DetikSepakbola
Senin 22 Apr 2013, 17:05 WIB

Liga Champions Pekan Ini

Duel Jerman-Spanyol di Liga Champions

- detikSport
Duel Jerman-Spanyol di Liga Champions Real Madrid via Getty Images/Angel Martinez
Jakarta - Spanyol dan Jerman berulang kali berhadapan di berbagai kompetisi dalam setidaknya empat tahun belakangan. Di musim ini, rivalitas kedua negara tersebut terbawa ke Liga Champions.

Salah satu bentrok La Furia Roja<\/em> dan Der Panzer<\/em> terkini adalah di Piala Eropa 2008. Kala itu, timnas Spanyol berhasil menang atas Jerman di laga final Piala Eropa yang berlangsung di Austria-Swiss.

Dua tahun kemudian, Spanyol dan Jerman kembali harus saling mengalahkan di Piala Dunia yang dihelat di Afrika Selatan. Mereka beradu kekuatan di babak empat besar. Tim \\\'Matador\\\' kembali memenangi pertandingan dan pada akhir turnamen keluar menjadi juara.

Setelah itu, Spanyol dan Jerman kembali tampil bagus di putaran final EURO 2012 yang berlangsung di Polandia-Ukraina. Spanyol menjadi tim Eropa pertama yang berhasil mempertahankan gelar juara turnamen antarnegara Eropa, sementara langkah Jerman terhenti di semifinal usai kalah dari Italia.

Dominasi Spanyol dan Jerman juga terlihat di level klub. Empat edisi final Liga Champions terakhir, selalu melibatkan wakil dari Spanyol atau Jerman.

Barcelona menjadi finalis di musim 2008-2009 dan 2010-2011, sedangkan Bayern Munich mencapai babak puncak pada musim 2009-2010 dan 2011-2012.

Dalam dua kesempatannya melaju ke final itu Los Cules<\/em> sukses menjadi kampiun, sementara Die Roten<\/em> justru selalu gagal membawa pulang gelar juara.

Puncak dari hegemoni Spanyol dan Jerman boleh dikatakan tercermin dalam babak empat besar kompetisi tertinggi antarklub Eropa musim ini. Empat semifinalis Liga Champoins berasal dari kedua negara itu.

Real Madrid dan Barca menjadi wakil dari La Liga, sedangkan The Bavarians<\/em> dan Borussia Dortmund menjadi duta Bundesliga.

Dua tim peringkat teratas klasemen, Barca dan Bayern, akan saling mengalahkan dalam leg pertama yang akan berlangsung di Allianz Arena, Rabu (24\/4\/2013) dinihari besok. Seminggu kemudian FC Hollywood<\/em> akan ganti melawat ke Camp Nou.

Di pertandingan semifinal lainnya, dua penghuni runner-up<\/em> klasemen Die Borussen<\/em> dan El Real<\/em> bakal berebut satu tiket laga final yang akan berlangsung di Wembley Stadium, 25 Mei mendatang.

Dortmund akan menjamu Madrid di Signal Iduna Park, Kamis (25\/4) dinihari WIB. Dan laga leg kedua akan berlangsung di Santiago Bernabeu, Rabu (1\/5) dinihari WIB pekan depan.

Fans Bayern boleh jadi sedang dalam keyakinan yang tinggi sebab tim pujaannya tengah dalam kondisi terbaik menatap laga semifinal melawan Barca.

Bayern sudah memastikan diri memenangi trofi Bundesliga dengan predikat juara tercepat, serta tampil baik di Piala Jerman dan sudah memastikan satu tempat di final.

Kendati demikian, Barca juga tak kalah pede<\/em>. Azulgrana<\/em> yang sudah unggul 13 poin dari Madrid, tinggal membutuhkan enam poin untuk merebut gelar juara liga.

Barca juga mempunyai rekor bagus saat berduel dengan Bayern saat berduel di Liga Champions. Juara Bundesliga itu pernah mereka kalahkan 4-0 di semifinal musim 2008-2009.

Sementara itu, Dortmund yang merupakan tim dengan predikat belum terkalahkan di Liga Champions musim ini akan tentunya akan menjadi lawan yang berat bagi Madrid. Tim besutan Juergen Klopp itu pernah mengalahkan Los Blancos<\/em> 2-1 dan bermain imbang 2-2 ketika berduel di babak penyisihan grup.

Meski sadar Dortmund bakal menjadi lawan yang berat, Madrid tentu bakal berusaha sekuat tenaga demi mewujudkan ambisi meraih \\\'La Decima\\\', yang masih tertahan sejak tahun 2001.



(cas/din)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed