbola | Senin 26 Sep 2016, 11:37 WIB Pemain yang ditunggu-tunggu fans Inter Milan akhirnya muncul juga, dia adalah Gabriel Barbosa alias Gabigol. Bagaimana debut Gabigol kemarin?
  • Apa Kabar Joe Hart di Italia?

    Sepakbola | Senin 26 Sep 2016, 11:22 WIB Sudah hampir satu bulan Joe Hart merumput di Italia. Apa kabar kiper nomor satu Inggris yang kini jadi pemain pinjaman di Torino itu?