DetikSepakbola
Rabu 06 Mar 2013, 04:38 WIB

Liga Champions

Menang di Old Trafford, Madrid Singkirkan MU

- detikSport
Menang di Old Trafford, Madrid Singkirkan MU Man United via Getty Images/Matthew Peters
Manchester - Real Madrid menyingkirkan Manchester United. Los Blancos<\/em> menang 2-1 atas The Red Devils<\/em> dalam pertandingan yang diwarnai kartu merah untuk Nani tersebut.

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Old Trafford, Rabu (6\/3\/2013) dinihari WIB, Sir Alex Ferguson menurunkan Ryan Giggs sebagai starter, namun mencadangkan Wayne Rooney. Sebaliknya, dia memainkan Nani dan Danny Welbeck untuk menopang Robin van Persie.

Di kubu Madrid, tidak ada banyak perubahan. Jose Mourinho masih menurunkan Sami Khedira, Mesut Oezil, Angel Di Maria, dan Cristiano Ronaldo sebagai tumpuan serangan. Xabi Alonso dimainkan sebagai gelandang, plus Gonzalo Higuain sebagai penyerang tunggal.

Baru tiga menit pertandingan berjalan, Giggs sudah melakukan pelanggaran lantaran telat dalam melakukan tekel terhadap Fabio Coentrao. Madrid mendapatkan tendangan bebas, tetapi eksekusi Ronaldo masih membentur pagar pemain.

Madrid kemudian mendapatkan peluang lagi pada menit ke-10. Kali ini lewat Higuain. Penyerang asal Argentina itu berhasil melepaskan tendangan kaki kanan, kendati dirinya dikerubungi oleh beberapa pemain United. Namun, tendangannya masih menyamping di sebelah kiri gawang David De Gea.

United membalas pada menit ke-14. Giggs mengirimkan umpan silang ke sisi kiri, di mana Van Persie telah berdiri tidak terkawal. Van Persie langsung melepaskan tembakan dengan kaki kirinya, namun tendangannya masih bisa diblok oleh Sergio Ramos.

Peluang datang lagi untuk United di menit 19. Diawali oleh tendangan sudut yang dieksekusi Giggs, bola disundul oleh Nemanja Vidic. Sial bagi Vidic, sundulannya masih membentur tiang gawang. Namun, dari tayangan ulang, terlihat bahwa Welbeck sudah berada dalam posisi offside ketika bola disundul Vidic.

Ronaldo mendapatkan peluang. Pada menit ke-28, pemain berjuluk CR7 itu lolos dari jebakan offside dan berdiri di dalam kotak penalti MU, tapi sepakannya diblok Vidic

Pada menit ke-33, Diego Lopez membuat dua penyelamatan di bawah gawang Madrid dengan berturut-turut mementahkan tendangan Van Persie dan Welbeck.

Madrid kemudian memainkan Kaka, yang masuk menggantikan Di Maria yang cedera. Namun, tak ada peluang lagi setelahnya. Skor akhir di babak pertama adalah 0-0.

Pada awal-awal babak kedua, tepatnya pada menit 48, United mengejutkan Madrid dan akhirnya mereka mencetak gol. Berawal dari serangan di sisi kanan, beberapa tendangan pemain United berhasil dihalau, tetapi bola jatuh di kaki Nani yang berada di sisi kiri. Nani kemudian mengirimkan umpan ke depan kotak penalti, dan bola yang berniat dihalau Ramos justru masuk ke dalam gawangnya sendiri. 1-0 untuk tuan rumah.

\\\'Setan Merah\\\' kemudian bermain dengan 10 orang setelah Nani mendapatkan kartu merah. Gelandang asal Portugal itu dinilai mengangkat kaki terlalu tinggi sehingga mengenai dada Alvaro Arbeloa. Keputusan itu disambut protes oleh kubu tuan rumah. Mereka menilai Nani hanya berusaha menggapai bola dengan kakinya dan tidak melihat Arbeloa yang berlari ke arahnya.

Keunggulan jumlah pemain pun dimanfaatkan oleh Mourinho. Dia langsung memasukkan Luka Modric dan menarik keluar Arbeloa. Madrid maju melakukan serangan penuh.

Tak lama setelahnya, Madrid mendapatkan beberapa sepak pojok. Salah satu sepak pojok Madrid berujung menjadi sundulan Raphael Varane. Tetapi, peluang ini gagal setelah sundulan Varane dihalau oleh Rafael da Silva.

Gol! Madrid akhirnya mendapatkan gol yang mereka tuju itu. Los Blancos menyamakan kedudukan pada menit ke-65 lewat Luka Modric. Berawal dari operan-operan pendek di depan kotak penalti United, bola diberikan kepada Modric. Dia pun langsung melepaskan tendangan kaki kanan dan bola pun masuk ke dalam gawang De Gea.

Dominasi itu kembali berbuah hasil. Madrid pun membalikkan kedudukan menjadi 2-1 setelah Ronaldo membobol gawang De Gea di meni 69. Umpan yang dilepaskan oleh Higuain dari sisi kanan disambar oleh Ronaldo di tiang jauh. Tak ada perayaan gol darinya. Agregat berubah menjadi 2-3 untuk keunggulan Madrid dan United berada dalam posisi terpojok.

Dalam keadaan demikian, Sir<\/em> Alex akhirnya memainkan Wayne Rooney, sementara Mourinho memainkan Pepe untuk menggantikan Oezil. Pada menirt ke-82, United mendapatkan dua peluang beruntun. Tapi, tendangan Van Persie ataupun Rooney masih belum menemui sasaran. Diego Lopez pun beberapa kali melakukan tugasnya dengan baik: menghalau serangan-serangan pemain tuan rumah.

Kaka pun sempat mendapatkan peluang, tetapi tendangannya mengenai tiang dan diselamatkan De Gea. Di sisi lainnya, Lopez kembali menyelamatkan gawangnya dari sundulan Vidic dan United pun gagal mencetak gol.

Tak ada gol lagi setelahnya. Peluit panjang pun dibunyikan. Madrid menang 2-1 dengan keunggulan agregat 3-2 dan lolos ke perempatfinal.

Susunan Pemain<\/strong>

Manchester United: De Gea, Rafael (Valencia 87), Ferdinand, Vidic, Evra, Carrick, Cleverley (Rooney 72), Nani, Welbeck (Young 80), Giggs, Van Persie

Real Madrid: D. Lopez, Arbeloa (Modric 59), Varane, Ramos, Coentrao, Xabi Alonso, Khedira, Di Maria (Kaka 44), Oezil (Pepe 71), Ronaldo, Higuain




(roz/din)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Sassuolo yang Menjanjikan

    Sepakbola | Senin 29 Aug 2016, 13:47 WIB Dari musim ke musim Sassuolo mencapai tempat yang semakin baik. Di awal musim ini kesebelasan besutan Eusebio di Francesco ini juga tampil menjanjikan.
  • Wenger Sebut Xhaka Punya Kemiripan dengan Petit

    Sepakbola | Senin 29 Aug 2016, 13:05 WIB Pada satu waktu Emmanuel Petit pernah jadi salah seorang pilar lini tengah Arsenal. Arsene Wenger merasa kini punya pemain lain yang mirip dengannya.
  • Hart Disarankan Pindah ke Luar Inggris

    Sepakbola | Senin 29 Aug 2016, 12:00 WIB Joe Hart punya waktu beberapa hari lagi untuk meninggalkan Manchester City dan mendapatkan klub baru. Hart disarankan untuk mencari tantangan di luar negeri.
  • Sabarlah Tunggu Kesempatan Bermain, Rashford!

    Sepakbola | Senin 29 Aug 2016, 11:10 WIB Marcus Rashford belum mendapatkan banyak waktu bermain bersama Manchester United di musim ini. Dia diminta untuk bersabar menunggu jatah bermain.
  • Geliat Belotti 'Si Jambul Ayam'

    Sepakbola | Senin 29 Aug 2016, 11:03 WIB Salah satu pemain paling menontol pada Giornata 2 akhir pekan kemarin adalah Andrea Belotti. Bomber Torino ini menunjukkan tanda-tanda "kejantanannya".
  • Foto Sepakbola

    City 3 West Ham 1

    Sepakbola | Senin 29 Aug 2016, 10:01 WIB Manchester City memetik angka penuh kala menjamu West Ham United di lanjutan Premier League. Mereka menang 3-1 di mana dua golnya dicetak oleh Raheem Sterling.
  • Fabregas Pastikan Bertahan di Chelsea

    Sepakbola | Senin 29 Aug 2016, 08:57 WIB Cesc Fabregas memastikan akan tetap berseragam Chelsea musim ini meski rumor soal seputar masa depannya terus bergulir.
  • Cavani Tak Mungkin Kembali ke Napoli

    Sepakbola | Senin 29 Aug 2016, 08:39 WIB Edinson Cavani belakangan tengah diisukan akan kembali ke Napoli. Tapi isu tersebut lantas dibantah oleh Presiden Napoli Aurelio De Laurentiis.
  • Spalletti Soroti Mental Roma

    Sepakbola | Senin 29 Aug 2016, 07:29 WIB AS Roma membuang keunggulan dua gol hingga akhirnya berimbang 2-2 dengan Cagliari. Pelatih Roma Luciano Spalletti menilai timnya harus berbenah secara mental.
  • Enrique Akui Bilbao Amat Menyulitkan

    Sepakbola | Senin 29 Aug 2016, 05:04 WIB Barcelona cuma menang tipis 1-0 kala bertandang ke Athletico Bilbao. Hasil ini melegakan untuk Luis Enrique karena Bilbao diakui amat menyulitkan.
  • De Boer: Inter Harusnya Menang 4-1

    Sepakbola | Senin 29 Aug 2016, 04:11 WIB Pelatih Inter Milan, Frank de Boer, menyesali kegagalan timnya mengalahkan Palermo. Punya banyak peluang, Nerazzurri harusnya bisa menang besar.
  • Start Sempurna City Bikin Guardiola Makin Pede

    Sepakbola | Senin 29 Aug 2016, 02:44 WIB Tiga laga, tiga kemenangan. Start sempurna Manchester ini bikin sang manajer, Pep Guardiola, makin pede menjalani musim yang terbilang berat ini.
  • Raheem Sterling 'Hidup' Lagi

    Sepakbola | Senin 29 Aug 2016, 02:10 WIB Musim lalu Raheem Sterling meredup kalau tidak boleh dibilang nyaris "mati". Tapi di tangan Pep Guardiola musim ini, Sterling bak terlahir kembali.
  • Inter Diimbangi Palermo 1-1

    Sepakbola | Senin 29 Aug 2016, 01:06 WIB Inter Milan kembali gagal menang. Setelah kalah dari Chievo Verona di pekan pembuka, Nerazzurri diimbangi Palermo 1-1 di laga keduanya.
  • De Bruyne: Hasil yang Pantas untuk City

    Sepakbola | Senin 29 Aug 2016, 00:42 WIB Kemenangan Manchester City atas West Ham United disebut Kevin de Bruyne sudah sepantasnya. City dinilai lebih mengancam dan tak membiarkan lawan berkembang.
  • Sterling Dua Gol, City Atasi West Ham 3-1

    Sepakbola | Minggu 28 Aug 2016, 22:14 WIB Manchester City memetik angka penuh kala menjamu West Ham United di lanjutan Premier League. Mereka menang 3-1 di mana dua golnya dicetak oleh Raheem Sterling.
  • Torabika Soccer Championship

    PSM Berimbang Kontra Persipura, Persiba Atasi PS TNI

    Sepakbola | Minggu 28 Aug 2016, 22:02 WIB Tak ada pemenang di laga antara PSM Makassar kontra Persipura Jayapura dalam lanjutan Torabika Soccer Championship (TSC) 2016. Keduanya bermain imbang 0-0.
  • Zaza Resmi Gabung West Ham

    Sepakbola | Minggu 28 Aug 2016, 20:18 WIB Simone Zaza akan memulai petualangan baru di Premier League. Striker berkepala plontos itu telah meninggalkan Juventus dan bergabung dengan West Ham United.
  • Inter Tuntaskan Transfer Joao Mario

    Sepakbola | Minggu 28 Aug 2016, 19:53 WIB Inter Milan resmi memiliki gelandang timnas Portugal, Joao Mario. Nerazzurri telah menuntaskan transfer pemain berusia 23 tahun itu dari Sporting Lisbon.