DetikSepakbola
Rabu 01 May 2013, 14:09 WIB

Liga Champions

Laga Final Dortmund di Wembley Jadi \'Partai Perpisahan\' untuk Siapa Saja?

- detikSport
Laga Final Dortmund di Wembley Jadi \Partai Perpisahan\ untuk Siapa Saja? AFP/PIERRE-PHILIPPE MARCOU
Jakarta - Borussia Dortmund masuk final Liga Champions lagi usai 16 tahun berselang. Momen istimewa itu mungkin akan bertambah spesial karena partai puncak nanti juga bisa jadi ajang perpisahan untuk satu atau justru beberapa pemainnya.

Dortmund maju ke final setelah sukses menyingkirkan Real Madrid di semifinal Liga Champions dengan keunggulan agregat 4-3, berkat kemenangan 4-1 di laga leg I dan kemudian kalah 0-2<\/strong><\/span><\/a> di leg II, Rabu (1\/5\/2013) dinihari WIB.

\\\'Die Borussen\\\' kini menanti lawan untuk laga final di Wembley pada 25 Mei mendatang, antara Bayern Munich yang adalah rivalnya di Bundesliga atau Barcelona yang kebetulan juga merupakan rival dari Madrid di Spanyol.

Siapapun lawan Dortmund di Wembley nanti, capaian ini sudah sedemikian spesial mengingat
kali pertama, sekaligus kali terakhir<\/strong><\/span><\/a>, mereka lolos ke final sebelum ini adalah 1996\/1997 lalu--Dortmund menjadi juara dengan mengalahkan Juventus.

Partai final itu tampaknya juga akan semakin istimewa untuk pemain seperti Mario Goetze. Mengingat bahwa musim depan ia akan berkemas ke Bayern Munich, ini akan menjadi kesempatan terakhirnya mempersembahkan gelar buat Dortmund. Tetapi, belum diketahui apakah Goetze akan bermain di final nanti mengingat ia terlihat mendapat cedera di laga leg II lawan Madrid.

Menilik pengalaman Dortmund dalam beberapa musim sebelumnya dan situasi saat ini, partai final di Wembley nanti boleh jadi takkan cuma jadi perpisahan buat Goetze saja.

Selama dua musim terakhir, Dortmund \\\"berani\\\" melepaskan pemain-pemain muda potensial yang sebelumnya terbilang memainkan peranan cukup penting di timnya. Dua musim lalu ada Nuri Sahin (24 tahun) yang dilego ke Real Madrid--meski kini sedang dipinjamkan balik ke Dortmund--dan musim lalu ada Shinji Kagawa (24 tahun) yang hijrah ke Manchester United.

Untuk musim panas nanti, meskipun baru Goetze yang dipastikan pergi, spekulasi sudah menyeret sederet nama pemain Dortmund lainnya.

Nama pertama adalah penyerang andalan Dortmund Robert Lewandowski. Pemain asal Polandia berusia 24 tahun tersebut sejauh ini sudah dihubungkan dengan Bayern Munich dan Manchester United.

Bild <\/em>juga sempat mengklaim bahwa Jose Mourinho sudah mengirim pesan singkat kepada Lewandowski, yang kontraknya di Dortmund berakhir 2014 mendatang, untuk bergabung dengannya di Chelsea musim depan.

Kemudian ada nama Mats Hummels. Spekulasi mengenai masa depan bek internasional Jerman berusia 24 tahun tersebut sudah berhembus tak kalah kencang, bahkan sedari bulan Januari lalu. Hummels setidaknya telah dikaitkan dengan Juventus, Barcelona, Arsenal, dan Manchester United.

\\\"Setiap pesepakbola ambisius selalu punya klub-klub top Eropa dalam benaknya di mana ia bisa berandai-andai bermain di sana. Beberapa klub ini adalah Real Madrid, FC Barcelona atau Manchester United. Tapi itu tak berarti mereka (Dortmund) akan mentransfernya ke sana,\\\" kata ayah Hummels suatu waktu dalam mengomentari rumor itu, seperti dilansir Give Me Football.<\/em>

Marco Reus, pemain yang sebenarnya baru direkrut Dortmund dari Borussia Mönchengladbach musim panas lalu, juga sudah dihubungkan dengan klub lain. Pemain Jerman berusia 23 tahun yang pernah membela Dortmund ketika masih berstatus pemain junior tersebut konon sedang diminati Manchester City.

Dari kabar yang beredar, City sudah menyiapkan tidak kurang dari 30 juta poundsterling buat Reus. Iming-iming gaji tinggi, sekitar 60 ribu poundseterling--kira-kira dua kali lipat gajinya di Dortmund, juga siap ditawarkan ke Reus. Sebelum ini ia juga pernah dihubungkan dengan Chelsea, kendatipun sejauh ini klub London itu belum memperlihatkan minat tegas.

Selain Reus, City juga sudah dikaitkan dengan Sven Bender, gelandang Dortmund yang berusia 24 tahun, dan juga pemain bertahan Neven Subotic (24 tahun). Disebut Express.co.uk<\/em>, dua pemain itu juga sudah mengundang minat dari Manchester United.

Terakhir, menyembul nama Ilkay Guendogan yang terus mencuri perhatian sejak direkrut Dortmund dari Nuremberg tahun 2011 lalu, kendati pemain Jerman berusia 22 tahun itu sudah pernah menepis rumor tentang masa depannya.

\\\"Saya 100% yakin akan tetap bertahan di Dortmund musim depan. Aku masih punya kontrak dua tahun dengan Dortmund dan aku tahu apa yang aku miliki di klub luar biasa ini. Sangat mungkin aku akan teken kontrak baru meskipun jelas itu tergantung pada proses pembahasan,\\\" jelasnya di Sports Mole<\/em> pertengahan April lalu.

Melihat keputusan Dortmund yang tidak segan melepas Sahin, Kagawa, dan kemudian Goetze, sepertinya takkan jadi kejutan jika salah satu pemain andalannya kembali akan segera dilepas.

Bukan cuma pemain, masa depan pelatih Juergen Klopp pun mulai diselubungi rumor. Dengan kemampuannya dalam meracik taktik, mengatur pemain, dan berhubungan dengan media, ada yang membanding-bandingkan Klopp dengan Jose Mourinho. Real Madrid, yang diprediksi akan berpisah dengan Mourinho musim panas nanti, pun sudah dikabarkan siap mendekati Klopp.

Selain itu, Klopp juga dikaitkan dengan Arsenal, seandainya nanti Arsene Wenger memang angkat kaki untuk kemudian pergi ke Paris Saint-Germain.

Dengan situasi tersebut, untuk Dortmund final Liga Champions nanti tampaknya bukan cuma jadi laga pamungkas saja melainkan juga benar-benar bisa menjadi \\\"partai perpisahan\\\", entah buat Goetze seorang, juga untuk sejumlah pemain lain, atau malah sekaligus Klopp.



(krs/a2s)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Inter Cuma Menang Tipis, Pioli Tetap Kagum

    Sepakbola | Senin 23 Jan 2017, 01:15 WIB Inter Milan cuma menang tipis kala bertandang ke Palermo. Tapi bagi Stefano Pioli, kemenangan Nerazzurri tetap terasa indah apalagi laju positifnya berlanjut.
  • Atletico Imbang 2-2 Lawan Bilbao

    Sepakbola | Senin 23 Jan 2017, 00:19 WIB Atletico Madrid harus puas bermain imbang kala tandang ke Athletic Bilbao. Sempat memimpin dengan gol cepat, Atletico malah lantas tertinggal dan berimbang 2-2.
  • Joao Mario Bawa Inter Taklukkan Palermo

    Sepakbola | Minggu 22 Jan 2017, 23:33 WIB Inter Milan memetik kemenangan saat melawat ke markas Palermo di lanjutan Liga Italia. Nerazzurri menang 1-0 berkat gol dari Joao Mario.
  • 'Lazio Kalah karena Kurang Konsentrasi'

    Sepakbola | Minggu 22 Jan 2017, 22:47 WIB Lazio menelan kekalahan saat melawan ke markas Juventus. Biancoceleste disebut kurang konsentrasi hingga takluk dari Bianconeri.
  • Coba-Coba Pola Baru, Allegri Cukup Puas

    Sepakbola | Minggu 22 Jan 2017, 22:13 WIB Juventus mencoba pola baru kala menang atas Lazio. Massimiliano Allegri cukup puas dengan penampilan wajah baru Bianconeri.
  • Babak I

    Arsenal Sementara Diimbangi Burnley Tanpa Gol

    Sepakbola | Minggu 22 Jan 2017, 22:07 WIB Arsenal tampi dominan atas Burnley dalam laga di Emirates Stadium, Minggu (22/1/2017) malam WIB. Meski demikian, belum ada gol yang tercipta.
  • Yanto Basna Juga Menjawab Rumor Kontrak di Persib

    Sepakbola | Minggu 22 Jan 2017, 21:54 WIB Rudolof Yanto Basna telah mengklarifikasi masalah dengan Arema FC. Dia kini menjelaskan soal rumor permintaan kenaikan gaji tiga kali lipat ke Persib Bandung.
  • Leicester Dihajar Southampton 0-3

    Sepakbola | Minggu 22 Jan 2017, 21:17 WIB Leicester City kembali menelan kekalahan di lanjutan Premier League. Juara bertahan itu tumbang di markas Southampton dengan skor telak 0-3.
  • Dybala-Higuain Menangkan Juventus atas Lazio

    Sepakbola | Minggu 22 Jan 2017, 20:40 WIB Juventus kembali ke jalur kemenangan. Memenuhi tantangan Lazio, Juventus memetik kemenangan 2-0 berkat gol-gol Paulo Dybala dan Gonzalo Higuain.
  • Jelang Copa del Rey

    Modal Berharga bagi El Real untuk Hadapi Celta

    Sepakbola | Minggu 22 Jan 2017, 19:09 WIB Real Madrid bangkit dari dua kekalahan beruntun dengan mengalahkan Malaga. Hasil ini jadi modal penting bagi El Real untuk melakoni laga di tengah pekan depan.
  • Henderson Tuntut Respons Positif Liverpool

    Sepakbola | Minggu 22 Jan 2017, 17:41 WIB Liverpool dikejutkan Swansea City dengan takluk 2-3. Kapten Liverpool Jordan Henderson menuntut timnya merespons dengan kemenangan di laga tengah pekan depan.
  • Jelang Eibar vs Barcelona

    Los Cules Ingin Lanjutkan Momentum di Ipurua

    Sepakbola | Minggu 22 Jan 2017, 14:41 WIB Usaha Barcelona mengejar Real Madrid berlanjut saat menyambangi kandang Eibar. Didukung rekor bagus, Barca bertekad merebut angka penuh.
  • Mourinho: MU Terlalu Banyak Imbang

    Sepakbola | Minggu 22 Jan 2017, 13:55 WIB Tidak dipungkiri Manchester United hampir mustahil bisa menjuarai Premier League musim ini. Kesulitan itu tidak lepas karena banyaknya hasil imbang yang diraih.
  • Foto Sepakbola

    Duel City vs Spurs Berakhir Imbang

    Sepakbola | Minggu 22 Jan 2017, 11:15 WIB Manchester City sempat unggul dua gol saat menjamu Tottenham Hotspur. Namun, The Citizens membuang keunggulan tersebut dan harus menerima hasil imbang 2-2.
  • Sarri: Milan Bikin Napoli Menderita

    Sepakbola | Minggu 22 Jan 2017, 10:56 WIB Pelatih Napoli Maurizio Sarri mengatakan, timnya meraih kemenangan susah payah atas AC Milan. Sarri menyoroti mentalitas Napoli yang dinilainya sangat baik.
  • Tentang 250 Gol Wayne Rooney untuk MU

    Sepakbola | Minggu 22 Jan 2017, 09:52 WIB Wayne Rooney sudah memecahkan rekor gol di Manchester United. Dengan 250 gol, Rooney kini menjadi topskorer sepanjang masa MU.
  • Pochettino Akui City Tampil Lebih Baik

    Sepakbola | Minggu 22 Jan 2017, 08:45 WIB Mauricio Pochettino mengakui bahwa Man City tampil lebih baik. Namun, dia lega karena Spurs menunjukkan semangat pantang menyerah yang membuahkan hasil imbang.
  • Selamat Datang di Premier League, Gabriel!

    Sepakbola | Minggu 22 Jan 2017, 08:33 WIB Gabriel Jesus akhirnya melakoni debutnya sebagai pemain Manchester City. Debut yang nyaris berujung manis tatkala Gabriel menjebol gawang Tottenham Hotspur.
  • City Gagal Menang, Guardiola Tak Salahkan Wasit

    Sepakbola | Minggu 22 Jan 2017, 07:58 WIB Keputusan kontroversial wasit Andre Marriner mewarnai hasil imbang 2-2 antara Man City dan Tottenham Hotspur. Tapi, Pep Guardiola tak menyalahkan Marriner.
  • Hasil Imbang yang Mengecewakan Mourinho

    Sepakbola | Minggu 22 Jan 2017, 06:58 WIB Jose Mourinho tidak merasa lega atau gembira setelah Manchester United selamat dari kekalahan di kandang Stoke City. Manajer MU itu tetap kecewa.